Meski Banyak Manfaat, 4 Efek Samping Buah Naga Ini Tak Boleh Anda Sepelekan

 11 Feb 2019  Cheryl mikayla
Meski Banyak Manfaat, 4 Efek Samping Buah Naga Ini Tak Boleh Anda Sepelekan

4 Efek Samping Buah Naga Ini Tak Boleh Anda Sepelekan (foto: jempolkaki.com)

Buah naga dikenal memiliki bentuk unik, juga kaya akan vitamin terutama kandungan mineralnya seperti vitamin C, B1, B2, B12, Protein, Serat, Kalsium, dan Zat besi yang baik bagi kesehatan.

Namun tahukah Anda, jika dikonsumsi secara berlebihan, ternyata buah naga memiliki efek berbahaya ini bagi kesehatan tubuh loh..?

Pasti Anda sudah tak asing dengan buah naga. Buah naga adalah buah yang berasal dari Meksiko. Buah naga memiliki nama latin Hylocereus dan Selenicereus. Dalam bahasa Inggris, buah naga disebut dengan dragon fruit.

Terdapat beberapa jenis buah naga yang dikenal secara luas yaitu Hylocereus undatus (buah berwarna merah dengan dagingnya berwarna putih), Hylocerus polyrhizus (buahnya berwarna merah muda dengan daging berwarna merah), Hylocerus costaricensis (buah dan dagingnya berwarna merah tua), Selenicereus megalanthus (buah berwarna kuning dengan daging berwarna putih).

Seperti yang kami paparkan diatas, semua jenis buah naga kaya akan vitamin terutama kandungan mineralnya seperti vitamin C, B1, B2, B12, Protein, Serat, Kalsium, dan Zat besi.

Dalam dunia medis, manfaat buah naga bagai kesehatanpun tak maian-main, diantaranya adalah sebagai Antipenuaan, pencegah kanker, kesehatan jantung, peningkat kekebalan tubuh, pereda batuk dan asma, penurun berat badan alami serta baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Karena begitu banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Saat ini buah naga telah dibudidayakan di negara - negara Amerika Tengah, Amerika Selatan dan juga di wilayah Asia yang meliputi Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia, dan Malaysia.

Nah, meski buah naga memiliki segudang manfaat kesehatan. Ternyata buah naga memiliki dampak yang tidak baik untuk kita yang mengkonsumsinya berlebihan apalagi terlalu banyak dalam jangka pendek.

Lalu, apa saja dampak buruk buah naga? Yuk, langsung kita simak saja.

Efek Samping Buah Naga Jika Dikonsumsi Berlebihan

Meski Banyak Manfaat, 4 Efek Samping Buah Naga Ini Tak Boleh Anda Sepelekan

ahealtytalk.com

Dilansir dari liputan6.com, selain khasiat yang menggiurkan Anda juga harus waspada efek samping buah naga, diantaranya;

1. Menyebabkan Maag

Kandungan asam yang cukup tinggi dalam buah naga jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan maag dalam tubuh kambuh.

Selain itu, meski sehat untuk ibu dan janin, efek samping buah naga untuk ibu hamil bisa menyebabkan rasa mual.

2. Memicu Diabetes

Jika dikonsumsi secara teratur, sebenarnya buah naga bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Namun jika mengonsumsinya secara berlebihan efek samping buah naga bagi penderita diabetes justru akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh, sehingga memicu dan memperparah penyakit diabetes.

Baca Juga: Ternyata, Kebiasaan Sederhana Bumil Ini Bisa Membuat Bayi Terlahir Dengan Cerdas

3. Menyebabkan Diare

Buah naga yang mengandung asam juga bisa menyebabkan diare. Jangan pernah mengkonsumsinya sebelum makan, karena akan meningkatkan kerja usus secara berlebihan dan semakin memperparah kondisi usus.

4. Penyebab Kembung

Efek samping buah naga bagi tubuh selanjutnya adalah menyebabkan kembung.

Kembung yang disebabkan oleh buah naga, disebabkan oleh kandungan mineral yang terdapat di dalamnya.

Sekali lagi, efek samping ini bisa timbul jika mengkonsumsi buah naga secara berlebihan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan khasiat baik dari buah naga, konsumsilah buah tersebut sesuai takaran yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Karena pada dasarnya, apapun itu, jika dikonsumsi berlebih justru malah tidak baik bagi tubuh Anda.