8 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

 10 Apr 2019  Wahyu Fajar
8 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Image Source: doktersehat.com

Apa saja kegunaan jahe merah? Jahe merah merupakan tanaman yang hampir mirip dengan kunyit, tanaman ini biasanya di jadikan sebagai rempah-rempah yang sudah dipercaya oleh masyarakat tradisional mempunyai banyak khasiatnya. Jahe merah merupakan obat tradisional yang kaya akan manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Inilah manfaat jahe merah yang belum kamu ketahui.

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang paling sehat dan bermanfaat. Ada beberapa jenis jahe yang sering dijumpai di pasaran. Salah satunya adalah jenis jahe merah. Jahe merah adalah salah satu jenis tanaman jahe yang dipercaya sejak lama sebagai bahan obat-obatan. Jahe merah memiliki karakteristik rasa yang lebih pedas dibandingkan jenis jahe lainnya.

Apa manfaat jahe merah buat kesehatan? Manfaat jahe merah jahe merah juga disebut-sebut lebih berkhasiat daripada jenis jahe lainnya, penasaran apa aja. Manfaat jahe merah untuk kesehatan sangatlah beragam, inilah beberapa manfaat jahe merah yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasan selengkapnya mengenai jahe merah di sini.

Baca Juga :

Manfaat jahe merah untuk kesehatan

1. Menghangatkan badan

Apa manfaat jahe merah bagi tubuh kita? Kandungan rasa pedas dari gingerol sangat bermanfaat agar badan lebih hangat dan nyaman di musim hujan.

2. Mengobati sakit kepala

Komposisi kamfena, rasa pedas dan efek hawa panas dari jahe merah sangat ampuh untuk meredakan rasa nyeri di kepala.

3. Mencegah radang usus

Komponen aktif zingeron dalam jahe merah dapat menghambat enzim yang memicu peradangan pencernaan.

4. Menguatkan kekebalan tubuh

Ekstrak jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh sehingga sistem imun akan jauh lebih kuat.

5. Mengobati batuk

Kandungan minyak atsiri dalam jahe merah bermanfaat untuk mengatasi sakit batuk, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

6. Mengatasi mual & meningkatkan nafsu makan

Efek jahe merah adalah menghilangkan gangguan gas pada saluran pencernaan sehingga rasa mual ketika hamil atau kemoterapi dapat teratasi dan nafsu makan bisa lebih baik.

7. Menurunkan berat badan

Minum pil ekstrak jahe merah bermanfaat untuk memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama dan juga membakar kalori sehingga pas sebagai suplemen diet.

8. Menjaga kondisi jantung

Konsumsi jahe merah secara reguler terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang menjadi penyebab utama penyakit jantung.

Dengan begitu banyak manfaat dari jahe merah, mulailah jadikan jahe merah bagian dari suplemen harian Anda. Meski beberapa penelitian mengatakan banyak manfaat jahe merah yang bisa didapatkan tubuh, beberapa temuan tersebut masih perlu ditelaah lebih lanjut. Jika Anda ragu untuk mengonsumsi jahe merah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Demikian penjelasan tentang apa manfaat jahe merah untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.