8 Fakta Anak Pertama, Kalian Memang Begitu Istimewa

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 01 Feb 2019

8 Fakta Anak Pertama, Kalian Memang Begitu Istimewa
8 Fakta Anak Pertama, Kalian Memang Begitu Istimewa (Gambar: hidupsimpel.com)

Kata orang, menjadi anak pertama itu bertanggung jawab, sopan, dan perhatian. Apa benar?

Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda, ikuti penjelasan tentang fakta-fakta anak pertama berikut ini.

Anak pertama atau sulung sering disebut sebagai ‘kelinci percobaan’ bagi orangtua karena mereka belum punya pengalaman sebelumnya bagaimana membesarkan anak. Hal ini yang menyebabkan ada beberapa fakta anak pertama yang membedakannya dengan adik-adiknya.

Bukan berarti menjadi anak sulung adalah hal yang buruk, justru ada karakter menarik yang mereka miliki.

Menjadi anak pertama atau sulung terkadang memang memiliki beban tersendiri. Namun, percayalah, jika kamu bisa merasakan lebih dalam lagi, kamu patut bersyukur bahkan berbangga hati telah dilahirkan menjadi anak pertama.

Dalam jiwa anak pertama selalu ada hal menarik tersendiri jika dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang lain. Tentu setiap anak juga memiliki kelebihan serta kekuarangannya masing-masing.

Nah, kali ini kami akan membahas khusus tentang fakta anak petama, apa saja? Simak ulasannya.

Fakta Anak Pertama, Mengapa Kalian Begitu Spesial

8 Fakta Anak Pertama, Kalian Memang Begitu Istimewa
Sumber gambar (hidupsimpelcom)

Anak pertama tumbuh dari kasih sayang pertama orangtua. Setelah ia memiliki adik atau saudara, anak pertama pastinya ia adalah sosok yang diperkenalkan orangtua dengan tanggung jawab dan kewajiban yang harus diemban serta diselesaikan.

Hal tersebutlah yang kemudian membentuk karakter - karakter ini dalam diri anak perama.

1. Lebih mandiri

Setiap orang pasti punya pendapat jika anak pertama biasanya lebih mandiri. Pada kenyataannya memang begitu, anak pertama dilahirkan untuk menjadi seorang pembelajar.

Mereka banyak melihat dan mengambil pengalaman dari hal yang terjadi di sekitar mereka, kemudian menjadikan itu sebagai panduan. Fakta jika anak pertama lebih banyak menikmati asam-garam kehidupan memang iya, hal tersebutlah yang kemudian mereka ajarkan kepada adik-adiknya.

2. Bertanggung jawab dan mengayomi

Dalam keluarga, tak heran kalau anak pertama menjadi tulang punggung keluarga setelah tiadanya ayah dan ibu. Tak lain dan tak bukan yang mereka fikirkan adalah nasib adik-adik mereka kelak.

Tak hanya itu, anak tertua dapat merawat dan menjaga adik-adiknya ketika orangtua membutuhkan bantuan.

Si sulung terbiasa menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk menemani adik-adiknya yang mungkin mencarinya untuk kenyamanan atau yang membutuhkan perlindungan.

3: Sosok Pemimpin


Mengapa kebanyakan anak pertama berani dan percaya diri? Jawabannya, karena mereka terbiasa dengan hal yang berkaitan dengan melindungi sang adik, berbicara dan mengajarkan adiknya.

Dengan begitu si sulung akan tumbuh menjadi seorang pemimpin yang memiliki keberanian jauh lebih banyak dari sang adik.

Segala hal yang dibebankan orangtua kepada mereka secara tidak langsung juga membentuk mental mereka menjadi layaknya seorang pemimpin.

Makanya jangan heran jika kakak-kakak kalian suka berlaku layaknya boss, karena memang didikan yang mereka terima seperti itu.

Bahkan, menurut sebuah penelitian dari University of Georgia, anak-anak sulung lebih cenderung memegang peran sebagai pemimpin. Mayoritas presiden Amerika Serikat, astronot, dan CEO perusahaan adalah anak sulung.

