Bukan Sekedar Update, Ini 12 Kegunaan Berita Bagi Pelajar

 31 Jan 2019  Cheryl mikayla
Bukan Sekedar Update, Ini 12 Kegunaan Berita Bagi Pelajar

Gambar ilustrasi dilansir dari  pro.co.id

Mengapa pelajar harus baca berita?

Jendela dunia tak hanya dari buku, namun juga dari berita. Dan, beberapa hal penting ini bakal mereka lewatkan jika malas membaca berita.

Apa itu berita? Terdapat beberapa pengertian berita. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, yang dimaksud dengan berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Selain itu, berita juga dimaknai sebagai kabar, laporan, pemberitahuan atau pengumuman.

Sedangkan dalam Dictionary Mass Communication, berita adalah laporan kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi. Atau, berita juga dimaknai secara khusus sebagai laporan yang muncul di media massa.

Berita atau news disebut-sebut berasal dari huruf awal empat penjuru mata angin yaitu north-east-west-south. Hal ini menunjukkan bahwa berita dapat datang dari mana saja. Yang perlu dipahami pula adalah berita berbeda dengan informasi atau penyebaran informasi.

Informasi menjadi sebuah berita manakala memiliki nilai berita seperti tepat waktu, kelayakan berita, kedekatan, kontroversi, terkenal, kejadian yang baru terjadi, aneh, emosi, kegunaan, dan nilai-nilai pendidikan. Berbagai kejadian atau peristiwa yang bernilai berita inilah yang dicari oleh jurnalis dan dibutuhkan oleh khalayak.

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang jurnalis akan mencari, mengumpulkan, dan melaporkan suatu kejadian atau peristiwa yang bernilai berita kepada khalayak dengan berpegang pada kode etik wartawan atau kode etik jurnalistik.

Pelaporan suatu kejadian atau peristiwa tersebut ditulis dengan menggunakan beberapa teknik penulisan berita tergantung pada jenis-jenis berita yang hendak disampaikan kepada khalayak.

Di era informasi seperti sekarang ini, kita banyak sekali disuguhkan dengan beragam berita, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Di abad komunikasi massa, kita hanya memperoleh berita melalui media massa seperti surat kabar, televisi, dan radio. Namun sekarang, perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat telah menghasilkan beragam peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang memudahkan kita dapat mengakses berita dengan mudah.

Kini, kita dapat memperoleh beragam berita melalui media massa, media sosial, portal berita, dan lain-lain.

Mengapa pelajar harus membaca berita? Dengan membudayakan membaca berita atau mengupdate informasi dapat membantu untuk menambah wawasan anda serta pengetahuan tentang hal-hal yang sedang update.

Bagaimana jadinya jika seorang pelajar, namun tidak tahu informasi terkini yang sedang terjadi? Nanti yang ada malah dibilang kuper dan ketinggalan zaman.

Namun sebenarnya, hal yang paling penting membaca berita bagi pelajar adalah sebagai berikut:

Manfaat berita untuk pelajar

Bukan Sekedar Update, Ini 12 Kegunaan Berita Bagi Pelajar

News (archive.li)

1. Menambah wawasan pelajar dalam berbagai bidang

Salah satu manfaat berita untuk pelajar adalah kita dapat digunakan untuk menambah wawasan pelajar dalam berbagai bidang, tergantung berita apa yang pelajar itu belajar serta dipelajari.

Dengan rajin membaca berita akan membantu untuk menambah wawasan mereka.

2. Dapat digunakan sebagai referensi

Rajin membaca berita juga dapat dimanfaatkan untuk salah satu belajar menganalisis masalah ataupun digunakan untuk referensi ketika terdapat berita-berita yang belum tentu akan kebenarannya.

3. Dapat digunakan untuk menambah informasi baru

Salah satu manfaat berita yang sudah pasti dirasakan oleh pelajar adalah berita dapat dimanfaatkan untuk menambah informasi baru.

Sehingga dengan bertambahnya informasi-informasi baru tersebut dapat membantu pelajar untuk mengeksplor diri serta menambah pengetahuan tentang berbagai bidang.

Berita ini pun juga sering menguak sejarah dimana bagi pelajar manfaat belajar sejarah sangatlah penting untuk menambah pengetahuannya terutama pengetahuan perjuangan di masa lampau.

