10 Dampak Buruk Akibat Kurang Tidur

Komentar

Image Source: unsplash.com/@all_who_wander

Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur tujuh hingga delapan jam dalam sehari. Waktu tidur yang cukup dapat membuat badan lebih segar dan siap menjalani aktivitas pada esok hari. 

Tetapi, berbagai kegiatan seperti bekerja hingga aktivitas lainnya membuat seseorang menjadi kurang tidur. Apa efek dari kurang tidur bagi kesehatan?

Akibat kurang tidur bagi kesehatan

1. Sakit

Apa akibat kurang tidur? Kurang tidur akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu. Secara berkesinambungan, kekurangan waktu beristirahat akan menyebabkan gangguan atau berkurangnya sistem imun. Dengan berkurangnya sistem imun dalam tubuh, kondisi fisik juga akan menurun dan mudah untuk jatuh sakit.

2. Menimbulkan depresi

Apa akibat jika seseorang kurang tidur? Efek kurang tidur menyebabkan penurunan neurotransmiter (senyawa kimia yang diproduksi otak) untuk mengatur suasana hati. Ketika waktu tidur terus berkurang, hal ini dapat memengaruhi suasana hati, sehingga memungkinkan terjadinya depresi. Selain itu, kurang tidur juga meningkatkan reaksi antisipatif pada pusat emosional otak, sehingga menyebabkan rasa cemas meningkat.

3. Meningkatnya risiko kanker

Efek dari kurang tidur bagi kesehatan yaitu meningkatkan resiko kanker. Berkurangnya durasi tidur akan berpotensi menderita kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat. Selain memiliki durasi tidur yang pendek, Anda juga berisiko terkena kanker apabila sering bekerja di waktu malam.

4. Fungsi kognitif menurun

Hilangnya waktu tidur dapat menyebabkan masalah kognisi utama. Apabila Anda kurang tidur, otak akan terus bekerja, dan lama-kelamaan Anda akan kehilangan energi untuk berpikir kreatif dan memahami sesuatu dengan jelas. Oleh sebab itu, beristirahatlah dengan nyenyak agar fungsi kognitif tak menurun.

5. Menurunkan daya ingat

Apa akibat dari kurang tidur? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kegunaan dari tidur salah satunya untuk mengonsolidasikan hal-hal yang kita pelajari di otak. Oleh sebab itu, mereka yang kurang waktu untuk tidur akan mudah untuk melupakan informasi yang sudah diterima. Untuk itu, tidurlah jika Anda tidak ingin mudah lupa.

6. Meningkatnya resiko diabetes

Berkurangnya waktu tidur akan menyebabkan bertambahnya kadar insulin dalam tubuh. Kadar insulin yang terlalu banyak terkandung dalam tubuh akan menyebabkan penyakit diabetes.

7. Penuaan dini

Kurangnya waktu tidur akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit anda. Anda akan tampak lebih tua dari umurnya. Kurangnya tidur mengakibatkan munculnya garis-garis halus, keriput, warna kulit yang tidak tersebar merata dan longgarnya kulit.

8. Bertambahnya berat badan

Kekurangan tidur akan menyebabkan bertambahnya penimbunan kalori. Bagi anda yang tidur kurang dari 5 jam setiap malamnya akan mengalami penambahan berat badan dan berpotensi mengalami obesitas. Mereka yang tidur pada durasi 7-8 jam akan tampak lebih segar dan energik.

9. Memicu gangguan jantung

Apa saja efek kurang tidur? Orang yang terbiasa tidur terlalu larut sehingga berdampak pada kekurangan waktu tidur rentan terhadap penyakit jantung. Akibat kurang tidur lanjutannya juga dapat menurunkan proses metabolisme dan meningkatkan tekanan darah sehingga proses kerja jantung menjadi terganggu.

10. Hipertensi

Apa akibat kurang tidur bagi wanita? Wanita yang mengalami kesulitan tidur di malam hari akan memiliki jumlah protein C-reaktif (protein yang dihasilkan oleh hati) lebih tinggi dari pria dan menyebabkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
Top