Ini Dia Khasiat Ayat Kursi Jika Kita Mengamalkan Setiap hari

 23 Dec 2018  Nadiah Ratna
Ini Dia Khasiat Ayat Kursi Jika Kita Mengamalkan Setiap hari

khasiat ayat kursi via youtube.com

Sebagai orang muslim sudah seharusnya kita berzikir dan berdoa hanya kepada Allah ta'ala. Dan salah satu caranya adalah membaca ayat kursi. Apa saja khasiat ayat kursi yang akan kita terima? Yuk simak penjelasannya.

Banyak sekali khasiat ayat kursi jika kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk kekayaan, pengobatan, segala hajat, pengasihan atau jodoh, dan kecerdasan dapat Anda rasakan secara nyata.

Membaca ayat kursi sangat penting untuk kehidupan manusia. Ayat kursi diketahui dapat melindungi kita dari hal-hal buruk atas izin Allah. Selain itu, bacaan ayat kursi menjadi amalan baik bagi kita umat manusia agar lebih dekat dengan Sang Maha Pencipta.

Ayat kursi diturunkan pada suatu malam setelah Hijrah. Menurut riwayat, ketika ayat kursi diturunkan disertai dengan beribu-ribu malaikat sebagai sebagai penghantarnya, karena kebesaran dan kemuliaannya.

Tidak banyak yang tahu akan akan khasiat ayat kursi, jika Anda mengetahui khasiat yang tersimpan dalam ayat kursi niscaya kalian akan berlomba-lomba membacanya setiap saat. Berikut penjelasan tentang manfaat dan khasiat ayat kursi menurut islam

Baca Juga : Kumpulan Ayat Tentang Bersyukur yang Terdapat dalam Al Quran

Khasiat dari Membaca Ayat Kursi dalam Kehidupan Sehari-hari

Ini Dia Khasiat Ayat Kursi Jika Kita Mengamalkan Setiap hari

ilustrasi bacaan ayat kursi via jemotak.blogspot.com

Percaya atau tidak manfaat membaca ayat kursi sangat menakjubkan bagi manusia. Allah SWT menurunkan kitab Al-Quran sebagai pedoman umat muslim dan muslimah dalam menjalani kehidupan.

Di dalam Al-Quran ada 86 surah dan salah satunya adalah surah Al-Baqarah. Surah Al-Baqarah yang memiliki arti ‘Sapi Betina’ menjadi surah terpanjang. Surah ini diturunkan di Madinah. Semua surah dalam Al-Quran memang memiliki keajaiban namun di surah Al-Baqarah, ada satu ayat di mana menjadi ayat yang memiliki keistimewaan dan manfaat yang dahsyat. Ayat tersebut adalah ayat ke-255 dan sering disebut dengan nama Ayat Kursi oleh banyak orang.

Manfaat ayat kursi cukup penting dalam menjalani kehidupan sehari hari, alasannya karena ayat ini memiliki keistimewaan dan dapat mengusir hal buruk. Bahkan para syaitan dan iblis menjadi panik huru-hara ketika ayat ini turun dan dituliskan di Al-Quran. Subhanallah, begitu istimewanya Ayat Kursi. Allah tidak menurunkan ayat ini begitu saja tetapi memang ayat ini memiliki banyak manfaat untuk diri kita. Apa saja keistimewaan dan manfaat dari Ayat Kursi? Berikut beberapa manfaat membaca ayat kursi beserta cara untuk mengamalkannya.

1. Menjauhi kita dari syaitan yang terkutuk

Ayat kursi dapat dibaca setiap waktu. Baik di pagi hari, maupun di malam hari. Baik sebelum Sholat, maupun sesudah Sholat. Baik saat keluar rumah, maupun masuk rumah. Biasakan membaca ayat kursi secara istiqomah, niscaya Allah akan menjauhi kita dari syaitan yang terkutuk.

2. Memberikan nikmat yang luar biasa

Membaca ayat kursi juga dapat memberikan nikmat yang luar biasa. Seperti memudahkan kita untuk mendapatkan reseki, menjadikan diri kita sebagai seorang yang dihormati dan disegani orang lain. Hal ini tertulis dalam kitab Assarul Mufaidah.

