Manfaat Kesehatan Berjalan Tanpa Alas Kaki yang Jarang Dilakukan

Penulis Penulis | Ditayangkan 08 Apr 2019

Manfaat Kesehatan Berjalan Tanpa Alas Kaki yang Jarang Dilakukan
Sumber gambar Feed - Merdeka.com

Kapan terakhir kamu berjalan tanpa menggunakan alas kaki ?

Kebiasaan ini mungkin terakhir kali dilakukan pada saat masih kecil, biasanya saat balita mulai belajar berjalan tanpa alas kaki dengan tujuan meningkatkan proprioception (kesadaran pergerakan tubuh).

Kebiasaan ini biasa dikenal dengan 'membumi' berarti berjalan tanpa alas kaki diatas rumput atau ditanah.

Ternyata berjalan tanpa alas kaki memiliki manfaat kesehatannya yang luar biasa, termasuk memperbaiki tidur dan meningkatkan antioksidan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat, kontak fisik dengan pasokan elektron yang sangat besar di permukaan bumi memiliki dampak positif pada kesehatan.

Dikutip dari tribunnews.com berikut manfaat kesehatan berjalan kaki tanpa alas.

1. Kurangi Resiko Penyakit Jantung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat, kontak fisik dengan pasokan elektron yang sangat besar di permukaan bumi memiliki dampak positif pada kesehatan.

2. Tingkatkan Kualitas Tidur

Berjalan tanpa alas kaki bisa kurangi kadar kortisol selama kita tidur, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine.

Penelitian ini dilakukan pada 12 orang yang mengeluh sakit, sulit tidur, dan stres.

Baca juga:

  1. Tak Sengaja Tabrak Ayam, Bocah Ini Bawa Ayam ke Rumah Sakit dengan Uang 2 Ribu
  2. Karena Bertaubat, Ini Cara Mengganti Shalat yang Ditinggalkan Bertahun-tahun

3. Mengatur Sistem Endokrin dan Saraf

Neuromodulasi adalah terapi yang menghambat, menstimulasi, memodifikasi, dan mengatur perubahan aktivitas, secara elektrik dan kimiawi dalam sistem saraf perifer, pusat dan otonom.

Berjalan tanpa alas kaki berperan dalam mengatur sistem endokrin dan saraf dengan mengembalikan berfungsinya sistem saraf.

4. Menunda Penuaan Kulit

Seorang peneliti bernama Gaétan Chevalier dari Departemen Biologi Perkembangan Sel di University of California, menemukan bahwa berjalan tanpa alas kaki memiliki manfaat antipenuaan.

Sebuah penelitian dilakukan pada empat puluh subyek dan hasilnya menunjukkan berjalan tanpa alas kaki meningkatkan aliran darah dan sirkulasi darah di wajah.

Dia mengatakan, bahkan 1 jam kontak fisik antara kaki dengan Bumi mengembalikan sistem aliran darah ke wajah yang mendorong perbaikan jaringan kulit, mengoptimalkan penampilan wajah, dan meningkatkan kesehatan dan vitalitas.

5. Menguatkan Otot Kaki

Manfaat lain dari berjalan tanpa alas kaki termasuk kemampuan untuk menyeimbangkan tubuh dan kontrol yang lebih baik dari posisi kaki saat berjalan tanpa alas kaki di tanah.

Berjalan tanpa alas kaki juga meningkatkan kekuatan dan stabilitas otot dan ligamen kaki.

Begitulah tadi Manfaat Kesehatan Berjalan Tanpa Alas Kaki yang Jarang Dilakukan. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya.
SHARE ARTIKEL