Kapal PAN MARINE 11 Dibajak di Madura, Benarkah?

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 24 Dec 2018

Kapal PAN MARINE 11 Dibajak di Madura, Benarkah?
Crew Pan Marine (foto: youtube.com)

Beredar kabar melalui pesan Whatsapp pembajakan kapal PAN MARINE 11 di utara Pulau Madura hari ini...

Lantas benarkah?

Kabar mengenai pembajakan itu beredar di grup-grup Whatsapp. Disebutkan bahwa kapal PAN MARINE 11 dibajak di perairan dengan koordinat 06° 28.42' S - 112° 51.28'E yang lokasinya berada di sebelah utara Madura.

Bakamla mengecek kabar ini dan memastikan kabar tersebut tidak benar alias Hoax.

Lalu apa yang terjadi?

Kapal PAN MARINE 11 Dibajak di Madura, Benarkah?
PAN MARINE 19

Pusat Informasi Maritim Bakamla mengatakan, Kapal PAN MARINE 11 memang mengeluarkan sinyal tanda bahaya.

Usut punya usut, ternyata alat pemancar sinyal di kapal itu jatuh ke laut sehingga sinyal bahaya terlontar secara tidak sengaja.

"Hasil koordinasi Kepala Subdirektorat Penyelenggaraan Operasi Laut Bakamla Kolonel Laut Imam Hidayat dengan Asops Lantamal 5 Surabaya Kolonel Laut Agus Prabowo, bahwa kapal TNI AL sudah dapat berhubungan dengan capt PAN MARINE II yang mengirim signal alarm. Didapatkan keterangan ternyata bukan perompakan tapi karena alat signal alarm di kapal jatuh di kapal karena ombak sehingga menyebabkan alat on dan mengirim signal," ujar Kepala Humas Bakamla Letkol Mardiono,seperti dikutip dari detik.com, Senin (24/12/2018).

Untuk diketahui PAN MARINE 11 merupakan kapal berbendera Indonesia. Kapal bertipe high speed aircraft itu dibuat pada tahun 2007.

Penjelasan lebih lengkap mengenai kejadian ini menurut Bakamla akan disampaikan oleh pihak kapal dan perusahaan yang menaungi.

Jadi sudah jelas, kabar pembajakan tersebut adalah Hoax belaka.
SHARE ARTIKEL