6 Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua, Lakukan Jika Tidak Mau Jadi Anak Durhaka

 02 Mar 2019  Wahyu Fajar
6 Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua, Lakukan Jika Tidak Mau Jadi Anak Durhaka

Image Source: 7mutiaraislam.com

Orang tua adalah orang yang telah membesarkan dan mengasuh kita sejak dalam kandungan hingga sampai sekarang ini. Orang tua itu adalah ayah dan ibu, mereka membesarkan kita dengan kasih sayang yang tak terhingga. Maka kewajiban kita sebagai anak seharusnya kita harus berbakti dan menghormatinya bagaimana pun caranya.

Baca Juga:

Dalam agama Islam ada sebuah surat yang menjelaskan tentang hak dan kewajiban anak terhadap orang tua menurut islam yaitu QS. Al-Isra' ayat 23 yang berbunyi,

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعۡبُدُوٓاْ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلۡوَٰلِدَيۡنِ إِحۡسَٰنًاۚ إِمَّا يَبۡلُغَنَّ عِندَكَ ٱلۡكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوۡ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفّٖ وَلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوۡلٗا كَرِيمٗا ٢٣

Artinya:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al-Isra’ [17]:23).

Maka dari itu mulai sekarang berbaktilah kepada orang tua karena orang tua bagaikan permata yang paling berharga. Apa kewajiban anak terhadap orang tuanya?

Kewajiban anak terhadap orang tua

1. Taat kepada orang tua

Apa saja tanggung jawab anak terhadap orang tua? Sebagai anak sepatutnya kita taat kepada semua perintah ayah dan ibu kecuali dalam hal kemaksiatan. Kita sebagai anaknya jangan sampai mendurhakai orang tua karena Allah Swt akan membenci orang-orang yang durhaka kepada orang tua. Seperti dalam sebuah hadits berikut ini,

“Tidak ada ketaatan dalam mendurhakai Allah. Sesungguhnya ketaatan itu ada hanya di dalam melakukan kebaikan.” (HR. Bukhari)

2. Merawat orang tua

Merawat orang tua yang berusia lanjut atau sedang sakit adalah kewajiban yang harus dilaksanakan anak terhadap orang tua dalam Islam. Semakin kita dewasa, orang tua akan semmakin tua dan mungkin sudah tidak mampu untuk merawat dirinya sendiri. Maka dari itu, kewajiban sebagai anak adalah merawat dan menjaga orang tua agar tidak menjadi anak yang durhaka. Seperti yang terdapat dalam hadits berikut:

”Sungguh merugi, sungguh merugi, sungguh merugi seseorang yang mendapatkan kedua orang tuanya sudah renta atau salah seorang dari keduanya namun tidak dapat membuatnya masuk surga.” (HR. Muslim)

3. Jangan berkata kasar

Apa kewajiban anak terhadap orang tua? Kewajiban seorang nak selanjutnya adalah jangan berkata kasar, berbicaralah dengan sopan dan lemah lembut. Selain itu, kebiasaan berbicara dengan lemah lembut akan menjadi cara anak menghormati orang tua dengan cara yang baik dan benar.

4. Memberi nafkah orang tua

Memberi sebagian nafkah kepada orang tua adalah suatu kewajiban anak untuk membahagiakannya. Sebagaimana dengan hadits Rasulullah Saw yang berbunyi,

عَنْ عُمَارَةَ بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ عَمَّتِهِ أَنَّهَا سَأَلَتْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا فِي حِجْرِي يَتِيمٌ أَفَآكُلُ مِنْ مَالِهِ ؟ فَقَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: إِنَّ مِنْ أَطْيَبِ مَا أَكَلَ الرَّجُلُ مِنْ كَسْبِهِ وَوَلَدُهُ مِنْ كَسْبِهِ.

Dari Umarah bin Umair dari bibiknya bahwasannya ia (bibiknya) bertanya kepada Aisyah r.a. “Anak asuhku adalah yatim, apakah aku boleh makan dari hartanya? “ Aisyah menjawab: “Rasulullah saw. bersabda: Sungguh di antara harta yang paling baik dimakan oleh seseorang adalah dari hasil kerjanya dan hasil kerja anaknya.”(HR. Abu Daud)

5. Mendoakan orang tua baik yang sudah meninggal atau belum

Apa kewajiban anak kepada orang tua yang sudah meninggal? Jika orang tua selalu mendoakan anak–anaknya, maka sebagai anak juga wajib mendoakan orang tua setiap saat untuk kebaikan orang tuanya. Kewajiban mendoakan orang tua terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Isra' ayat 24 yang berbunyi:

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Artinya:

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”

6. Berlaku adil antara orang tua dan istri

Tugas dan kewajiban anak terhadap orang tua menurut Islam selanjutnya yaitu berlaku adil dengan orangtua dan istri. Tidak setiap orang bisa melaksanakannya, apalagi berhubungan dengan pasangan dan orang tua kita. Pasangan atau istri yang baik pasti tidak akan menjauhkan diri dari orang tuanya.

Diriwayatkan bahwa Aisyah R.A bertanya kepada Rasulullah Saw, “Siapakah yang berhak terhadap seorang wanita?” Rasulullah menjawab: “Suaminya” (apabila sudah menikah), Aisyah R.A bertanya lagi, “Siapakah yang berhak terhadap seorang laki-laki?” Rasulullah menjawab: “Ibunya” H.R. Muslim.
Demikian apa kewajiban anak terhadap orang tua yang bisa kita terapkan dalam kehidupan. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR