Cara Mengatasi Batuk Pada Anak yang Susah Sembuh

 22 Feb 2019  Khoirul Rizky F
Cara Mengatasi Batuk Pada Anak yang Susah Sembuh

Image Source: safebee.com

Batuk merupakan mekanisme pertahanan saluran pernapasan dari rangsangan reseptor batuk. Batuk pada anak disebabkan oleh berbagai hal. Bisa jadi karena infeksi saluran pernapasan akibat virus, asap rokok, debu, atau zat kimia lainnya.

Tidak hanya itu, ada juga batuk yang disebabkan oleh refluks asam lambung, sinusitis, atau bahkan karena anak alergi. Selain itu, anak-anak yang sering mengalami batuk. Terkadang membuat orang tua menjadi khawatir. Lalu bagaimana cara mengatasi batuk pada anak?

Bagaimana cara untuk mengatasi batuk pada anak? Bagaimana cara mengatasi batuk pada anak dengan alami? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Cara Mengatasi Batuk Pada Anak

Cara Mengatasi Batuk Pada Anak yang Susah Sembuh

Image Source: rupeek.ru

1. Usahakan anak harus istirahat cukup

Ketika anak mengalami batuk, anak perlu istirahat yang cukup. Untuk lama istirahatnya tergantung dari parahnya batuk dan seberapa berat gejala lainnya, seperti demam atau pilek. Saat mengalami batuk, biasanya anak membutuhkan 2-3 hari untuk beristirahat.

Usahakan anak untuk beristirahat di rumah dengan tidur cukup dan tidak menjalani aktivitas yang bisa memperlambat penyembuhan batuk. Oleh karena itu, kurangi dulu bermain di luar rumah.

Istirahat dan tidur yang cukup merupakan salah satu kunci untuk menyembuhkan batuk. Namun, untuk mengatasi batuk pada anak dengan cara ini memang tidak mudah, terlebih lagi jika anak tergolong aktif.

2. Berikan anak asupan cairan yang cukup

Orang tua juga harus memastikan anak minum air yang cukup untuk membantu mencegah dehidrasi. Orang tua juga dapat memberikan ASI yang cukup apabila anak masih mengkonsumsi ASI. Usahakan jangan sampai anak dehidrasi karena kondisi tersebut dapat membuat batuk pada anak semakin parah.

3. Hindari makanan atau minuman penyebab batuk

Hindari anak mengkonsumsi makanan dan minuman penyebab batuk. Seperti minuman manis, minuman dingin, dan makanan yang digoreng. Dan disarankan untuk memberikan anak makanan berkuah hangat yang bisa menghindari batuk karena gatal di tenggorokan.

4. Jauhkan anak dari alergen

Jauhkan anak dari alergen (pemicu alergi). Perhatikan juga untuk kebersihan kasur dan lingkungan rumah. Pada umumnya debu, jamur, dan bulu hewan peliharaan yang mudah menempel di sofa atau kasur. Karena hal tersebut yang bisa saja menyebabkan anak alerginya kumat dan anak menjadi batuk.

5. Usahakan anak tidur dengan posisi nyaman

Usahakan anak tidur dengan posisi kepala yang sedikit diangkat. Jadi, ganjal kepala anak dengan bantal yang tinggi saat tidur dan hindari tidur telentang. Karena dengan tidur telentang bisa menyebabkan lendir menumpuk di tenggorokan dan mengganggu pernapasan anak.

Demikian penjelasan diatas tentang cara mengobati batuk pada anak anak. Semoga bermanfaat!