Cara Membuat Pigura Dari Kardus Bekas yang Sederhana Tapi Unik

 21 Mar 2019  Wahyu Fajar
Cara Membuat Pigura Dari Kardus Bekas yang Sederhana Tapi Unik

Image Source: dekoruma.com

Kardus merupakan salah satu limbah rumah yang seringkali jarang digunakan. Biasanya jika sudah tidak digunakan kardus bekas ini akan dibuang ditempat pembuangan sampah dan menjadi barang tidak berguna. Justru, saat ini, ada beragam cara untuk memanfaatkan barang-barang bekas menjadi benda-benda cantik yang siap melengkapi meja atau ruangan favorit kita.

Salah satu kerajinan tangan yang bisa dibuat dari kardus baru maupun bekas adalah bingkai foto. Bingkai merupakan hiasan sekaligus pelindung sebuah foto. So, artikel ini akan mengajarimu cara membuat pigura dari kardus yang unik.

Bagaimana cara membuat pigura dari kardus? Simak yuk langkah-langkah untuk membuat bingkai foto dari kardus yang bisa menjadi hiasan rumah Anda. Cara membuatnya cukup mudah, kamu cukup mengambil kertas kardus bekas, dan alat-alat lainnya yang dibutuhkan. 

Mau bingkai foto seperti itu? Yuk bikin sendiri tanpa harus mengeluarkan uang banyak-banyak. Langsung saja, inilah cara membuat pigura dari kardus dengan mudah!

Cara membuat pigura dari kardus

1. Siapkan Alat & Bahan

Cara Membuat Pigura Dari Kardus Bekas yang Sederhana Tapi Unik
Image Source: klikfadli.com

Bagaimana cara membuat bingkai foto dari kardus bekas? Alat dan bahan merupakan dasar yang harus kamu miliki ketika ingin membuat sesuatu. Alat kamu butuhkan:
  • Gunting.
  • Cutter.
  • Penggaris.
  • Lem.
  • Manik-manik (Kalau kamu ingin menghias bingkainya).
  • Spidol.
  • Cat warna.

Bahan yang kamu butuhkan :
  • Kardus bekas (cari tekstur kardus yang keras agar awet).
  • Jika kamu ingin membuat bingkai yang berukuran besar kamu bisa menggunkan kardus mie instan atau peralatan elektronik.
  • Jika kamu ingin membuat bingkai ukuran kecil kamu cukup dengan menggunakan kardus susu, sereal dan kardus-kardus yang berukuran kecil lainnya.

2. Potong Kardus

Cara Membuat Pigura Dari Kardus Bekas yang Sederhana Tapi Unik
Image Source: klikfadli.com

Setelah kamu mengumpulkan alat dan bahan kamu bisa melanjut ke tahap 2 cara membuat bingkai foto dari kardus yaitu gunting kardus sesuai ukuran yang kamu inginkan.
  1. Guntinglah bagian yang ingin digunakan sebagai bingkai agar terpisah dari kardusnya.
  2. Buatlah dua potongan yaitu bagian depan dan belakang bingkai foto.
  3. Pastikan kamu menggunting kardus dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran fotonya.
  4. Setelah memotong kardusnya, kamu rapikan potongan kardus dan tentukan ukuran bingkai foto yang akan kamu buat.
  5. Jika nanti kamu akan meletakkan foto berukuran 4×6 kamu bisa memotong kardus dengan ukuran 4×8. Dengan begitu, kamu akan memiliki bingkai dengan ukuran 1 inci disekelilingnya.
  6. Kalau menurutmu 1 inci terasa terlalu besar atau kecil maka kamu bisa menyesuaikan sendiri supaya pas ukuran bingkainya dengan selera kamu.

