Cara Menghilangkan Kutu Air Hanya Menggunakan Bahan Dapur

Komentar

Image Source: mujahadah.net

Kutu air merupakan ruam pada kulit di antara jari kaki atau telapak kaki yang disebabkan oleh jamur. Akibatnya, kulit kaki akan terkelupas, pecah-pecah, dan berisi cairan terutama pada sela-sela jari kaki. Tak hanya itu, Anda juga akan merasakan gatal di telapak dan jari-jari kaki. Bagaimana cara menghilangkan kutu air?

Cara menghilangkan kutu air

1. Cuka apel

Bagaimana cara menghilangkan kutu air di telapak kaki? Asam asetat yang terkandung dalam cuka diyakini memiliki sifat antijamur, sehingga mampu mengatasi kutu air di telapak kaki.
Caranya:
  • Cuci kaki hingga bersih dengan sabun dan air hangat. Keringkan dengan handuk. 
  • Kemudian, campur satu cangkir cuka dengan 4 cangkir air.
  • Rendam kaki dengan larutan ini. 
  • Terakhir, keringkan kaki dengan handuk. 
  • Jika infeksinya kutu airnya sangat kecil, cukup oleskan dengan kapas atau kain lap yang sudah dicelupkan dalam larutan cuka. 
  • Tekan kain atau kapas selama beberapa menit, lakukan cara ini dua kali sehari.

Ingat, jangan gunakan handuk tersebut untuk bagian tubuh lain guna mencegah penyebaran jamur.
Selain itu, jangan gunakan air larutan yang sama untuk rendaman selanjutnya.

2. Bawang putih

Bawang putih merupakan cara menghilangkan kutu air secara alami karena mengandung antiseptik alami yang dapat membantu mengobati kutu air di telapak kaki. Penelitian menunjukkan, kandungan ajoene dalam bawang putih diduga mampu mengobati kutu air.
Caranya:
  • Siapkan 2-3 siung bawang putih yang sudah dipotong-potong.
  • Masukkan dalam wadah dan tambahkan air.
  • Rendamlah kaki selama 30 menit. 
  • Anda juga bisa mengoleskan campuran dua siung bawang putih dan minyak zaitun secukupnya ke kulit yang terinfeksi. 
  • Jangan lupa menggunakan kapas atau cotton bud ketika mengoleskan.


3. Teh

Kandungan polifenol dan asam tannic yang terdapat pada teh hijau bersifat antijamur, sehingga dapat mengatasi kutu air di telapak kaki. Untuk mendapatkan manfaatnya yaitu dengan merendam kaki Anda kedalam seduhan teh.
Caranya:
  • Rendam 6 kantung teh hitam celup ke dalam satu liter air hangat. 
  • Kemudian rendam kaki Anda dalam larutan teh atau oleskan larutan teh ke kaki dengan bola kapas beberapa kali sehari. 

4. Garam laut

Bagaimana cara menghilangkan kutu air di kaki? Larutkan satu cangkir garam laut ke ke dalam air hangat, kemudian rendam kaki Anda dengan larutan air garam tersebut selama 20 menit, lalu keringkan. Garam laut memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat, sehingga dapat mengatasi kutu air di telapak kaki sekaligus menghambat penyebarannya.

5. Tea tree oil

Tea tree oil mengandung berbagai macam bahan alami yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan berbagai macam masalah kulit, dan salah satunya kutu air. Tea tree oil juga berguna untuk membunuh berbagai macam bakteri, jamur, dan kuman penyebab masalah kulit. Bahan ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berguna untuk mencegah dampak buruk radikal bebas sehingga kesehatan kulit tetap terjaga. Caranya cukup oleskan minyak ini ke area yang terkena kutu air, dan lakukan 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Daun sirih

Cara menghilangkan kutu air di kaki secara alami yaitu menggunakan daun sirih merupakan bahan herbal yang memiliki sifat antiseptik. Sehingga daun sirih dapat secara efektif untuk membunuh kuman penyebab kutu air. Untuk menghilangkan kutu air, kita cukup mencampur daun sirih dengan garam. Dengan mencampurkan daun sirih dan garam dapat menjadikannya kombinasi antiseptik yang baik untuk membunuh kuman. Gunakan rebusan air sirih tadi untuk merendam kaki yang terkena kutu air.

7. Soda Kue

Seperti garam dapur, soda kue juga kaya akan kandungan antiseptik yang efektif untuk membunuh kuman atau jamur penyebab kutu air. Untuk mengobati kutu air, Anda cukup merendam kaki yang terkena kutu air ke dalam air hangat yang telah dicampurkan dengan soda kue selama 20 menit. Lakukan setiap pagi dan sore. Kandungan antiseptik dalam soda kue efektif membunuh jamur kutu air secara bertahap.

8. Minyak kelapa 

Minyak kelapa juga efektif untuk cara menghilangkan kutu air dengan cepat karena bersifat anti inflamasi. Di dalam minyak kelapa terdapat suatu zat bernama asam laurat yang efektif membunuh jamur penyebab kutu air. Selain membasmi jamur penyebab kutu air, minyak kelapa juga berguna sebagai pelembab alami yang efektif untuk meningkatkan nutrisi kulit, sehingga kulit bekas kutu air akan lebih sehat. Untuk mengobati kutu air, anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang terserang kutu air. Lakukan hal tersebut setiap hari agar kutu air Anda segera sembuh.

Demikian artikel bagaimana cara menghilangkan kutu air? Semoga bermanfaat.
Top