10 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Komentar

Image Source: Liputan6.com

Daun sirih memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan sejak dari zaman dahulu. Selain itu, daun sirih juga memiliki kemampuan membunuh bakteri dan jamur serta memiliki peran sebagai antioksidan. Banyak orang yang tahu daun ini salah satu bahan menginang orang tua zaman dahulu. Selain terkenal digunakan untuk menginang, apa manfaat daun sirih untuk kesehatan? Apa saja khasiat daun sirih?

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

1. Mengatasi mimisan

Apa manfaat daun sirih? Khasiat daun sirih yang satu sudah tidak asing digunakan karena sering digunakan untuk mengatasi mimisan. Kandungan antioksidan tannin dalam daun sirih berguna untuk mempercepat respon tubuh dalam menyembuhkan luka yaitu dengan membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung. Kuatnya daya tahan tubuh membuat peradangan atau luka cepat sembuh.

2. Membantu proses penyembuhan luka

Karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, hal ini membuat daun sirih mampu mengatasi stres oksidatif sehingga mampu membantu proses penyembuhan luka dengan lebih cepat.
Caranya:
  • Oleskan daun sirih pada luka. 
  • Kemudian perban luka yang sudah diolesi daun sirih. 
  • Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasilnya.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat daun sirih juga dipercaya mengatasi rasa tidak nyaman pada perut. Caranya, minumlah air rebusan daun sirih. Konsumsi air rebusan ini membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan minyak daun sirih pada perut yang membuat perut terasa lebih nyaman.

4. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat daun sirih bisa Anda rasakan apabila rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih. Efeknya, sistem metabolisme dalam tubuh meningkat. Khasiat daun sirih lainnya juga akan membuat sekresi pencernaan ikut meningkat sekaligus menghilangkan kadar air berlebihan atau racun dari tubuh. Sedangkan serat dari daun sirih membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh sekaligus mengatasi sembelit. Hal ini bisa menurunkan berat badan dengan mudah.

5. Meredakan batuk

Salah satu khasiat daun sirih yang hingga kini masih dipercaya adalah kemampuannya mengatasi batuk. Air rebusan daun sirih mampu mengatasi batuk, karena mengandung Vitamin B, C serta alkaloid untuk mengatasi peradangan penyebab batuk.
Caranya:
  • Siapkan 5 lembar daun sirih. 
  • Rebus dengan 300 ml air selama 15-20 menit. 
  • Minumlah rebusan air daun sirih 1 kali sehari

6. Obat anti jerawat

Apa manfaat daun sirih untuk wajah? Sifat anti-jamur dan anti-bakteri di dalam daun sirih efektif untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah. Sementara minyak esensial di dalamnya akan membantu mendinginkan kulit dan menenangkan jerawat yang membengkak.
Caranya:
  • Gunakan daun sirih yang sudah diseduh dengan air panas. 
  • Tempelkan lembaran daunnya yang sudah layu pada wajah. 
  • Airnya juga bisa digunakan untuk mencuci wajah.

7. Mengatasi rambut rontok

Apa manfaat daun sirih untuk rambut? Daun sirih dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit pada kulit kepala, mempercepat pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan rambut dan bermanfaat untuk membersihkan rambut.

8. Mengobati nyeri

Tingginya kandungan polifenol bernama chavicol pada daun sirih membuat daun ini memiliki sifat antiinflamasi yang sangat kuat. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih, maka rasa nyeri yang muncul pada tubuh akan hilang.

9. Mengobati tumor

Manfaat daun sirih merah untuk penyakit dalam adalah mengobati tumor. Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada di sirih merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

10. Mengatasi sakit tenggorokan

Apa manfaat daun sirih untuk tubuh? Karena kaya akan kandungan antioksidan, daun sirih memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Cukup banyak obat-obatan yang menggunakan bahan alami dari daun sirih karena mampu mengatasi demam hingga sakit tenggorokan.

Demikian artikel mengenai Apa saja khasiat daun sirih? yang bisa menambah pengetahuan Anda. Semoga bermanfaat.
Top