8 Manfaat Minyak Kayu Putih, Ternyata Bisa Jadi Obat Jerawat Juga

Komentar

Image Source: cdn.idntimes.com

Minyak kayu putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Baunya yang khas membuat orang yang menghirupnya menjadi lebih tenang dan lebih fresh. Namun, selain manfaat tersebut, ternyata minyak kayu putih menyimpan manfaat lain yang lebih banyak lagi dan mungkin belum Anda ketahui. Apa saja manfaat minyak kayu putih?


Manfaat minyak kayu putih

1. Penyembuhan luka

Minyak kayu putih mengandung bahan aktif seperti citronellol, citronellal, dan 1,8-cineole, yang membuatnya berfungsi sebagai antibakteri. Mengoleskan minyak kayu putih di area sekitar luka dapat melindungi luka terbuka atau daerah yang teriritasi dari infeksi yang disebabkan oleh mikroba dan paparan udara. Dengan kandungannya ini, minyak kayu putih biasanya ditambahkan pada beberapa produk plester untuk mengobati infeksi atau luka pada kulit. Selain itu, krim untuk menyembuhkan luka pun banyak yang mengandung minyak kayu putih di dalamnya.

2. Penghilang rasa sakit

Manfaat minyak kayu putih sebagai pereda rasa sakit atau analgesik alami sudah cukup terkenal. Menggunakan minyak ini untuk penggunaan luar maupun dalam bisa meredakan rasa sakit apa pun. Ketika sedang sakit gigi atau mengalami infeksi di gigi, cobalah teteskan minyak kayu putih ini untuk segera meredakan rasa sakitnya. Bagi yang sering sakit kepala, manfaatkanlah minyak esensial ini. Pijatkan minyak kayu putih ke dahi, dan Anda akan merasakan kelegaan langsung tanpa harus minum obat kimiawi.

3. Penurun demam

Minyak kayu putih punya dua cara dalam hal menurunkan demam. Pertama, minyak ini melawan infeksi-infeksi yang membuat suhu tubuh kita meningkat. Kemudian berusaha menyingkirkan infeksi dari dalam tubuh, minyak ini juga merangsang kelenjar-kelenjar keringat yang dapat membantu mendinginkan suhu tubuh kita.

4. Perawatan kulit

Apa manfaat minyak kayu putih untuk wajah? Minyak esensial kayu putih berfungsi sebagai astringen ampuh sehingga layak dijadikan perawatan kulit rutin kita. Kemampuan antibakteri yang dimilikinya bukan cuman dapat mencegah infeksi dan noda di kulit, tetapi juga membantu meratakan serta mencerahkan warna kulit kita. Bahkan, minyak kayu putih sering dijadikan salah satu bahan dari produk kosmetik dan krim antiseptik.

5. Menghilangkan nyeri sendi

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kayu putih dapat membantu meringankan nyeri pada persendian. Pemakaian minyak kayu putih direkomendasikan untuk Anda yang menderita rematik, sakit pinggang, terkilir, otot kaku, pegal-pegal, dan nyeri saraf. Mengoleskan minyak kayu putih pada daerah sendi atau otot yang terasa nyeri dan memijatnya dapat membantu meringankan tekanan dan nyeri pada sendi dan otot tersebut. Karena minyak kayu putih memiliki efek relaksasi pada sistem saraf dan otot. Minyak kayu putih dapat meningkatkan aliran darah pada area yang terasa nyeri sehingga dapat mengurangi peradangan.

6. Meredakan masalah pernapasan

Apa manfaat menghirup minyak kayu putih? Minyak kayu putih dapat meredakan masalah pernapasan, seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, asma, bronkitis, dan sinusitis. Menghirup uap minyak kayu putih  juga dapat meringankan pilek dan hidung tersumbat. Karena kandungan antibakteri dalam minyak kayu putih dapat menghilangkan bakteri pada saluran pernapasan. Uap minyak kayu putih juga sebagai dekongestan apabila dihirup dapat membantu mengurangi hidung tersumbat dan gejala bronkitis. Selain dengan cara dihirup, mengoleskan minyak kayu putih ke bagian dada dan tenggorokan juga mampu meredakan gejala batuk dan pilek.

7. Menebalkan rambut

Apa manfaat minyak kayu putih untuk rambut? Minyak kayu putih punya kandungan yang bisa membersihkan dan meremajakan kulit kepala sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Kayu putih juga membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga racun tidak menumpuk di kulit kepala supaya akar rambut mendapatkan nutrisi serta oksigen yang cukup untuk tumbuh. Minyak kayu putih juga bersifat anti-inflamasi, antibakteri sehingga akar rambut kuat dan tidak mudah rontok.
Caranya:
  • Campur 2 sdm minyak zaitun dan 10 tetes minyak kayu putih di mangkuk, hangatkan di atas air panas. 
  • Jangan dihangatkan di atas api atau microwave, nutrisinya akan hilang. 
  • Cuci rambut dan keringkan. 
  • Kemudian oles pada kulit kepala yang sudah bersih. 
  • Pijat-pijat sebentar agar meresap.
  • Bungkus rambut yang sudah dioles minyak dengan handuk basah yang hangat. 
  • Biarkan kurang lebih 20 menit, dan keramas lah. 
  • Lakukan 3-4 kali seminggu secara rutin. 
  • Minyak kayu putih juga memberikan kenyamanan pada kulit rambut karena mendinginkan dan menyegarkan.

8. Menghilangkan jerawat

Apa manfaat minyak kayu putih untuk jerawat? Minyak kayu putih bersifat anti-inflamasi (anti radang) dan anti-bakteri sehingga bisa membunuh bakteri pada jerawat dengan baik. Minyak kayu putih membantu membunuh bakteri di permukaan dan dalam pori-pori, membantu meredakan bengkak merah pada jerawat yang meradang dan membantu mengeringkan jerawat dengan cepat.
Caranya:
  • Bersihkan dahulu wajah Anda dengan cuci muka.
  • Lalu ambil minyak kayu putih dan oleskan pada jerawat dengan cotton bud. 
  • Biarkan hingga minyak kayu putih mengering, oles lagi 2-3 kali jika minyak mengering.

Itulah beberapa manfaat dari minyak kayu putih yang bisa didapatkan. Semoga artikel ini membantu.
Top