Luar Biasa! Inilah 6 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

 20 Feb 2019  Khoirul Rizky F
Luar Biasa! Inilah 6 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Image Source: pixabay.com

Buah markisa berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Buah ini berbentuk bulat dan mempunyai biji berselaput kuning. Dan juga buah markisa merupakan jenis keluarga berry yang manis asam dan sangat aromatik.

Buah ini termasuk jenis buah yang dimanfaatkan bijinya untuk dikonsumsi. Dan pada umumnya buah ini sangat disukai karena memiliki rasa yang khas, dengan rasa asam yang berpadu dengan manis sehingga memberikan sensasi menyegarkan.

Apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan dingin pada siang hari. Selain itu, ternyata manfaat buah markisa untuk kesehatan sangat banyak. Lalu apa manfaat buah markisa?

Apa saja manfaat buah markisa? Apa manfaat buah markisa untuk kesehatan? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Luar Biasa! Inilah 6 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Image Source: pixabay.com

1. Sumber antioksidan untuk tubuh

Buah markisa mempunyai banyak kandungan antioksidan yang dapat berguna untuk membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Tidak hanya itu, buah markisa kaya akan vitamin C, beta-karoten, dan polifenol yang berguna untuk membantu melindungi tubuh agar terhindar dari peradangan kronis, penyakit jantung, dan kanker.

Selain itu, dengan mengkonsumsi buah markisa dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mencegah penuaan dini.

2. Sumber serat untuk tubuh

Buah markisa mempunyai kandungan serat yang tinggi. 1 buah markisa mengandung serat larut sekitar 2 gram. Serat sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, sehingga saluran pencernaan seperti usus jadi bersih dan terhindar dari sembelit.

3. Dapat mengurangi serangan asma

Buah markisa mempunyai kandungan vitamin C yang dapat berguna untuk membantu dalam memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma. Oleh karena itu, buah markisa dipercaya sebagai obat mujarab untuk para penderita asma.

4. Dapat mencegah infeksi

Buah markisa mempunyai kandungan vitamin C. Tak hanya itu, vitamic C dalam buah markisa memiliki efek antioksidan yang dapat berguna untuk membantu tubuh mencegah dan melawan penyakit serta infeksi. Dan juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dengan melakukan perbaikan jaringan tubuh.

5. Dapat membantu menurunkan berat badan

Jus markisa dapat berguna untuk membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori (97 kalori per 100 g), natrium, dan lemak. Selain itu, buah markisa kaya akan karbohidrat dan gula alami sehingga mampu menurunkan kolesterol dan mempercepat proses pemulihan tubuh dengan memenuhi asupan energi akibat berolahraga.

6. Dapat membantu tidur lebih nyenyak

Jus markisa mempunyai efek menenangkan saraf sehingga mampu merelaksasikan pikiran. Sehingga buah markisa tentunya sangat membantu para penderita insomnia atau bagi yang susah tidur nyenyak. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi segelas jus markisa sebelum tidur dapat membuat para penderita insomnia tidur lebih nyenyak.

Demikian penjelasan diatas tentang apa manfaat buah markisa bagi tubuh. Semoga bermanfaat!

KOMENTAR