Disebut Bulan Haram, Apa Saja Amalan Bulan Rajab yang Bisa Dilakukan?

 14 Feb 2019  Wahyu Fajar
Disebut Bulan Haram, Apa Saja Amalan Bulan Rajab yang Bisa Dilakukan?

Image Source: tribunnews.com 

Amalan Bulan Rajab - Bulan Rajab merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan dan merupakan salah satu dari empat bulan haram. Di bulan rajab dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah. Dari Abu Bakroh, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

“Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679)

Jadi empat bulan suci yang dimaksud adalah Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Bulan rajab merupakan bulan yang terletak diantara bulan Jumadil akhir dan bulan Sya’ban. Bulan rajab merupakan salah satu bulan haram (suci) seperti yang dijelaskan di dalam Firman Allah Swt dalam QS. At-Taubah ayat 36 yang berbunyi.

نَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa".

Amalan-amalan dibulan rajab

Apa saja amalan di bulan rajab? Sesungguhnya tidak ada amalan–amalan yang dikhususkan untuk diamalkan di bulan rajab. Namun, bulan rajab merupakan salah satu bulan yang sangat mulia dan sangat baik untuk melaksanakan amalan–amalan ketaatan. Bahkan banyak hadist–hadist yang menjelaskan betapa istimewanya bulan rajab dan balasan kelak bagi orang yang melakukan amalan di bulan rajab.

1. Membaca doa awal bulan rajab

Apa amalan bulan rajab? Sesungguhnya membaca doa awal bulan rajab yang selama ini kita amalkan bukan tanpa alasan atau tanpa dasar hukum. Dalam sebuah hadist di jelaskan bahwa Rasulullah Saw selama hidupnya ketika memasuki bulan Rajab beliau membaca sebuah doa. Doa tersebut adalah sebagai berikut.

Dan hadist yang menjelaskan hal tersebut di atas adalah

Disebut Bulan Haram, Apa Saja Amalan Bulan Rajab yang Bisa Dilakukan?

Image Source: warohmah.com

Artinya: "Dulu ketika Rasulullah Saw memasuki bulan rajab, beliau membaca : "Ya Allah , berkahilah kami di bulan Rajab , Sa'ban ini dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan."

Baca Juga:

2. Menunaikan puasa sunnah  dibulan rajab

Apa amalan di bulan rajab?Berpuasa merupakan suatu bentuk amal ibadah yang di syariatkan untuk dikerjakan di bulan rajab. Walaupun sesungguhnya menjalankan puasa kapanpun boleh atau semua waktu disyariatkan. Kecuali bulan ramadhan, hari raya dan hari tasyrik. Karena bulan ramadhan merupakan bulan yang diwajibkan untuk berpuasa, hari raya dan hari tasyrik di haramkan untuk mengerjakan puasa.

Berikut adalah dasar hadist menunaikan ibadah puasa rajab :

Disebut Bulan Haram, Apa Saja Amalan Bulan Rajab yang Bisa Dilakukan?

Image Source: warohmah.com

Dalam sebuah riwayat yang diriwayatkan oleh imam muslim dijelaskan bahwa Rasulullah Saw bersabda: "Seutama–seutama puasa setelah puasa ramadhan adalah puasa di bulan haram (bulan dzulqo’dah, dzulhijjah, muharram dan rajab).

Riwayat Abu Fath, dari Al-Hasan berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda : "Rajab itu Bulan AllaH Swt, Sa’ban bulanku dan Ramadhan bulan Umatku."
Riwayat dari At-Tabarani dari Sya’id bin Rasyid dijelaskan bahwa: "Barangsiapa yang berpuasa sehari di bulan rajab, ia laksana berpuasa setahun. Apabila ia berpuasa tujuh hari maka akan ditutupkanlah dari ia pintu neraka jahannam, dan barangsiapa berpuasa delapan hari maka untuknya delapan pintu surga dan bila berpuasa delapan hari maka Allah Swt akan mengabulkan semua permohonannya." (HR. At-Tabarani)

3. Membaca shalawat Nabi

Apakah ada amalan bulan rajab? Selain berpuasa, amalan lain yang dapat kita kerjakan di bulan rajab adalah membaca shalawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw.

Shalawat yang dapat dibaca tiap hari dibulan rajab yaitu sebagai berikut.

Disebut Bulan Haram, Apa Saja Amalan Bulan Rajab yang Bisa Dilakukan?

Image Source: warohmah.com

Dan dalam sebuah riwayat juga dijelaskan bahwa seseorang yang membaca shalawat dibulan rajab, maka ia akan mendapatkan sungai yang ada disurga yang bernama sungai rajab. Dan digambarkan pula sungai rajab warna putihnya lebih putih dari susu dan manisnya lebih manis di banding madu.

4. Perbanyak istighfar

Rasulullah saw juga bersabda: “Bulan Rajab adalah bulan permohonan pengampunan bagi ummatku, maka hendaknya mereka memperbanyak istighfar di dalamnya.” Yakni:

 اَسْتَغْفِرُ اللهَ وَاَتُوبُ اِلَيْهِ

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya"
Rasululah Saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca di bulan Rajab Istighfar berikut sebanyak 100 kali dan mengakhirnya dengan bersedekah, Allah akan mengakhirinya dengan rahmat dan maghfirah. Barangsiapa yang membacanya 400 kali, Allah memcatat baginya pahala 100 syuhada’:

اَسْتَغْفِرُ اللهَ لا اِلهَ إِلاّ هُوَ وَحْدَهُ لا شَريكَ لَهُ وَاَتُوبُ اِلَيْهِ

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, tiada Tuhan kecuali Dia Yang Maha Esa, Yang tiada sekutu bagi-Nya, aku bertaubat kepada-Nya.

5. Melaksanakan shalat sunnah

Amalan apa saja di bulan rajab? Rasulullah Saw bersabda: "Barangsiapa yang melakukan shalat sunnah empat rakaat (2 kali salam) pada hari Jum’at di bulan rajab antara shalat dzuhur dan ashar. "

  • Setiap rakaat setelah Fatihah membaca ayat Kursi tujuh kali dan Surat Al-Ikhlash. 
  • Kemudian sesudah salam membaca "ASTAGHFIRULLAHALLADZI LAILAHA ILLA HUWA WA AS-ALUHUT TAUBAH" (10 kali). 
Jika itu dilakukan maka:
  • Allah mencatat baginya dari hari itu (hari ia melakukan shalat) sampai hari kematiannya setiap hari seribu kebaikan dan memberinya untuk setiap ayat yang ia baca satu kota di surga dari yaqut merah. Untuk setiap hurufnya satu istana di surga dari mutiara. 
  • Diberinya pasangan bidadari dan diridhai tanpa sedikitpun murka dan Allah mencatatnya sebagai orang-orang ahli ibadah. 
  • Mengakhiri hidupnya dengan kebahagiaan dan pengampunan yang terbaik. 
Demikian apa saja amalan di bulan rajab yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR