Manfaat Kerja Bakti Bagi Lingkungan Masyarakat

 24 Dec 2018  duwi Pebrianti
Manfaat Kerja Bakti Bagi Lingkungan Masyarakat

Gotong royong via poskotanews.com

Kegiatan kerja bakti saat ini hampir tidak aktif, banyak orang yang menyepelekan kegiatan ini. Padahal kegiatan kerja bakti memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita.

Kerja bakti bukanlah sebuah kegiatan favorit banyak orang. Banyak dari anggota masyarakat bahkan akan berusaha menghindarinya ketika undangan dari RT untuk kerja bakti, karena banyak orang yang masih belum mengerti apa itu kerja bakti? Jawaban Pendek. Kerja bakti merupakan salah satu wujud kehidupan dalam bertetangga yang patut untuk diberdayakan.

Kerjaan Cepat Selesai, Kerja Saling Tolong Menolong, Dan Bisa Membantu Kerjaan Orang Yang Membutuhkan Sesama Saling Kerja Bakti. Manfaat kerja bakti adalah : 1. Terhindar dari wabah penyakit. Kebersihan adalah hal utama dalam menjaga kesehatan. Dengan membersihkan lingkungan kita bisa menerapkan hidup sehat setiap hari.

Banyak sekali manfaat dari kegiatan kerja bakti salah satunya adalah kita bisa mempererat hubungan silaturrahmi serta mempererat hubungan kemasyarakatan, dan masih banyak lagi yang akan kami bahas dibawah ini.

Manfaat Kerja Bakti Bagi Lingkungan Dan Kehidupan

Ada banyak sekali manfaat kerja bakti, baik bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Beberapa yang manfaat kerja bakti yang bisa disebutkan adalah sebagai berikut :

  1. Lingkungan menjadi bersih karena selalu terpelihara dan terawat
  2. Sumber penyakit, seperti malaria, demam berdarah bisa dihilangkan dan hal ini mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit
  3. Penghematan biaya : bila masing-masing warga mau menyumbang sedikit tenaga, maka tidak perlu lagi membayar ongkos petugas untuk membersihkan lingkungannya
  4. Menjadi wadah silaturahmi antar warga : dengan ikut dalam kegiatan ini, warga yang satu bisa bertemu dan berbincang satu dengan lainnya. Hal itu akan memperkukuh silaturahmi antar warga
  5. Membuat lingkungan menjadi nyaman dan indah : dengan tidak adanya ilalang, taman tertata dengan baik, maka sebuah lingkungan akan menjadi enak dilihat dan nyaman untuk ditinggali
  6. Mengajak anak-anak dalam kegiatan ini memungkinkan mereka saling mengenal satu dengan yang lain dan mengajarkan tentang bagaimana menjaga lingkungan dan alam.
Jangan pernah remehkan manfaat kerja bakti. Banyak disepelekan, tetapi mungkin karena mereka tidak menyadari kegunaan kegiatan ini.

Jadi, kalau ada undangan kerja bakti, janganlah mencari alasan untuk menghindarinya. Apalagi kalau Anda ingin menjadi seseorang yang bergaya hidup hijau. Kerja bakti adalah salah satu wujud nyata gaya hidup ramah lingkungan. Demikian artikel ini kami buat, semoga bermafaat dan bisa membantu Anda.