Cara Efektif Mengatasi Perut Kembung

 22 Jan 2019  Wahyu Fajar
Cara Efektif Mengatasi Perut Kembung

Image Source: myagarpac.com

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah perut kembung, tetapi banyak orang kebingungan mencari obat perut kembung yang tepat. 

Kembung disebabkan oleh pembengkakan abnormal atau peningkatan diameter di daerah perut, sehingga perut terasa sangat penuh dan menyebabkan sakit perut. Bagaimana cara mengatasi perut kembung?

Cara mengatasi perut kembung secara alami

1. Cukup minum air

Bagaimana cara mengatasi perut kembung pada anak? Kembung merupakan tanda bahwa makanan tidak dicerna dengan benar oleh tubuh. Kurangnya asupan air dapat menyebabkan perut kembung berlebihan. Cara mengatasi perut kembung yang pertama adalah dengan minum beberapa gelas air putih untuk membantu dalam menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh. Jangan mengonsumsi minuman bersoda sebagai pengganti asupan air. Sebagai gantinya, cobalah menambahkan sedikit jeruk limau dan lada hitam yang dicampurkan ke air minum.

2. Kurangi mengonsumsi garam

Apa cara mengatasi perut kembung? Perut kembung dapat diatasi dengan mengurangi konsumsi garam. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi asupan garam. Utamakan untuk mengonsumsi makanan segar ketimbang yang diproses. Banyak produk makanan dan buah segar yang rendah kandungan garam.

Berhati-hatilah ketika Anda memilih pengganti garam. Beberapa makanan yang tinggi kandungan potasium mungkin dapat membantu mengurangi beberapa masalah terkait konsumsi garam, tapi hal ini justru dapat menyebabkan masalah pada ginjal atau jantung.

3. Hindari minuman manis beralkohol

Cara mengobati perut kembung tradisional ini cukup menghindari minuman yang mengandung alkohol. Waspadai pula konsumsi gula pengganti, seperti sorbitol, xylitol, maltitol, isomalt, laktitol, manitol, eritritol dan hydrogenated starch hydrolysates (HSH) yang cenderung menambah rasa kembung.

4. Dengan berolahraga

Cara mengatasi perut kembung dengan cepat tidak perlu bingung mencari obat perut kembung, karena Anda hanya perlu sedikit bergerak saat perut terasa kembung. Jangan pernah melewatkan waktu olahraga, jika perut Anda terasa penuh dan tidak nyaman. Olahraga adalah solusi yang sudah terbukti ampuh mengatasi setiap jenis gangguan pencernaan karena membantu mengatur sistem tubuh.

5. Berhenti merokok

Orang yang merokok menelan lebih banyak udara daripada mereka yang tidak. Semakin sering seseorang merokok, semakin banyak udara yang mereka telan. Tentu saja ada banyak manfaat kesehatan lain untuk berhenti merokok. Orang-orang yang menggunakan rokok elektrik juga menelan lebih banyak udara, jadi menghindari rokok elektrik juga bisa membantu mengatasi perut kembung.

6. Hindari makanan yang digoreng

Batasi atau bahkan hindari makanan yang digoreng dan makanan mengandung banyak lemak yang dapat memperlambat pencernaan, sehingga menyebabkan gas menumpuk dalam perut. Jika Anda terus merasa kembung, maka mungkin saja Anda mengalami masalah kembung kronis dan dapat menjadi sesuatu yang serius seperti penyakit celiac.

7. Pijat perlahan

Bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi? Pijat perlahan perut bayi dengan gerakan searah jarum jam dapat membantu mengatasi perut kembung pada bayi. Anda juga bsia mengusap-usap punggungnya dengan meletakkan bayi di pangkuan Anda dengan posisi bayi tengkurap.

Gerakan pijat bayi lain yang bisa dilakukan untuk perut kembung pada bayi adalah dengan melakukan gerakan seperti mengayun sepeda. Ayunkan kaki si kecil seperti sedang mengendarai sepeda.

8. Menggunakan lemon

Cara mengatasi perut kembung dengan bahan alami yaitu menggunakan buah lemon. Memasukkan beberapa irisan lemon ke dalam minuman memang memberikan rasa yang menyegarkan. Bukan hanya itu, ternyata lemon juga membantu menstimulasi saluran pencernaan. Ketika pencernaan kuat, tubuh akan mengurai makanan dengan lebih baik, menyerap lebih banyak nutrisi, dan mencegah perut kembung.