3. Membangun benteng pertahanan

Membaca ayat kursi juga dapat membangun benteng pertahanan bagi diri kita. Ayat kursi yang dibaca dengan serta diamalkan akan melindungi kita dari segala mara bahaya. Seperti musibah yang dapat mendatangi kita kapanpun. Allah akan melindungi kita kapanpun di manapun seperti membangunkan sederet benteng yang kuat.

4. Membuat pintar

Seorang ahli agama bernama Syeikh Abul ‘Abas Al-Bunni mengungkapkan, membaca ayat kursi secara sungguh-sungguh sebanyak 50 kali dan ditiupkan pada segelas kecil air hujan kemudian diminum, dapat membuat otak kita menjadi lebih pintar dan cerdas. Juga menjadikan kita berpikir positif.

5. Membantu menurunkan emosi

Sebagai manusia yang diberi nafsu dan perasaan, kita pastinya mudah merasa emosi terhadap banyak hal. Tidak jarang syaitan juga menguji emosi kita melalui orang lain. Membaca ayat kursi juga dapat membantu menurunkan emosi. Allah akan langsung meredakan emosi dan memberi ketenangan dalam diri kita ketika kita membaca ayat kursi saat mulai merasa emosi.

6. Didatangkan pertolongan

Pertolongan juga akan didatangkan oleh Allah ketika kita membaca ayat kursi sebanyak 170 kali. Pertolongan tersebut berupa pemberian apa yang diinginkan dan dibantu menunaikan segala hajat. Itu sebabnya Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

7. Penjagaan dari malaikat

Bila di kehidupan sehari-hari kita dapat mendapat penjagaan dari manusia dengan berbagai cara misalnya saja menyewa bodyguard, berbeda dengan ayat kursi. Membaca ayat kursi menjadikan kita dilindungi oleh para malaikat selama kita tertidur. Allah akan menurunkan mereka untuk menjaga kita dan memberi rasa nyenyak, juga menghindarkan dari mimpi buruk.

8. Melindungi rumah

Begitupun penjagaan bagi tempat tinggal kita. Membaca ayat kursi sebanyak empat kali di empat sudut atau empat bagian rumah akan melindungi rumah kita dari segala macam bentuk kejahatan. Baik dari syaitan yang terkutuk maupun dari niat jahat orang lain seperti pencurian atau perampokan.

9. Melindungi dari musuh

Syeikh Abul ‘Abas Al-Bunni juga menjelaskan bahwa ayat kursi dapat meilingdungi kta dari musuh yang mengejar kita dengan niat buruh. Buatlah lingkaran sambil membaca ayat kursi kemudian masuklah ke dalamnya. Allah akan membuat penglihatan musuh samar dan tidak dapat melihat kita sehingga kta tetap selamat.

10. Dihilangkan kekafiran

Sebagai umat muslim dan muslimah kita pastinya tidak ingin disebut sebagai Kafir yang menyekutukan dan mengkhianati Allah. Rasulullah memberi sabdaan, membaca ayat kursi akan menghilangkan segala macam kekafiran bagi mereka yang sedang beraktivitas di luar rumah.

11. Perlindungan di hari Jum’at

Hari Jum’at menjadi hari penuh berkah. Membaca ayat kursi setiap pagi hari di hari Jumat sebanyak 12 kali, maka Allah yang Maha Pelindung akan memberi perlindungan agar kejadian buruk dan kejahatan menjauh dari diri kita.

12. Dicintai Allah

Siapa yang tidak ingin dicintai Allah. Bacalah ayat kursi dan juga mengamalkan juga memaknai isinya, Allah akan mencintai orang tersebut seperti Allah mencintai Rasulullah sebagai suri tauladan kita.

13. Do’a memasuki tempat baru

Ayat kursi juga dapat menjadi do’a ketika kita sedang memasuki tempat baru. Seperti berkunjung ke sebuah tempat, berkunjung ke rumah kerabat atau teman, atau juga memasuki lingkungan baru. Allah akan memberi perlindungan terhadap apapun. Maka dari itu ayat kursi dapat menjadi do’a pertama yang dapat dibacakan ketika kita masuk ke tempat baru.

