Waspada Fenomena Supermoon 19 Hingga 22 Januari 2019, Jauhi Pantai

Komentar

Gambar ilustrasi gelombang tinggi (tribunnews.com)

Mohon perhatikan...

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar menjauhi pantai mulai 19 hingga 22 Januari 2019. Sebab, air laut akan terjadi pada tingkatan paling maksimum.

Berikut wilayah-wilayah yang paling diwaspadai menurut  BMKG...

Ada fenomena supermoon yang bakal terjadi pada 19 hingga 22 Januari 2019.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar menjauhi pantai pada tanggal tersebut. Berarti malam minggu ini hingga senin.

Himbauan tersebut diungkapkan BMKG melalui akun Instagram resminya @infobmkg pada Jumat (18/1/2019).

"Adanya fenomena supermoon disertai dengan bulan purnama dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia," tulis BMKG.

Wilayah yang paling diwaspadai

Supermoon ini adalah fenomena di mana bulan berada di posisi perigee atau jarak paling dekat dengan bumi dan disertai bulan purnama.

Adapun, masyarakat yang wajib waspada pada 19-22 Januari 2019 ini adalah yang berada di pesisir utara DKI Jakarta, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, pesisir Cilacap, pesisir Tanjung Benoa Bali, pesisir Kalimantan Barat, dan pesisir Makassar Sulawesi Selatan.

"Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan," tulis BMKG lagi.

Oleh karena itu, BMKG menekankan agar masyarakat pesisir selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena ini.

Berikut unggahan resmi BMKG:

Top