5 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

 11 Feb 2019  Khoirul Rizky F
5 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

Image Source: hagerstownderm.com

Kutil merupakan jenis pertumbuhan kulit berlebih yang disebabkan oleh virus. Tumbuhnya benjolan kulit berlebih dan biasanya berwujud seperti kembang kol pada tubuh, dan tergolong sebagai tumor jinak yang disebabkan oleh virus. Kebanyakan penyebab dari pertumbuhan kulit disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV).

Virus ini menginfeksi dengan cepat lapisan atas kulit. Anda bisa terinfeksi virus ini apabila ada luka di kulit atau juga bisa tertular bila menyentuh seseorang yang memiliki virus tersebut. Virus ini biasanya juga menyebabkan penyakit yang berbeda pada bagian tubuh yang berbeda. Kondisi ini biasanya terjadi pada tangan, lengan, dan kaki. Lalu bagaimana cara menghilangkan kutil?

Bagaimana cara menghilangkan kutil? Bagaimana cara menghilangkan kutil secara alami? Yuk simak dibawah ini.

Berikut Berbagai Cara Menghilangkan Kutil

5 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

Image Source: hellodoktor.com

1. Menggunakan buah pisang

Buah pisang mempunyai kandungan enzim yang dapat berguna untuk membantu membuat jaringan kutil menghilang.

Caranya, gosokkan permukaan dalam kulit pisang pada bagian tubuh yang terdapat kutil. Lakukan secara rutin sampai benjolan kulit berlebih akibat virus HPV tersebut menghilang.

2. Menggunakan vitamin C dan lemon

Vitamin C dapat berguna untuk membantu melawan virus-virus, sedangkan keasaman dari perasan air lemon juga membantu vitamin C agar virus mati.

Caranya, campurkan tablet vitamin C yang sudah halus dengan perasan air lemon sampai menjadi pasta. Lalu oleskan obat cara menghilangkan kutil ini ke bagian kutil, tutup dengan perban, dan Lakukan secara rutin sampai kutil mengecil atau hilang.

3. Menggunakan daun basil

Daun basil mempunyai kandungan antivirus yang dianggap dapat membantu dalam mengatasi virus. Sehingga, daun basil juga bisa dicoba dan dijadikan sebagai cara menghilangkan kutil.

Caranya, hancurkan ¼  cangkir daun basil sampai halus dan campurkan sedikit air, lalu oleskan ke area kutil dan tutup dengan perban. Lakukan secara rutin sampai kutil menghilang.

4. Menggunakan madu

Madu mempunyai sifat antibakteri dan antivirusnya. Madu dapat berguna untuk membantu menutup keluarnya oksigen di dalam kulit yang terdapat kutil, sehingga bisa membunuh virus di dalamnya.

Caranya, oleskan madu ke area kutil dan tutup dengan perban. Ganti setiap 24 jam sekali dan lakukan secara rutin sampai kutil mengecil.

5. Menggunakan cuka apel

Cuka apel mengandung zat asam yang diyakini bisa membunuh beberapa jenis bakteri dan virus penyebab kutil.

Caranya, celupkan cotton bud ke wadah yang telah diisi cuka apel. Kemudian tempelkan cotton bud di area yang ditumbuhi kutil selama semalaman dan lepaskan keesokan paginya. Lakukan secara rutin setiap malam.

Demikian penjelasan diatas tentang gimana cara menghilangkan kutil secara alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!