14. Memberi pahala dan menciptakan rasa syukur

Membaca ayat kursi juga memberi manfaat bagi diri kita. Bacalah ayat kursi di setiap ibadah kita khususnya sholat, maka Allah yang Maha Pemberi akan memberi pahala yang berlimpah untuk kita dan menciptakan rasa syukur dalam diri kita. Rasya syukur akan menimbulkan rasa tenang dan bahagia.

15. Menyembuhkan penyakit

Menyembuhkan penyakit dengan obat menjadi hal yang biasa bukan? Tetapi ayat kursi juga dapat menjadi penyembuh bagi penyakit. Bacalah dan amalkanlah ayat kursi ketika mengalami atau menderita penyakit, maka Allah akan memberi kesembuhan seperti obat yang kita minum.

Sesungguhnya Allah S.W.T lah yang akan memberi kita perlindungan, kesembuhan, kepintaran, dan sebagainya melalui ayat kursi bila ayat kursi benar-benar diamalkan. Perlu diingat, bukan berarti membaca ayat kursi saja dapat melindungi diri kita dan memberi kebahagiaan, tetapi jalanilah perintah Allah yang wajib dijalani. Karena Allah menyukai umatnya yang selalu bertakwa pada-Nya.

Inilah 3 Waktu Utama Membaca Ayat Kursi yang Jarang Anda Ketahui

Ini Dia Khasiat Ayat Kursi Jika Kita Mengamalkan Setiap hari
ilustrasi waktu terbaik baca ayat kursi via madanitv.net

Segala yang ada di bumi, langit, bahkan diantara keduanya merupakan milik Allah semata. Tidak ada yang bisa memberikan manfaat kecuali atas izin-Nya. Allah mengetahui segala yang terjadi, baik itu peristiwa secara terang-terangan ataupun sembunyi-bunyi.

Jangankan sebuah peristiwa, Allah juga dapat mengetahui apa yang ada di hati dan pikiran kita. Berbeda dengan manusia yang tidak mengetahui apapun dari ilmu Allah kecuali kehendak-Nya.

Berikut ini adalah tiga waktu untuk membaca ayat kursi, yaitu:

1. Ketika Pagi dan Petang

Sebuah hadits menjelaskan bahwa barang siapa yang melafalkan ayat kursi pada petang hari maka ia akan dilindungi oleh Allah dari gangguan apapun hingga pagi hari.

Sedangkan, jika ia melafalkan ayat kursi pada pagi hari maka ia juga akan dilindungi hingga petang harinya. Amalan ayat kursi akan membuat hidup kita lebih tenang karena dilindungi oleh Rasulullah.

2. Setelah Shalat Fardhu

Sebuah hadits berisi jika kita melafalkan ayat kursi setelah shalat fardhu atau shalat lima waktu maka tidak ada yang menghalangi kita untuk masuk ke surga.

Maksudnya ialah, ketika kita mati dan semasa hidup telah mengamalkan ayat kursi dan membacanya setalah shalat lima waktu maka ia akan masuk ke surga tanpa halangan apapun.

3. Sebelum Tidur

Waktu ini dijelaskan ketika Abu Hurairah mengadu kepada Rasulullah mengenai seseorang yang mengajarkan ayat kursi padanya. Abu Hurairah menjelaskan bahwa ada seseorang yang mengaku bahwa ia akan mengajari Hurairah suatu kalimat sehingga Allah akan memberikan manfaat baginya.

Sebagai seorang muslim, sebisa mungkin memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk lebih mengingat Allah. Meskipun semua ayat Allah memiliki manfaat, ayat kursi memiliki keutamaan yang bisa kita gunakan sebagai amalan sehari-hari.

Nah, itulah penjelasan tentang khasiat ayat kursi beserta waktu terbaik mengamalkanya. Isilah waktu luang Anda dengan membaca ayat kursi. Semoga ilmu yang kita bahas saat ini bisa menjadi berkah dan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

KOMENTAR