Cara Mengobati Luka Bakar Dengan Bahan Alami

 22 Jan 2019  Wahyu Fajar
Cara Mengobati Luka Bakar Dengan Bahan Alami

Image Source: alodokter.com

Luka bakar dapat merusak jaringan otot, tulang, pembuluh darah dan jaringan epidermal yang mengakibatkan kerusakan yang berada di sistem saraf.

Setiap orang pasti berisiko terkena luka bakar, apalagi luka bakar itu akan menunjukan gejala seperti kulit memerah dan bengkak, rasa sakit yang luar biasa.  Bila Anda mengalami luka bakar, segeralah untuk mengobatinya.  Bagaimana cara mengobati luka bakar?

Cara mengobati luka bakar 

1. Lidah buaya

Tanaman ini memiliki sifat antiperadangan, dapat merangsang penyembuhan luka, melembapkan kulit, dan mampu mencegah perkembangan bakteri. Bahkan ada satu penelitian yang menunjukan jika gel lidah buaya ampuh mengobati luka bakar. Oleh karena itu, tidak salah jika lidah buaya sering kali dijadikan obat luka bakar alami. Untuk menyembuhkan luka bakar, disarankan untuk mengoleskan gel lidah buaya asli langsung ke daerah yang terkena luka bakar. Selain itu, hindari produk yang mengandung bahan aditif, terutama pewarna dan parfum.

2. Madu

Bagaimana cara menghilangkan bekas luka bakar yang sudah lama? Dengan kandungan antiradang, antibakteri, dan antijamur yang ada di dalamnya, madu diduga bisa menjadi obat luka bakar alami. Ada studi yang menunjukkan jika madu memang berguna untuk mengatasi luka bakar ringan, dan membantu penyembuhan luka bakar lebih cepat. Namun hal tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

3. Kentang dan mentimun

Cara mengobati luka bakar dengan bahan alami yaitu menggunakan kentang dan mentimun. Bahan alami tersebut dapat menyerap panas dalam kulit anda, selain itu juga dapat menghilangkan iritasi pada kulit Anda. Caranya yakni haluskan kentang dan mentimun yang sudah dikupas dan dicuci hingga bersih. Setelah itu oleskan pada bagian luka bakar di kulit, biarkan sampai mengering di kulit kemudian bilas dengan air dingin. Pilih salah satu dari kedua bahan tersebut.

4.  Air dingin

Salah satu penanganan pertama saat mengalami luka bakar yakni dengan air. Cara ini bermanfaat untuk meredakan nyeri dan luka pada kulit, selain itu air juga dapat mencegah bertambah parahnya luka bakar. Namun sebaiknya Anda menggunakan air yang sudah matang agar terhindar dari bakteri, apabila tidak memungkinkan air biasa juga tidak masalah. Jangan sampai Anda menggunakan es untuk meredakan luka, karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan nadi pada kulit.

5. Minyak Zaitun dan Madu

Bagaimana cara menghilangkan luka bakar di wajah? Minyak zaitun sering sekali digunakan untuk mengobati bekas luka apalagi bekas luka bakar. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan minyak zaitun yaitu:

  • Oleskan madu atau minyak zaitun pada area luka, lalu diamkan selama 15 hingga 20 menit.
  • Cara ini bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, siang maupun malam hari.

Untuk hasil yang maksimal kamu bisa melakukannya sambil melakukan pemijatan agar minyak zaitun bisa meresap ke dalam kulit.

6. Kunyit

Bagaimana cara mengobati luka bakar dengan kunyit? Kunyit bisa membantu mempercepat penyembuhan pada luka tersayat dan luka bakar ringan. Selain itu, kunyit juga memberi efek sejuk dan menenangkan kulit yang terluka. Menurut Dr Deepali Shastri, pakar pengobatan ayurveda asal Mumbai, kunyit bersifat sebagai antiseptik yang mencegah luka semakin parah karena infeksi bakteri.

Caranya:

  • Campur kunyit yang sudah diparut dengan air bersih sampai terbentuk seperti pasta. 
  • Tempelkan pada bagian yang terkena luka. 
  • Lakukan dua kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.

Hal yang Perlu Dihindari Dalam Mengobati Luka Bakar

  • Jangan sampai mengoleskan pasta gigi pada luka bakar, karena dapat menyebabkan kulit iritasi dan meningkatkan infeksi pada luka.
  • Jangan mengoleskan minyak seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak goreng. Minyak dapat menahan panas dan membuat kulit terus terbakar.
  • Jangan mengoleskan putih telur, karena bisa menyebabkan infeksi bakteri dan reaksi alergi pada kulit.
  • Jangan memecahkan/merobek kulit yang melepuh dan menggelembung karena bisa menyebabkan infeksi bertambah parah.
  • Jangan mengoleskan mentega atau margarin ke luka bakar karena dapat menimbulkan infeksi.
  • Jangan menggunakan pakaian yang ketat/menempel pada luka. Jika pakaian menempel pada kulit yang terbakar, jangan coba-coba melepaskannya secara paksa karena luka akan bertambah parah, cari pertolongan medis segera.
  • Tidak dianjurkan meletakkan es langsung ke luka bakar. Karena dapat memperparah kulit yang luka.
  • Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung. Kulit yang terbakar akan sangat peka terhadap sinar matahari.

Jika luka bakar masih tak kunjung sembuh, misalnya bernanah, muncul bau tidak sedap pada luka pergilah ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis segera. Supaya luka bakar tersebut tidak bertambah parah.