8 Obat Diare Alami yang Mudah Dijumpai

 26 Mar 2019  Wahyu Fajar
8 Obat Diare Alami yang Mudah Dijumpai

Image Source: doktersehat.com

Diare memang membuat kewalahan, terutama jika aktivitas sedang padat. Namun ada berbagai pengobatan rumahan yang bisa membantu Anda mengatasi diare tersebut. Diare merupakan penyebab kematian utama pada balita. Penyakit ini ditandai dengan feses yang lebih encer dari biasa dan lebih sering untuk buang air besar.

Memang, obat diare sangat mudah ditemukan di warung-warung dan banyak diantaranya yang cukup ampuh. Namun, ada kalanya obat diare ini tidak bekerja secara efektif untuk menyembuhkannya. Namun tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa obat diare alami yang bisa Anda gunakan di rumah sebagai pertolongan pertama.

Apa obat diare alami? Nah, ngomongin masalah obat tradisional, anak diare juga dapat disembuhkan dengan beberapa bahan-bahan alami dan cara membuat obat diare alami yang sangat mudah sekali.

Diare tak harus selalu ditangani dengan obat-obatan yang dijual bebas. Beberapa bahan alami bisa menjadi obat diare. Coba sesekali intip isi artikel berikut ini. Diare merupakan penyakit yang cukup mengganggu. Intip yuk 10 obat alami untuk mengatasi penyakit satu ini.

Baca Juga:

Obat Diare Alami yang Mudah Didapat

1. Campurkan kunyit dan madu untuk mengatasi diare

8 Obat Diare Alami yang Mudah Dijumpai
Image Source: wowkeren.com

Kunyit merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah diare. Kunyit mengandung zat aktif kurkumin yang merupakan antioksidan kuat untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Cara penggunaannya beragam. Salah satu yang paling populer adalah dengan diseduh. Pertama, kupas dan bersihkan kunyit kemudian parut dan tambahkan air matang. Peras air kunyit, diamkan dam ambil bagian beningnya. Tambahkan madu untuk memperkaya rasa. Kalian juga bisa merebus kunyit dalam air lalu meminumnya.

2. Manfaat air kelapa untuk menyembuhkan diare

8 Obat Diare Alami yang Mudah Dijumpai
Image Source: wowkeren.com

Air kelapa mengandung zat elektolit yang bisa membantu menggantikan cairan tubuh serta membunuh bakteri penyebab penyakit diare. Air kelapa telah digunakan sejak lama untuk mengobati penyakit ini karena terbukti ampuh. Kalian cukup mengonsumsi air kelapa murni tanpa tambahan apapun.

3. Obati diare dengan teh kental yang pahit

8 Obat Diare Alami yang Mudah Dijumpai
Image Source: wowkeren.com

Obat yang ampuh untuk mengobati diare selanjutnya adalah teh kental yang pahit. Teh kental mengandung tannin yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengobati diare. Resep ini juga sudah digunakan sejak lama, lho.

Pembuatannya juga cukup mudah. Tinggal seduh teh dengan menggunakan air panas. Untuk menjaga kekentalannya, jangan tambahkan air terlalu banyak. Tunggu hingga beberapa menit kemudian saring atau buang kantong teh. Kalian bisa menambahkan madu sedikit. Hindari penggunaan pemanis gula.

4. Seduhan jahe untuk menyembuhkan diare

8 Obat Diare Alami yang Mudah Dijumpai
Image Source: wowkeren.com

Apa obat diare tradisional? Jahe juga dikenal dapat mengatasi diare. Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menenangkan perut akibat diare atau iritasi serta melancarkan pencernaan. Cara membuat obat diare alami jahe mudah. Kalian bisa memarut jahe atau sekedar mengirisnya kemudian seduh dengan air panas. Diamkan beberapa menit lalu minum airnya. Lakukan secara rutin agar cepat merasakan manfaatnya.

5. Jambu biji telah banyak dimanfaatkan untuk obat diare

8 Obat Diare Alami yang Mudah Dijumpai
Image Source: wowkeren.com

Apa obat diare alami untuk ibu hamil? Mungkin kalian sudah tak asing dengan pemanfaatan jambu biji untuk mengobati diare. Kini sudah banyak sekali obat diare di apotek yang memanfaatkan daun jambu biji sebagai bahan dasarnya. Pasalnya, penelitian membuktikan bahwa tanaman ini mengandung tanin sebesar 17% baik di daun atau pun buahnya.

Kalian bisa mengonsumsi langsung buah jambu biji atau membuatnya menjadi jus tanpa gula untuk menyembuhkan diare. Selain itu, kalian bisa merebus 3 lembar daun jambu biji muda lalu mengonsumsi airnya secara rutin.

6. Konsumsi pisang untuk mengatasi diare

8 Obat Diare Alami yang Mudah Dijumpai
Image Source: wowkeren.com

Pisang merupakan buah yang mengandung serat tinggi. Lantas mengapa dianjurkan untuk mengobati diare? Hal tersebut lantaran pisang mengandung pektin yang membuat kotoran jadi keras. Banyak vitamin di dalamnya yang membantu memulihkan tenaga.

7. Sup wortel baik bagi penderita diare

8 Obat Diare Alami yang Mudah Dijumpai
Image Source: wowkeren.com

Sup wortel diketahui memiliki efek antidyspeptic. Sup ini sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diare untuk mengembalikan nutrisi dan tenaga yang hilang.

Memasak sup wortel cukup sederhana, kok. Kalian tinggal memotong wortel sesuai selera. Kemudian rebus dengan air selama sekitar 15 menit. Jangan lupa tambahkan gara sebagai perasa. Konsumsi sup wortel ketika sarapan dan sebelum tidur agar hasilnya maksimal.

8. Dauh sirih mengobati diare secara alami

8 Obat Diare Alami yang Mudah Dijumpai
Image Source: wowkeren.com

Khasiat daun sirih sebagai antibiotik memang sudah tidak diragukan lagi. Daun sirih juga mengandung kavikol yang memiliki kemampuan membunuh bakteri lima kali lipat dari fenol biasa. Kandungan tannin di dalamnya juga baik untuk mencegah diare.

Untuk penggunaan daun sirih, kalian membutuhkan bahan lainnya seperti minyak kelapa dan lada. Haluskan 6 lembar daun sirih, 6 butir lada dan 1 sendok makan minyak kelapa. Lalu usapkan pada perut untuk mengurangi rasa sakit di perut akibat diare.

Nah itulah beberapa obat alami untuk meredakan diare. Walaupun sudah banyak obat diare, tidak ada salahnya Ibu membuat sendiri obat tradisional dengan bahan alami yang ada di lingkungan sekitar. Khasiatnya pun pastinya juga terjamin serta aman dikonsumsi.

Demikian pembahasan mengenai pertanyaan apa obat diare alami yang ampuh. Semoga bermanfaat.