Hindari! 8 Makanan Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi

Komentar
Hindari! 8 Makanan Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi
Image Source: hellosehat.com

Apakah makanan pantangan kolesterol? Kolesterol menjadi penyakit yang membahayakan bagi manusia. Pada umumnya kolesterol berawal dari konsumsi makanan yang sebenarnya tidak kita sadari, bahwa makanan tersebut berbahaya bagi tubuh. Kolesterol merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Tahukah Anda jika kolesterol dapat diatasi?

Kolesterol ditemukan di setiap sel tubuh, entah itu baik maupun buruk. Kolesterol bisa berfungsi untuk mencerna makanan dalam tubuh Anda. Pantangan makanan untuk mengatasi kolesterol tinggi sudah bukan lagi hanya menjadi masalah orang tua.

Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka harus memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi. Selain ada pantangan-pantangan kolesterol lainnya yang harus dihindari. Pengidap kolesterol memang dianjurkan untuk menjaga agar berat badannya, berikut makanan pantangan kolesterol yang harus dihindari.

Baca Juga :

Makanan pantangan kolesterol tinggi

Apa pantangan makanan penderita kolesterol? Berikut ini adalah macam-macam jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari sama sekali. Pasalnya, sekali saja Anda menyantap berbagai hidangan tersebut, kolesterol bisa langsung melonjak naik.

1. Gorengan

Makanan-makanan yang digoreng dengan minyak atau margarin kadar kolesterolnya akan langsung naik. Apalagi kalau dimasak dalam minyak jelantah yang sudah dipakai menggoreng beberapa kali. Misalnya tahu, tempe, bakwan, martabak telur, dan ayam goreng. Cobalah untuk memasak dengan cara sehat lainnya, tanpa digoreng. Misalnya kukus, pepes, dan rebus.

2. Lemak jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi misalnya santan kelapa, daging kemasan seperti kornet dan sosis, minyak palm, dan mentega mengandung kolesterol tinggi. Sebaiknya ganti makanan yang tinggi lemak jenuh dengan makanan dengan lemak tak jenuh. Sebagai contoh, daripada pakai minyak palm atau mentega, pilih minyak zaitun. 

3. Lemak trans

Lemak trans adalah minyak yang sudah dipadatkan. Biasanya lemak trans ada dalam margarin dan minyak kelapa. Maka, hidangan yang diolah dari margarin dan minyak kelapa pun tinggi kolesterol. Kalau bisa, pilih margarin yang mengandung 0 gram lemak trans atau bebas lemak trans.

4. Jeroan

Hindari jeroan ayam dan sapi seperti hati, otak, usus, ampela, jantung, dan organ dalam lainnya. Pasalnya, jeroan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Lebih baik Anda mengonsumsi daging yang rendah lemak, jangan organ dalamnya.

5. Kulit

Kulit ayam, sapi, atau kikil mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi bahkan dari dagingnya. Hal ini bisa meningkatkan kolesterol Anda secara cukup signifikan. Jadi jika Anda makan ayam, sebaiknya jangan disajikan dengan kulitnya.

6. Telur ayam

Sebutir telur ayam ras (ayam negeri) lengkap dengan kuning telur dan putih telur mengandung kira-kira 164 miligram kolesterol. Sedangkan kuning telurnya saja mengandung kolesterol sekitar 242 miligram. Belum lagi kalau telur digoreng dengan minyak palm. Maka, sebaiknya Anda mengkonsumsi sumber protein lain yang masih lebih aman, misalnya dari tahu dan tempe.

7. Makanan cepat saji

Selain karena gizinya kurang lengkap, makanan cepat saji atau junk food mengandung kolesterol tinggi karena proses pengolahannya. Oleh karenanya, sebaiknya Anda pantang mengonsumsi makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam goreng tepung, burger, dan sejenisnya.

8. Udang

Makanan laut yang perlu Anda waspadai adalah udang. Dibandingkan dengan makanan laut lainnya seperti ikan dan cumi, udang memiliki kadar kolesterol yang paling tinggi. Maka, udang jadi salah satu makanan pantangan kolesterol tinggi. Bila Anda ingin mengkonsumsi makanan laut, sebaiknya imbangi dengan nutrisi dari sayur dan buah-buahan segar.

Nah, itulah daftar makanan pantangan kolesterol yang harus dihindari mulai sekarang. Apabila kadar kolesterol dalam tubuh Anda tak kunjung turun, sebaiknya segeralah untuk konsultasi dengan dokter agar mendapat perawatan yang lebih lanjut.

Demikian penjelasan tentang jenis makanan pantangan kolesterol yang harus dihindari. Semoga bermanfaat.
Top