Tidak Hanya Menyembuhkan Sariawan, Manfaat Buah Sirsak Juga Cegah Kanker

 26 Jan 2019  Wahyu Fajar
Tidak Hanya Menyembuhkan Sariawan, Manfaat Buah Sirsak Juga Cegah Kanker

Image Source: kumparan.com

Buah sirsak memiliki rasa yang sangat populer dikalangan masyarakat, rasanya yang asam dan menyegarkan. Buah sirsak memiliki beberapa manfaat yang menakjubkan bagi yang mengonsumsinya. 

Kandungan yang terdapat dalam sirsak mampu menyembuhkan berbagai masalah kulit, bahkan katanya dapat menyembuhkan kanker tertentu. Apa manfaat buah sirsak untuk kesehatan?

Manfaat buah sirsak bagi kesehatan

1. Mencegah penyakit kanker

Apa manfaat memakan buah sirsak? Penelitian mengungkapkan bahwa sirsak mengandung turunan asam lemak yang disebut annonaceous acetogenins. Senyawa ini dapat dikaitkan dengan pencegahan kanker dan pengurangan ukuran tumor. Penelitian lain mengungkap bahwa kandungan dalam sirsak dapat dipakai sebagai alternatif untuk pengobatan kanker.  Acetogenins dalam sirsak diduga dapat memotong perkembangan sel yang tidak normal dari aliran darah. Sering kali sirsak dikaitkan dengan sebagai salah satu pengobatan untuk kanker payudara, prostat, dan paru-paru.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Apa manfaat buah sirsak untuk tubuh? Nutrisi yang terkandung dalam sirsak adalah vitamin C, B1, dan B2. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, sebab vitamin tersebut akan menstimulasi pembentukan sel darah putih. Vitamin tersebut juga merupakan jenis antioksidan yang dapat mencegah penyakit kronis.

3. Mengobati sariawan 

Selain nutrisi yang melimpah, apa saja khasiat buah sirsak? Buah sirsak juga kaya akan Vitamin C-nya. Banyaknya kandungan vitamin ini dapat membuat sariawan yang kamu derita berangsur sembuh. Kamu bisa mengolah sirsak menjadi jus buah, sop buah, atau smoothie yang lembut dan menyegarkan. Atau, untuk praktisnya, konsumsi saja Buavita Sirsak yang dapat diminum dalam suasana apapun.

4. Kesehatan kulit

Apa manfaat buah sirsak untuk kecantikan? Biji sirsak dapat digunakan sebagai penyegar untuk kulit. Ketika Anda menghancurkan biji dan buah sirsak bisa diaplikasikan pada kulit, hal tersebut dapat membawa manfaat pada kulit. Sirsak mampu mengurangi garis-garis kerutan, serta mengurangi gejala penuaan kulit. Antioksidan dalam sirsak mampu meremajakan kulit dan melindungi kulit dari infeksi bakteri.

5. Membersihkan saluran pencernaan

Selain buahnya, Anda juga bisa menggunakan daun sirsak untuk pengobatan yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Daunnya dapat dikonsumsi dengan cara menyeduhnya seperti teh. Daun dan daging sirsak dapat digunakan untuk membersihkan usus, dan sistem gastrointestinal Anda akan lancar. Karena sirsak dapat menstimulasi hormon diuretik. Vitamin C pada sirsak dapat menguatkan kekebalan tubuh, termasuk Alkaloid dan kuinolon. Komponen tersebut merupakan antiperadangan yang dapat mengurangi parasit di usus, serta mengurangi rasa nyeri dan sakit di perut.

6. Baik untuk ibu hamil

Apa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil? Buah sirsak untuk ibu hamil sangatlah besar manfaatnya, kita tahu pasti bahwasannya ibu hamil pastinya membutuhkan lebih banyak asupan gizi agar tumbuh kembang si buah hati kecilnya begitu juga bagi dirinya sendiri, Berikut ini beberapa manfaat buah sirsak bagi ibu hamil:

  • Buah sirsak ini memiliki kandungan kalsium dan fosfor, sehingga kandungan sirsak ini akan memperkuat tulang janin yang dikandung.
  • Membersihkan rahim yang sudah menjadi obat herbal alami bagi wanita.
  • Menurunkan risiko diabetes kepada ibu pada saat kehamilan.

7. Mengobati penyakit kolesterol

Karena banyaknya kandungan serat pada buah sirsak maka mengonsumsinya sangatlah bagus untuk memperlancar sistem pencernaan pada tubuh kita, fungsi dari serat tersebut yaitu mampu memperlancar proses metabolisme dan pencernaan pada tubuh manusia. Dengan mengonsumsi 100 gram buah sirsak Anda sudah memenuhi kebutuhan serat harian tubuh. Selain itu dengan mengonsumsi buah ini akan mempermudah tubuh untuk melakukan penyerapan terhadap kolesterol jahat karena kandungan serat yang tinggi sehingga kolesterol jahat dapat keluar dari dalam tubuh.

8. Membantu menyembuhkan nyeri

Senyawa antiperadangan tidak hanya meredakan nyeri di perut, tetapi juga meredakan nyeri sendi atau peradangan seperti arthritis. Rasa nyeri dapat diredakan dengan cara mengggosokkan buah sirsak pada bagian tubuh yang nyeri. Manfaat lain yang didapat adalah meningkatkan fleksibilitas.

Itulah beberapa apa saja khasiat buah sirsak? yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya secara rutin. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu.