Bukan Hanya Bumbu Masak, 10 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

 06 Feb 2019  Wahyu Fajar
Bukan Hanya Bumbu Masak, 10 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Image Source: pixabay.com

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan karena memiliki aroma dan rasa yang enak. Selain menambah rasa dan memiliki aroma yang sedap, kayu manis ternyata memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Apa manfaat kayu manis buat kesehatan?

Manfaat kayu manis bagi kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Apa saja khasiat kayu manis? Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Oleh karena itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung dan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, manfaat kayu manis juga bisa mengobati konstipasi karena kandungan seratnya.

2. Mengontrol gula darah

Apa saja manfaat dari kayu manis? Manfaat kayu manis adalah kemampuannya mengontrol gula darah. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Selain itu, kayu manis juga membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe 2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, trigliserida, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

3. Mencegah penggumpalan darah

Cinnamaldehyde merupakan minyak yang dihasilkan oleh kayu manis bisa mencegah darah untuk menggumpal. Kayu manis juga mengeluarkan asam lemak antiperadangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah. Cinnamaldehyde merupakan suatu senyawa atau komponen di dalam minyak atsiri terletak pada sel minyak pada kulit kayu manis. Minyak atsiri semula di luar sel kemudian merusak sel-sel disekitarnya sehingga terbentuklah saluran semacam organ dengan minyak atsiri di dalamnya yang disebut kelenjar. Pembentukan kelenjar yang demikian disebut sebagai pembentukan secara schizolysigen.

4. Antimikroba

Salah satu manfaat kayu manis yang cukup populer adalah kegunaannya untuk melawan pertumbuhan jamur dan bakteri, salah satunya adalah jenis Candida. Candida adalah mikroorganisme penyebab infeksi yang bisa ditemukan di mulut, vagina dan usus, yang menyebabkan penyakit pada kulit dan membran mukus. Infeksi Candida pada bagian dalam tubuh bisa dikurangi bahkan dihentikan dengan mengonsumsi kayu manis. Peran ini didukung oleh kandungan cinnamaldehyde yang terdapat pada minyak kayu manis.

5. Mengatasi Alzheimer (Penurunan Daya Ingat)

Apa manfaat kayu manis bagi tubuh? Manfaat kayu manis selanjutnya adalah kemampuannya mengatasi Alzheimer. Semua ini karena kandungan antioksidan seperti polifenol yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kayu manis ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan juga dipercaya bermanfaat untuk penyakit Alzheimer. Selain kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan lain yang terdapat pada kayu manis dipercaya juga dapat menghambat penumpukan protein di otak, yang merupakan salah satu penyebab utama Alzheimer.

6. Meringankan rematik

Manfaat kayu manis selanjutnya adalah kemampuannya mengatasi rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine, bahwa kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

7. Menghilangkan jerawat

Apa manfaat kayu manis untuk wajah? Kayu manis telah terbukti tinggi antioksidan, salah satunya polifenol. Polifenol bekerja melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas dari sinar UV matahari dan polusi udara yang menyebabkan penuaan dini serta jerawat meradang. Kayu manis juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba dan antiparasit untuk melawan bakteri penyebab jerawat, serta memiliki sifat penyembuh luka yang bisa berguna untuk mencegah terjadi luka bekas jerawat.

8. Mencegah resiko kanker

Apa manfaat kayu manis dan jahe? Jahe, sereh, dan kayu manis efektif mencegah tumbuhnya sel kanker tanpa mempengaruhi sel-sel tubuh yang normal dan sehat. Penelitian membuktikan anti kanker yang terkandung pada sereh mampu menunjukkan hasil menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit, menghambat pertumbuhan sel kanker pada hati tahap awal. Kayu manis juga dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Zat yang terkandung dalam jahe yang dapat menghambat tumbuhnya sel kanker ialah gingerol dan phytonutrient, dalam sebuah penelitian gingerol juga dapat mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor.

9. Manfaat kayu manis untuk diet

Apa manfaat kayu manis untuk diet? Manfaat kayu manis yang lainnya adalah untuk menurunkan berat badan. Penelitian dari University of Michigan Life Sciences Institute menemukan bahwa kayu manis mengandung zat yang disebut dengan Cinnamaldehyde. Zat ini berguna untuk membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Untuk menggunakan kayu manis sebagai penurun berat badan, rebuslah kayu manis dan kemudian minum air rebusan tersebut dengan dicampur madu.

10. Baik untuk jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi makanan yang kaya akan rempah-rempah seperti kunyit dan kayu manis, dapat mengurangi efek negatif dari makanan berlemak, sehingga dipercaya dapat dipercaya menurunkan risiko penyakit jantung.

Jadi apa manfaat kayu manis buat kesehatan? Tentunya masih ada lagi selain ke sepuluh hal diatas. Tapi 10 manfaat diatas adalah yang utama dari kayu manis.

KOMENTAR