4. Keras kepala, egois, tapi perduli dan penuh kasih sayang

8 Fakta Anak Pertama, Kalian Memang Begitu Istimewa
pexels.com

Anak pertama itu lahir duluan, tak heran jika semua kasih sayang orangtua akan dilimpahkan kepada mereka. Tak heran jika hal tersebut membuat mereka sok kuasa, keras kepala dan egois.

Namun, seiring dengan bertambahnya usia, hal tersebut akan perlahan hilang ketika mereka beranjak dewasa.

Semakin banyak pengalaman hidup akan mengikis rasa ego dan keras kepala mereka selama ini.

Anak pertama adalah sosok yang sangat perduli dan mengasihi orang yang mereka sayang, mereka memahai perasaan orang sekeliling yang mencintai mereka. Inilah juga alasannya mengapa anak pertama itu bisa menjadi pasangan yang ideal.

Baca Juga: Bukti, Anak Pertama Perempuan Itu Memang Kebanggaan Orang Tua

5: Pekerja keras

Anak pertama cenderung beriorientasi pada prestasi. Memiliki adik membuat anak sulung lebih sulit untuk mendapatkan perhatian orangtua.

Jadi, anak sulung bekerja keras untuk membuat orangtuanya terkesan, misalnya dengan memperoleh nilai baik di sekolah. Sifat inilah yang terus terbawa hingga ia dewasa.

6. Bijaksana dan menjadi andalan dalam keluarga

Dewasa, suka memberi saran, dan dewasa dalam bertindak, tiga hal tersebut merupakan sifat dasar yang melekat pada anak pertama.

Lihat saja, ketika sudah sama-sama sekolah atau kuliah mereka pasti sering memberikan nasehat kepada adik-adiknya untuk bertindak begini dan begitu. Hal tersebut tentulah mereka lakukan karena mereka sendiri sudah mengalaminya.

Selain menjadi tempat konsultasi adik-adik bahkan teman-teman, mereka juga andalan dalam keluarga. Hal tersebut tak lain karena orangtua menaruh harapan lebih kepada anak pertama.

7. Sosok tegar tapi melankolis

Jika satu sisi mereka adalah sosok yang egois dan keras kepala, di sisi lain mereka juga orang yang melankolis dan mudah tersentuh hatinya.

Ia juga bisa menjadi orang yang cengeng dan rapuh saat sesuatu menimpa orang tersayang.

Di balik sifat yang berusaha terlihat tegar, mereka juga menangis, hanya saja mungkin tak pernah ingin ditampakkan, karena si sulung ini juga sangat pnintar menyimpan rahasia.

Kalau bisa, saat mengalami kesedihan ia tetap bisa menunjukkan sisi tegar dan kuat di hadapan orang lain. Luar biasa bukan?

8. Menuntut segala sesuatu untuk sempurna

Nah, pada poin ini sebenarnya bisa iya, bisa juga tidak. Salah satu sifat dari anak pertama adalah perfeksionis alias menuntut segala sesuatu untuk berjalan sempurna.

Salah satu alasannya mungkin karena faktor didikan dari orangtua yang mengajarkan mereka untuk selalu memikirkan sebelum bertindak, memberi hasil terbaik saat melakukan sesuatu, serta terkadang mereka dituntut untuk selalu berhasil dengan alasan sebagai contoh untuk adik-adiknya.

Nah, sifat inilah kemudian menuntun mereka untuk menjadipribadi yang serba sempurna.

Itulah beberapa fakta anak pertama, atau lebih tepatnya karakter yang melekat pada mereka. Karena telah lahir duluan, makanya anak pertama lebih lekat dengan kemandirian, tanggung jawab, dan mengayomi.

Nah, apakah Anda Anak pertama? Jika iya apakah karakter di atas sesuai dengan realita yang Anda rasakan?
SHARE ARTIKEL