Jangan Resah! Berikut Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah

 23 Feb 2019  Khoirul Rizky F
Jangan Resah! Berikut Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah

Image Source: drweil.com

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang mulai banyak dikeluhkan oleh masyarakat indonesia. Jika tidak segera dikendalikan, kolesterol yang terlampau tinggi dapat membuat terkena stroke hingga serangan jantung.

Namun jangan khawatir, cara menurunkan kolesterol tinggi dapat menggunakan makanan-makanan penurun kolesterol dan buah-buahan penurun kolesterol. Lalu bagaimana cara menurunkan kolesterol?

Bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol yang tinggi? Bagaimana cara alami menurunkan kolesterol? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Makanan-makanan Penurun Kolesterol

Jangan Resah! Berikut Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah
Image Source: lombokita.com

1. Dengan minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu makanan penurun kolesterol. Karena, minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Kedua nutrisi tersebut yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan dapat menaikkan kolesterol baik (HDL).

2. Dengan kacang kedelai

Berbagai makanan yang berasal dari kacang kedelai seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai, atau kembang tahu mengandung zat isoflavon. Zat isoflavon ini berfungsi sebagai zat yang dapat menekan kolesterol jahat (LDL) supaya tidak berkembang lebih banyak dalam aliran darah.

3. Dengan kacang-kacangan

Kacang-kacangan mempunyai kandungan serat larut yang sangat tinggi. Sehigga dapat membantu untuk mengurangi kadar kolesterol tubuh. Dengan mengkonsumsi kacang seperti buncis, kacang merah, kacang panjang, atau kacang almond secara rutin selama 6 minggu dapat membantu menurunkan kolesterol hingga 10%.

4. Dengan ikan salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan omega-3 yang dapat berguna untuk membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Tidak hanya itu, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik bagi kesehatan dan fungsi kerja organ jantung.

Berikut Buah-buahan Penurun Kolesterol

Jangan Resah! Berikut Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah
Image Source: berkeleywellness.com

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), serta dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung beta-sistosterol, sejenis lemak nabati yang berfungsi untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

2. Jambu biji

Jambu biji kaya akan kandungan kalium dan serat larut yang dapat berguna untuk membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya juga dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah berbagai penyakit jantung.

3. Apel

Apel mempunyai kandungan pektin. Pektin merupakan sejenis serat larut yang dapat membantu untuk membilas kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Selain itu, pektin ini bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan dan mengeluarkannya lewat urine dan feses.

4. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk dapat berguna untuk membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, buah jeruk juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol dari makanan. Dan juga buah ini mengandung d-limone, yaitu senyawa kimia yang dapat membantu melarutkan kolesterol dalam tubuh.

Demikian penjelasan diatas tentang bagaimana cara untuk menurunkan kolesterol. Semoga bermanfaat!

KOMENTAR