Anjuran Membacakan Yasin Kepada Orang yang Sakaratul Maut, Ini Hikmahnya

Penulis Penulis | Ditayangkan 01 Apr 2019

Anjuran Membacakan Yasin Kepada Orang yang Sakaratul Maut, Ini Hikmahnya
Sumber gambar riauaktual.com

Mayoritas madzab Hanafi, Hambali dan Syafi'i berpendapat bahwa membaca surat yasin untuk orang yang meninggal hukumnya sunnah menurut penjelasan dari hadist.

Berikut salah satu hadits yang menjelaskannya dari sahabat Ma’qal bin Yasar ra berikut ini

عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اقْرَءُوا يس عَلَى مَوْتَاكُمْ

Dari Ma’qal bin Yasar ra berkata, Nabi Muhammad Saw bersabda,  “Bacakanlah surat Yasin atas orang-orang yang hendak meninggal.” (HR. Abu Daud)

Ibnu menjelaskan bahwa makna mautaakum dalam hadis di atas bukan orang yang sudah meninggal akan tetapi orang yang sedang menghadapi kematian.

Akan tetapi meski demikian terdapat hadis lain yang semakna dengan hadis di atas, sekaligus menjelaskan bahwa anjuran untuk membacakan Yasin atas orang yang menghadapai maut dapat meringankan sakaratul maut. Dalam hadis berikut ini

عن صَفْوَان قال : حَدَّثَنِي الْمَشْيَخَةُ أَنَّهُمْ حَضَرُوا غُضَيْفَ بْنَ الْحَارِثِ الثُّمَالِيَّ (صحابي) حِينَ اشْتَدَّ سَوْقُهُ ، فَقَالَ : هَلْ مِنْكُمْ أَحَدٌ يَقْرَأُ يس ؟ قَالَ : فَقَرَأَهَا صَالِحُ بْنُ شُرَيْحٍ السَّكُونِيُّ ، فَلَمَّا بَلَغَ أَرْبَعِينَ مِنْهَا قُبِضَ . قَالَ : فَكَانَ الْمَشْيَخَةُ يَقُولُونَ : إِذَا قُرِئَتْ عِنْدَ الْمَيِّتِ خُفِّفَ عَنْهُ بِهَا . قَالَ صَفْوَانُ : وَقَرَأَهَا عِيسَى بْنُ الْمُعْتَمِرِ عِنْدَ ابْنِ مَعْبَدٍ .

Dari Shafwan di mana ia menceritakan, para syaikh terdahulu bercerita pernah menghadiri Ghudhaif bin al-Haris al-Stamaly, seorang dari golongan sahabat, ketika penyakitnya semakin parah. Shafwan berkata:

Adakah diantara anda sekalian yang mau membacakan Yasin? Shaleh bin Syuraih al-Sukuni yang membaca Yasin. Setelah ia membaca 40 dari Surat Yasin, Ghudlaif meninggal.

Maka para guru berkata: Jika Yasin dibacakan di dekat mayit maka ia akan diringankan (keluarnya ruh) dengan Surat Yasin tersebut. (Begitu pula) Isa bin Mu’tamir membacakan Yasin di dekat Ibnu Ma’bad” (HR. Ahmad)

Anjuran Membacakan Yasin Kepada Orang yang Sakaratul Maut, Ini Hikmahnya
Sumber gambar wajibbaca.com

Dari penjelasan dua hadits diatas ibnu taimiyah menjelaskan bahwa bacaan yasin untuk orang yang sedang dalam keadaan sakaratul maut sangat dianjurkan.

Karena sebagian besar kandungan surat Yasin mencakup tentang ke esaan Allah SWT,tentang kematian, serta kabar gembira tentang surga bagi orang yang mati dalam Iman kepada Allah.

Baca juga : Doa Memohon Kelancaran Ujian UNBK, Baik Untuk Diamalkan Orangtua

Yaitu tatkala Allah berfirman, “ Dikatakan (kepadanya), “Masuklah ke surga.” Ia berkata, “Alangkah baiknya sekiranya kaumku mengetahui apa yang menyebabkan Tuhanku memberi ampun kepadaku dan menjadikan aku termasuk orang-orang yang dimuliakan.” (QS. Yasin; 26-27).

Begitulah tadi Anjuran Membacakan Yasin Kepada Orang yang Sakaratul Maut, Ini Hikmahnya. Semoga bermanfaat untuk kalian.
SHARE ARTIKEL