4. Memperbaharui pengetahuan pelajar

Manfaat lainnya dari membaca berita untuk pelajar adalah dapat dimanfaatkan untuk memperbarui pengetahuan pelajar.

Sebab dengan rajin membaca berita terutama berita berita yang update akan membantu pelajar untuk mengetahui hal-hal apa saja yang kini sedang terjadi.

Pembaharuan pengetahuan pelajar juga dapat diperoleh dari berita-berita luar, maka dari itu sangat penting pula mengandalkan manfaat memperlajari bahasa asing bagi kehidupaan dan untuk masa depan.

5. Digunakan sebagai bahan pertimbangan

Membaca berita juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pelajar ketika mereka para pelajar sedang menganalisis sebuah masalah atau sedang mempelajari tentang bidang-bidang tertentu.

Selain itu membaca berita dari berbagai sumber juga dapat bermanfaat untuk dijadikan bahan pertimbangan akan keakuratan berita tersebut.

Selain dengan berita, pertimbangan ini pun dapat pula dilakukandengan memanfaatkan manfaat musyawarah agar mendapat mufakat dan sesuai dengan pertimbangan yang di ambil.

Baca Juga: Ingin Jadi Orang Pintar Dan Cerdas? Lakukan 3 Cara Cepat, Murah ini Buat asah Kemampuanmu

6. Menambah perbendaharaan kata

Di dalam berita pastinya banyak sekali istilah-istilah yang terkandung belum Anda ketahui, untuk itu salah satu manfaat membaca berita bagi pelajar adalah dapat menambah wawasan serta menambah pembendaharaan kata.

7. Mengklarifikasi berita palsu

Dengan membaca berita dari berbagai macam sumber dapat dimanfaatkan untuk mengklarifikasi apakah berita tersebut termasuk berita palsu ataupun berita tersebut adalah berita benar. Sehingga dengan demikian bagi anda para pelajar tidak akan mudah tertipu Oleh berita-berita palsu.

8. Mendapatkan ilmu baru

Membaca berita dari berbagai bidang dapat dimanfaatkan agar para pelajar mendapatkan ilmu baru dari berbagai bidang tersebut.

Sehingga salah satu manfaat dari membaca berita untuk pelajar adalah menambah ilmu serta menambah wawasan baru untuk para pelajar.

Sebagai pelajar manfaat menuntut ilmu sangatlah penting agar informasi dapat bertambah. Termasuk informasi mengenai manfaat mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kehidupan.

9. Dapat digunakan sebagai bahan pembanding sebuah rumor

Dengan membaca berita maka bagi anda para pelajar dapat memanfaatkan berita tersebut sebagai pembanding sebuah rumor yang sedang terjadi baik di sekitar Anda ataupun di kalangan luas.

10. Digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan

Membaca berita bagi para pelajar juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kewaspadaan pelajar.

Misalnya berita-berita negative terbaru yang berkaitan dengan pelajar, sehingga pelajar dapat lebih hati-hati dan waspada dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

11. Update terhadap berita berita terkini

Rajin membaca berita dapat membuat pelajar menjadi pelajar yang update terhadap berita berita terkin. Sehingga mengetahui berbagai permasalahan serta informasi yang punya sedang aptudet atau sedang menjadi pembicaraan hangat.

12. Mendapatkan informasi tentang tips dan trik terbaru

Bagi pelajar yang rajin membaca berita tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan mendapatkan informasi baik berbentuk tips ataupun Trik terbaru tentang berbagai hal.

Salah satu tips dan trik yang dapat diperoleh adalah mengenai kesehatan, kehidupan, dll.

Itulah 12 manfaat berita untuk pelajar yang paling mendasar. Sebenarnya banyak sekali manfaat manfaat positif bagi pelajar ketika mereka mengupdate berita.

Mengupdate berita juga tidak hanya bermanfaat untuk pelajar saja namun dengan mengupdate berita juga dapat bermanfaat untuk orang lain baik individu maupun kelompok.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah baca berita selain juga buku. Sebab, dengan membaca jendela ilmu bakal terbuka lebar bagi wawasan kalian.

KOMENTAR