3. Lubangi Bagian Tengah

Cara Membuat Pigura Dari Kardus Bekas yang Sederhana Tapi Unik
Image Source: klikfadli.com

Langkah ketiga ini kamu bisa melubangi bagian tengah kardus supaya menjadui sebuah bingkai untuk menampilkan foto yang kamu taruh nanti. Jika ukuran fotomu 4×6 maka potong dengan ukuran tersebut. Namun disarankan untuk memotong kurang dari ukurannya supaya tidak ada gap antara foto dan bingkainya.

4. Hias Bingkainya

Cara Membuat Pigura Dari Kardus Bekas yang Sederhana Tapi Unik
Image Source: klikfadli.com

Masuk pada tahap selanjutnya yaitu tahap penghiasan atau biasa disebut  dekorasi.
  1. Silahkan memberi cat atau warna pada bingkai.
  2. Buatlah hiasan dengan warna-warna tertentu dan buat pola dari warna tersebut (kamu bisa membuat pola seperti batang kayu dan sejenisnya supaya bingkaimu terlihat elegan).
  3. Tambahkan hiasan lain bagian bingkai yang atas seperti manik-manik, pita, stiker, kertas hias, kancing dan apapun itu sesuai keingin kamu.
  4. Jika kamu memilki sesuatu yang memiliki keterkaitan dengan foto tersebut tidak ada salahnya untuk ditempelkan pada bingkai atau berikan keterangan mengenai foto tersebut pada bingkai, hal ini akan menambah nilai plus ketika orang lain melihat bingkai punyamu.
  5. Untuk menempelkan hiasan kamu bisa menggunakan lem atau double tape. Hanya saja jika kamu ingin menempelnya secara permanen lebih baik kamu menggunkan lem yang kuat dan tidak mudah lepas.
  6. Namun, kalau kamu ingin mengganti hiasannya dikemudian hari lebih baik kamu menggunakan double tape. Karena double tape lebih mudah untuk dilepas daripada lem dan juga double tape tidak akan merusak bahan yang ditempelinya.

5. Tutup Bingkai dengan Cover Belakang

Cara Membuat Pigura Dari Kardus Bekas yang Sederhana Tapi Unik
Image Source: klikfadli.com
  1. Setelah bingkai bagian depan selesai dihias, kamu kini dapat menyatukan semua elemen bingkainya. Sebelumnya silahkan potong bagian yang akan jadi cover belakang bingkai sesuai dengan ukuran bingkai bagian depan agar ukurannya sama.
  2. Selanjutnya taruh bingkai penutup pada bagian bawah, lalu pasang fotomu diatasnya, dan tutup menggunakan bingkai bagian depan.
  3. Rekatkan ketika elemen tersebut dengan lem sampai benar-benar menempel dengan kuat dan tidak akan rentan lepas.
  4. Kamu bisa melapisi dengan  plastik bening agar terlihat seperti kaca pada bingkai kayu. Namun kamu harus menggantinya dalam beberapa bulan sekali. Karena plastik seperti itu akan buram dalam beberapa bulan.

6. Buat Dudukannya

Cara Membuat Pigura Dari Kardus Bekas yang Sederhana Tapi Unik
Image Source: klikfadli.com

Langkah terakhir dalam cara membuat bingkai foto dari kardus adalah dengan membuat dudukan atau sanggahan.
  1. Cari kardus yang tebal dan kuat untuk menopang bingkai foto yang kamu buat.
  2. Potonglah kardus dengan bentuk seperti gambar diatas. Sekilas terlihat seperti dasi gitu sih.
  3. Sesuaikan panjangnya dengan tinggi bingkai yang kamu buat.
  4. Tempelkan dudukan tersebut di cover penutup pada bagian belakang.

Nah mudah bukan membuat pigura dari kardus bekas ini? Gunakan jiwa seni pada diri kamu untuk membuat kreatifitas dalam proses cara membuat bingkai foto dari kardus supaya lebih unik dan memiliki nilai tersendiri.

Demikian cara membuat pigura dari kardus yang unik yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.