Manfaat Biji Selasih Selain Menjadi Campuran Minuman Es

Komentar
Manfaat Biji Selasih Selain untuk Kesehatan
Image Source: kumparan.com

Apa manfaat biji selasih? Anda pasti sudah tidak asing dengan selasih. Mungkin Anda sudah banyak menemukan biji selasih ini sebagai campuran dan pelengkap berbagai minuman. Campuran biji selasih bisa membuat minuman jadi lebih segar dan dessert jadi lebih nikmat. Biji selasih biasa dimanfaatkan sebagai campuran atau pelengkap berbagai minuman karena manfaat biji selasih yang terbilang cukup populer dimasyarakat.

Dilansir dari berbagai sumber, beragam kandungan baik yang terdapat di dalam biji selasih di antaranya eugenol, tymol, metal eugenol, vitamin, dan zat bermanfaat bagi tubuh lainnya.

Apa manfaat biji selasih untuk kesehatan? Biji selasih memiliki segudang manfaat kesehatan, tidak mengherankan jika sering dicampurkan bersama minuman segar. Biji selasih didapatkan dari tanaman kemangi atau basil yang dimanfaatkan sebagai obat herbal. Manfaat biji selasih biasanya dipakai campuran es saat bulan puasa.


Tak hanya itu saja, biji selasih juga memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan. Mau tahu manfaatnya apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga :

Manfaat biji selasih untuk kesehatan

1. Mengontrol bobot tubuh

Apa manfaat minum biji selasih? Biji selasih kaya akan kandungan serat pangan yang dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Konsumsi biji selasih akan membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga berat badan akan lebih mudah dikontrol.

Tak hanya itu, terdapat kandungan asam lemak Omega-3 bernama alpha-linolenic acid (ALA) yang termasuk ke dalam lemak tak jenuh. Kandungan lemak tak jenuh ini akan mempercepat pembakaran lemak serta melancarkan metabolisme di dalam tubuh

2. Mendinginkan tubuh

Biji selasih sering dikombinasikan ke dalam berbagai minuman dingin pelepas dahaga. Tak hanya membuat tampilan minuman semakin menarik, ternyata biji selasih memiliki kemampuan untuk menurunkan suhu tubuh, lho.

Di dalam biji selasih terkandung coolant yang berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh. Selain menghalau rasa gerah akibat terik matahari, coolant di dalam biji selasih dapat dimanfaatkan sebagai ramuan pereda panas tenggorokan bahkan meredakan demam.

3. Mengontrol gula darah

Apa manfaat biji selasih untuk ibu hamil? Biji selasih dapat membantu mengontrol gula darah agar tetap stabil sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2. Biji selasih akan memperlambat proses metabolisme berupa perubahan karbohidrat menjadi glukosa di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat biji selasih secara maksimal, kamu dapat mengkombinasikan selasih dengan segelas susu sapi segar atau susu almond yang lebih rendah lemak.

4. Meredakan mual dan kembung

Merasa panas dan begah di dalam perut seusai menyantap sajian pedas atau berlemak? Larutan biji selasih dapat menjadi solusinya.

Selain mendinginkan perut, antioksidan di dalam biji selasih akan mempercepat proses detoks serta membersihkan perut. Kandungan minyak volatile di dalam selasih juga berfungsi melepas gas penyebab perut kembung dan begah.

5. Mengontrol asam lambung

Gangguan kesehatan berupa naiknya asam lambung memang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun tak perlu khawatir, rasa nyeri pada ulu hati dan kesulitan menelan yang disebabkan oleh naiknya sam lambung ternyata dapat diredakan dengan konsumsi biji selasih.

Konsumsi biji selasih dapat menenangkan kerja lambung serta membuang racun yang menyebabkan kembung. Tak hanya itu, biji selasih akan menetralkan efek asam HCL di dalam lambung sehingga rasa tak nyaman di perut akibat asam lambung dapat dihindari.

6. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Ingin memiliki kulit dan rambut yang sehat bercahaya? Biji selasih dapat menjadi solusi murah untuk mendapatkan kulit dan rambut yang bebas kering.

Konsumsi biji selasih secara teratur akan membantu meningkatkan pembentukan kolagen di dalam tubuh yang akan melembapkan kulit. Tak hanya dikonsumsi saja, menggunakan campuran minyak kelapa dan biji selasih tumbuk yang kaya protein, zat besi, dan vitamin K sebagai masker rambut dapat memperkuat serta mempercepat pertumbuhan rambut.

7. Obat batuk dan flu

Apa manfaat biji selasih bagi tubuh? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, biji selasih mengandung antioksidan flavonoid berupa vicenin, orientin, dan beta karoten yang berfungsi sebagai benteng pertahanan akan berbagai jenis bakteri dan virus penyakit. Tak hanya itu saja, sifat antispasmodik pada biji selasih juga berfungsi untuk meredakan batuk membandel.

Nah, bagaimana menurut Anda menkjubkan bukan manfaat biji selasih ini? Anda dapat mengonsumsi rutin biji selasih ini sebagai minuman yang menyegarkan. Dan pastinya punya beragam manfaat bagi kesehatan Anda.

Demikian apa manfaat biji selasih untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.
Top