10 Manfaat Masker Tomat Untuk Kecantikan

Komentar
10 Manfaat Masker Tomat Untuk Kecantikan
Image Source: doktersehat.com

Apa manfaat masker tomat? Tomat merupakan jenis sayuran yang sangat mudah di temukan, hampir setiap pedagang sayuran selalu menjual tomat bahkan ibu-ibu rumah menggunakannya sebagai bahan memasak. Tomat tak hanya mengandung banyak vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit Anda.

Salah satu cara agar mendapatkan manfaat tomat untuk wajah adalah dengan menjadikannya sebagai masker tomat. Banyak orang yang menggunakan masker tomat ini untuk menjaga kesehatan kulit wajahnya. Masker tomat merupakan masker yang bahan utama pembuatannya yaitu buah tomat. Tomat merupakan buah sekaligus sayuran yang mudah ditemukan disekitar Anda.

Apa manfaat masker tomat buat wajah? Dengan kandungannya yang kaya akan vitamin dan mineral tomat juga baik buat kulit wajah. Tetaplah membaca artikel ini untuk menemukan manfaat dari tomat untuk kesehatan tubuh Anda dan manfaat masker tomat untuk kecantikan. Simak manfaat masker tomat lainnya di sini.

Baca Juga :

Manfaat masker tomat untuk kecantikan

Berikut ini adalah manfaat masker tomat dan bagaimana cara membuat masker tomat untuk kondisi kulit tertentu.

1. Lingkaran hitam pada mata

Masker tomat bekerja sebagai pencerah sehingga akan mencerahkan kulit gelap di bawah area mata. Campur dengan lidah buaya yang mengandung antioksidan dan anti-inflamasi agar kulit kembali segar dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Caranya, campur 1 sendok makan sari tomat dan beberapa tetes gel lidah buaya. Oleskan campuran ini di bawah mata dengan hati-hati, jangan sampai terkena mata. Kemudian diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air. Untuk hasil yang lebih optimal, lakukan perawatan ini satu atau dua kali setiap hari.

2. Noda gelap di wajah

Manfaat masker tomat sebagai pencerah kulit ternyata manfaatnya serupa dengan lemon. Tidak hanya itu saja, lemon juga akan membantu mempercepat proses mencerahkan noda gelap di wajah. Caranya, campurkan 1 sendok teh tomat yang sudah dihancurkan dengan 3-4 tetes sari lemon. Kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama 10-12 menit, bilas dengan air hangat. Tepuk-tepuk dengan handuk untuk mengeringkannya dan jangan lupa mengoleskan pelembap. Lakukan perawatan ini satu atau dua kali sehari.

3. Komedo

Untuk masalah komedo, Anda perlu menyiapkan 1-2 sendok makan tomat yang sudah dihancurkan, 1 sendok makan oat dan 1 sendok makan yoghurt plain. Campur yoghurt dan tomat, kemudian perlahan masukkan juga oat ke dalam campuran tersebut. Hangatkan sedikit campuran ini dan aduk hingga rata. Setelah dingin, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air.

Untuk hasil maksmimal, gunakan masker tomat dua kali seminggu. Oatmeal dalam masker ini bekerja sebagai deep cleanser dan membersihkan semua kotoran yang menumpuk di pori-pori. Sedangkan yoghurt mengandung asam laktat yang akan membersihkn sel-sel kulit mati.

4. Mengatasi pori-pori kulit terbuka

Tambahkan empat tetes jus tomat ke 1 sendok makan air dan gunakan di wajah Anda dengan bantuan bola kapas. Pijat lembut kulit Anda dengan masker tomat ini dan biarkan selama 15 menit. Aplikasikan masker tomat secara reguler akan mengecilkan ukuran pori.

5. Mencerahkan kulit

Menerapkan masker tomat atau menggosok bagian-bagian tomat pada kulit akan membuat kulit menjadi lebih halus , membut kulit bercahaya, dan tampak sehat. Tomat mengandung tinggi Vitamin C, yang dikenal untuk mencerahkan kulit.

6. Cegah tanda penuaan

Manfaat masker tomat memungkinkan kulit menyerap oksigen dan mencegah tanda-tanda penuaan. Tomat memberikan perawatan kulit alami yang luar biasa yang dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat.

7. Sebagai tabir surya alami

Menurut berbagai penelitian, tomat mengandung antioksidan yang disebut lycopene yang bertindak sebagai tabir surya alami. Masker tomat memberikan perlindungan kulit dari sinar UV yang keras.

8. Sebagai penghilang stres

Ekstrak tomat sering digunakan dalam minyak pijat tubuh untuk memerangi tanda yang terlihat dari stres pada kulit. Ekstrak tomat juga digunakan dalam krim mata, bersama dengan bahan-bahan penting lainnya, ini membuat mata tampak lebih segar.

9. Pemutih kulit alami

Tomat dianggap sebagai bahan pemutih alami dan sangat membantu dalam meringankan warna kulit.

Caranya siapkan 1 sendok teh oatmeal, 1 sendok teh yoghurt dan 2 sendok teh jus tomat.
Oleskan di wajah dan leher dan biarkan selama 20 menit. Oatmeal akan mengelupas kulit dengan lembut, sementara yoghurt dan tomat akan membantu membersihkan noda. Ini meningkatkan warna kulit.

10. Menghaluskan kulit

Campurkan madu dengan jus tomat untuk membuat pasta yang kental. Oleskan campuran tersbut pada wajah dan cuci setelah 15 menit untuk mendapatkan kulit yang halus dan bercahaya.

Nah, itulah manfaat masker tomat dan cara membuat masker tomat untuk kecantikan kulit. Anda bisa mencoba perawatan wajah ini rutin dirumah. Selamat mencoba.

Demikian penjelasan tentang apa manfaat menggunakan masker tomat. Semoga bermanfaat.
Top