Inalillahi Wa Ina Ilaihi Rojiun, Kebakaran di Kalimantan Lenyapkan 50 Rumah dan 1 Gereja

 17 Jan 2019  Dzikir Pikir
Inalillahi Wa Ina Ilaihi Rojiun, Kebakaran di Kalimantan Lenyapkan 50 Rumah dan 1 Gereja

Image screenshot via video yang viral di media sosial.

Terjadi tadi malam Rabu (16/1/2019), pada pukul 22.15 WITA. 

Musibah kebakaran melanda Kota Raja Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar).

Semoga saudara kita disana diberikan keselamatan.

Lokasi kebakaran tepatnya berada di Jalan Danau Semayang dan Jalan Maduningrat, Gang 8, 9 dan 10, di dua RT yakni 014 dan 015, Kelurahan Melayu, Tenggarong. Api menghanguskan sebanyak 50 rumah tinggal dan sebuah bangunan gereja.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar mengatakan, Tim Inafis Polres Kukar akan diturunkan dibantu petugas Polsek Tenggarong untuk melakukan pendataan sekaligus mencari penyebab kebakaran.

"Pagi-pagi kita turunkan tim Inafis untuk langsung melakukan olah TKP," kata Anwar, Kamis (17/1/2019) dini hari lansir Kompas. Kasat Reskrim Polres Kukar, AKP Damus Asa menerangkan, api bermula dari salah satu rumah warga berinisial L (60).

Rumah tersebut ditinggal dalam keadaan kosong. Api kemudian cepat membesar dan langsung merambat ke sejumlah rumah lain, karena daerah tersebut padat pemukiman.

Pemadam kebakaran dan relawan kebakaran Tenggarong kewalahan menangani api, hingga akhirnya pemadam kebakaran dan relawan pemadam api dari Kota Samarinda juga diterjunkan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian meteril diperkirakan hingga miliaran rupiah.

"Sterilisasi awal sudah dilakukan di titik awal mula api berasal pada dini hari setelah api berhasil dipadamkan," sebut dia.

Damus meminta para korban dan warga lain untuk tidak masuk ke TKP, agar tidak mengganggu jalannya pemeriksaan. "Mau diperiksa dulu TKP-nya, kalau petugas selesai melakukan olah TKP, barulah silakan masuk ke areal atau lokasi kebakaran,” sebut dia.