8 Manfaat Buah Apel, Mulai Cegah Kanker Hingga Mengobati Asma

Komentar

Image Source: pixabay.com/stevepb

Buah apel banyak kita temui dipasaran, selain memiliki rasa yang manis dan segar. Buah apel miliki beberapa manfaat yang bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh. 

Beragam manfaat buah ini bisa didapat dengan mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Apa saja khasiat dari buah apel? Apa manfaat buah apel bagi tubuh? 

Manfaat buah apel bagi kesehatan

1. Menjaga kesehatan otak

Apel mengandung antioksidan kuersetin dan flavonoid yang dapat mengurangi matinya sel saraf akibat penuaan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit apel dapat membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat apel memiliki efek yang sangat baik untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan stroke.

2. Mencegah kanker

Apa manfaat buah apel bagi tubuh? Menurut penelitian, manfaat apel yang bisa didapat dengan mengonsumsi satu buah apel setiap hari secara rutin, adalah menurunnya risiko kanker kolorektal, kerongkongan, paru-paru, mulut, dan payudara. Efek pencegah kanker ini bisa diperoleh dari manfaat apel yang mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan. Tetapi, manfaat apel sebagai pencegah kanker masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

3. Menurunkan kolesterol

Manfaat apel bagi kesehatan selanjutnya yang bisa dirasakan tubuh adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi buah apel setiap hari, dipercaya dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 15%. Karena buah apel memiliki serat yang tinggi, buah apel ini mampu mengikat lemak dalam tubuh yang kemudian akan dibuang oleh tubuh.

4. Memelihara kesehatan usus

Apel memiliki serat larut dan tidak larut yang membantu melancarkan buang air besar. Mendapatkan manfaat apel yang satu ini disarankan mengonsumsi buah apel dengan kulitnya, karena kulit buah apel mengandung banyak serat dan antioksidan. Selain mengandung banyak serat dan antioksidan, kandungan pektin pada apel dapat memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan yang dapat membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh.

5. Mengatasi sembelit

Apa manfaat buah apel untuk ibu hamil? Sembelit sering terjadi pada ibu hamil yang disebabkan karena kurangnya asupan serat dalam tubuh. Serat pada makanan berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Jika sembelit tidak segera diatasi dapat membahayakan kesehatan janin karena zat racun tidak bisa keluar dari tubuh ibu hamil.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Apa manfaat buah apel untuk wajah? Manfaat buah apel bagi kesehatan yang jarang orang ketahui adalah kemampuannya menjaga kesehatan kulit. Manfaat apel sangat baik untuk kesehatan kulit apabila Anda mengonsumsinya secara rutin. Bagi wanita kulit merupakan salah satu faktor yang memengaruhi penampilan.  Sementara khasiat buah apel yang bisa didapat lainnya yaitu untuk menghilangkan noda bekas jerawat sehingga penampilan kulit terlihat sehat dari luar dan kulit menjadi bersih dan sehat.

7. Menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel tiga kali sehari dapat menurunkan berat badan dalam waktu 12 minggu. Manfaat apel untuk membantu menjaga berat badan ini diperoleh dari kandungan air dan serat yang tinggi pada apel, sehingga membuat lebih cepat kenyang dan membantu mengurangi porsi makan berlebih.

8. Mengobati Asma

Apa manfaat buah apel untuk kesehatan? Selain dapat menurunkan risiko kanker, buah apel yang rutin dikonsumsi ternyata juga mampu mengobati penyakit saluran pernapasan yaitu asma. Terkait dengan pengobatan penyakit asma, manfaat buah apel ini memiliki kandungan quercetin yang tinggi. Kandungan quercetin ini bisa menjadi anti-histamin dan antioksidan untuk mengurangi penyakit asma.
Top