Supir Angkot Tewas Mengenaskan Akibat Pesta Durian, Hati-hati 5 Efek Samping Ini

 21 Jan 2019  Cheryl mikayla
Supir Angkot Tewas Mengenaskan Akibat Pesta Durian, Hati-hati 5 Efek Samping Ini

Kebanyakan Makan Durian, Supir Angkot Tewas dengan Pembuluh Darah Pecah (foto: inilahjambi.com)

Hidung keluar darah, sopir angkot tewas setelah makan durian! Kok bisa??

Peringatan keras bagi Anda pecinta durian, makanlah sewajarnya namun jangan sampai kelebihan.

Selain bisa berakibat kematian, ini 5 efek samping paling nyata akibat terlalu banyak konsumsi durian...

Peritiwa nahas terjadi pada Sabtu (19/1/2019) malam, seorang sopir angkot ditemukan tewas dengan keadaan darah keluar dari hidung di Kampung Kolek, Desa Curug Wetan, Curug, Kabupaten Tangerang.

Menurut laporan pihak polisi, korban bernama Adie Syarifudin (53) dan berdasarkan keterangan keluarga, Adie juga memiliki riwayat penyakit darah tinggi.

Kasat Reskrim Polres Tangerang Selatan, AKP Alexander Yurikho mengatakan, satu hari sebelum ditemukan meninggal, Adie sempat memakan durian dalam jumlah yang banyak.

“Diduga korban meninggal karena sakit darah tinggi dan memakan durian,” kata Alexander, Minggu (20/1/2019), seperti kami kutip dari intisari.grid.id.

Hal ini lantas mengakibatkan pecah pembuluh darah dan darahnya keluar dari hidung.” ucapnya menambahkan.

Ketika pertama kali ditemukan, rekan Adie curiga karena ia tidak menarik penumpang sejak pagi.

Ketika mereka menghampiri angkot korban, mereka menemukan korban sudah tewas.

Sekira pukul 12.00 WIB, saksi melihat korban sudah terlentang dan darah keluar dari hidung,” kata Alexander.

Memang penyebab belum bisa dikonfirmasi karena keluarga menolak melakukan otopsi.

Belajar dari kasus ini, seberapa bahaya durian jika dikonsumsi berlebihan?

Dilansir dari kumparan.com, seorang dokter gizi yang membuka praktik di RS Siloam Jakarta, Dr Inge Permadhi, SpGK menjelaskan sedikitnya lima jenis efek samping bahaya dari makan durian terlalu banyak.

Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Kolesterol Tinggi

Durian yang telalu matang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Memakannya secara berlebihan akan memancing kadar kolesterol naik.

Kolesterol tinggi dapat memicu beragam penyakit kronis, seperti asam urat dan penumpukan plak pada pembuluh darah yang akan berujung pada stroke dan gagal jantung.

"Durian sebenarnya sehat, mengandung lemak nabati yang baik untuk tubuh. Namun, buah ini cenderung memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Hal inilah yang menyebabkan kolesterol tinggi," ujar Dr Inge Permadhi, SpGK.

Jadi tak heran jika orang memiliki riwayat darah tinggi kemudian mengalami stroke akibat terlalu banyak konsumsi durian.

2. Jantung Berdebar

Begitu pula bagi Anda yang sehat, saat mengkonsumsi durian secara berlebihan, kandungan alkohol dan lemak tak jenuh didalamnya akan membuat detak jantung terpacu lebih cepat.

Kondisi tersebut akan semakin parah jika dialami oleh penderita penyakit jantung. Oleh sebab itu, sebaiknya penderita penyakit jantung membatasi mengkonsumsi durian.

"Apabila makan durian terus menerus, alkohol yang ada didalamnya akan mempercepat pacu jantung," jelasnya.

3. Memicu Obesitas

Tak hanya mengandung lemak tak jenuh, durian juga kaya akan gula alami, yaitu fruktosa dan sukroksa. Sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak maka akan menyebabkan obesitas.

Oleh sebab itu, Dr Inge menganjurkan untuk memilih asupan makanan dengan gizi yang seimbang agar mencegah timbulnya risiko obesitas.

4. Menyebabkan Diabetes 

Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang akan timbul jika mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula terlalu banyak. Salah satunya durian.

Jika sudah terjadi, maka akan berisiko munculnya beragam komplikasi pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, hingga saraf.

"Durian itu mempunyai rasa manis, nah rasa manisnya itu yang bisa memicu diabetes melitus. Apalagi jika terus dikonsumsi terus menerus, sebaiknya batasi," katanya lagi.

Baca Juga:

5. Menantang Kerja Pankreas

Dokter yang juga membuka praktik di RS Siloam ini mengungkapkan bahwa durian yang telah mengarak atau terlalu matang mengandung alkohol. Dan jika terus dikonsumsi akan memicu beragam penyakit, salah satunya membuat lelah kerja pankreas.

"Kandungan gula yang terdapat pada durian terlalu matang, akan membuat kerja pankreas semakin keras untuk menghasilkan insulin, jika dibiarkan, dapat memicu kerusakan sel-sel pada pankreas yang berujung pada obesitas," pungkasnya.

Nah itulah sederet fakta tentang bahaya konsumsi durian berlebih. Apapun itu, jika di konsumsi berlebihan memang tak baik.

Oleh sebab itu, konsumsilah sesuatu secara wajar agar tak berdampak buruk bagi kesehatan Anda.