Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat, Hanya 5 Langkah

Komentar
Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat, Hanya 5 Langkah
Image Source: appletreebsd.com

Bagaimana cara mengajari anak membaca? Hobi membaca buku harus mulai ditanamkan sejak kecil agar terus berlanjut sampai dewasa. Nah, bagaimana cara mengajarkan anak mulai sejak dini? Setiap orangtua pastinya berharap agar anak mereka yang masih kecil atau sedang dalam masa pertumbuhan memang sangat menjadi idaman setiap orang tua, salah satunya dalam membaca.

Lima tahun pertama adalah masa emas tumbuh kembang anak. Baik dari segi fisik atau pun mental. Di sanalah anak-anak memiliki ketenangan dan rasa nyaman. Tentu mengajari anak membaca di rumah adalah cara yang paling efektif dan cepat.

Namun masalahnya, bukan hal mudah mengajarkan anak membaca sejak dini. Karakter anak yang selalu ingin bermain dan moody tentu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Membaca dan menulis memang penting sih, tapi jangan sampai kita sebagai orang tua berambisi membuat anak bisa membaca dan menulis dengan cara yang membuat anak semakin malas.

Bagaimana cara mengajari anak membaca dengan cepat? Tidak ada salahnya mengajak anak belajar membaca sejak dini. Namun,bagaimana cara tepat agar si kecil cepat belajar membaca? Coba beberapa cara efektif mengajari anak membaca berikut ini.

Baca Juga :

5 Langkah mudah cara mengajari anak membaca dengan cepat

1. Mulailah dengan mengenalkan huruf

Bagaimana cara mengajar anak membaca cepat? Mengajari anak membaca harus dimulai secara bertahap ya Bunda. Sebagai langkah awalnya, Bunda bisa memperkenalkan huruf-huruf abjad kepada si kecil. Mintalah ia untuk mengucapkannya setelah Bunda. Lalu, ajarkan si kecil untuk menghafal urutan hurufnya, mulai dari A hingga Z. Tak perlu langsung semuanya, Bunda bisa mengajarinya menghafal 5 huruf setiap harinya.

2. Lanjutkan dengan mengenalkan huruf vokal dan konsonan

Setelah si kecil telah mengerti dan paham deretan huruf abjad dan cara melafalkannya serta mengetahui urutannya, Bunda bisa melanjutkan ke tahap mengenalkannya pada huruf vokal dan konsonan. Berikan contoh-contohnya dan ajari si kecil bagaimana melafalkannya. Tidak perlu buru-buru ya Bunda, agar si kecil tidak merasa jenuh dan menjadi mudah bosan.

3. Memasuki tahapan cara membaca kata demi kata

Kini, si kecil telah mahir menyebutkan urutan huruf, juga jenis huruf vokal dan konsonan. Sebelum masuk ke tahapan ini, Bunda bisa mengulangi tahapan nomor 1 dan 2 hingga si kecil benar-benar menguasainya ya. Untuk tahapan ini, si kecil akan belajar bagaimana membaca kata demi kata. Bunda bisa membantunya mengeja huruf per huruf untuk memudahkannya.

Saat melatih si kecil mengucap kata, sebaiknya pilihlah kata-kata yang lebih mudah diingat dan biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bunda bisa memulainya dengan dua suku kata terlebih dahulu, seperti bola, gigi, kuku, dan lainnya. Secara bertahap, Bunda bisa menaikkan tingkat kesulitannya, seperti makan, tidur, pergi, dan lainnya.

4. Belajar mengeja dengan lagu

Cara mengajari anak membaca berikutnya yang bisa Bunda terapkan adalah belajar mengeja dengan lagu. Cara ini banyak digunakan oleh para orang tua untuk mencegah si kecil merasa bosan saat belajar. Selain itu, belajar dengan lagu akan membuat si kecil lebih mudah mengingat. Bunda bisa mengarang lagu-lagu yang mudah diingat, atau mengubah lirik lagu anak yang sudah ada.

5. Belajar membaca dengan kartu

Selain dengan lagu, Bunda bisa mengajari si kecil membaca dengan kartu huruf. Umumnya, kartu huruf memiliki gambar yang menarik, sehingga si kecil akan lebih bersemangat saat belajar. Dengan kartu ini, Bunda bisa menyusun kata atau menunjukkan gambar pada si kecil dan memintanya untuk mengeja.

Dalam mengajari anak membaca, dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang tidak sedikit. Dan yang terpenting, Bunda tidak boleh menyerah ya. Ajarilah si kecil membaca secara rutin, minimal 10 menit setiap hari. Tak perlu harus serius kok, Bunda, justru buatlah belajar si kecil menjadi menyenangkan, seperti sambil mengajaknya bermain.

Nah, itulah beberapa cara mengajari anak membaca dengan cepat dan efektif dirumah. Jika si kecil mulai menunjukkan tanda-tanda bosan, Bunda tak perlu memaksanya untuk tetap berlatih meskipun ia baru belajar kurang dari lima menit. Bunda bisa membiarkannya bermain atau pun melakukan hal yang ia sukai dan melanjutkan berlatih membaca pada sore atau malam hari sebelum si kecil pergi tidur.

Demikian penjelasan tentang cara mengajari anak membaca dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.
Top