Cara Menghemat Energi Dalam Rumah

 24 Dec 2018  duwi Pebrianti
Cara Menghemat Energi Dalam Rumah

Hemat via benergi.com

Sekarang pemanasan global semakin meningkat, banya teknologi modern yang banyak menghabiskan energi. Kita harus mengetahui cara menghemat energi untuk membantu mengurangi pemanasan global ini.

Penghematan energi sangat penting untuk kita lakukan, apalagi mengingat akhir-akhir ini telah terjadi krisis energi di dunia. Karena terjadinya krisis energi ini, kita harus tahu cara menghemat energi agar kita tidak selalu boros ketika memakainya. Salah satunya adalah kita harus bisa menghemat energi di dapur, bagaimana cara menghemat energi di dapur? Simak caranya disini.

Perkembangan zaman yang semakin maju membuat kebutuhan energi semakin besar untuk kehidupan yang modern ini, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menghemat energi listrik maupun energi bahan bakar. Dengan begitu, kita telah bisa membantu mengurangi pengeluaran energi.

Cara Menghemat Energi, penghematan energi adalah tindakan yang penting untuk mengurangi beban lingkungan dan menurunkan konsumsi listrik. Menghemat energi juga akan menambah isi kantong Anda. Sumber energi memang bisa diperbaharui, namun tidak sebanding dengan penggunaannya. Berikut 10 Cara Menghemat Energi di Dapur yang harus Anda ketahui dan Anda coba.

Cara Menghemat Energi Dalam Rumah

Cara menghemat energi via slideplayer.info

10 Cara Mudah Menghemat Energi di Dapur

1. Memilih Alat Listrik dengan Daya Rendah

Banyak dari alat dapur yang kini menggunakan listrik seperti oven listrik, blender, mixer atau alat dapur lainnya. Alat-alat tersebut memang sangat membantu dan memudahkan dalam mengolah masakan. Namun ada baiknya kita bisa memilih alat listrik dengan daya yang rendah, sehingga energi yang digunakan tidak terlalu besar.

2. Mengurangi Menggunakan Alat Listrik

Alat-alat elektronik seperti blender atau mixer memang sangat membantu dan memudahkan kita di dapur. Namun ada baiknya untuk mengurangi penggunaan alat listrik tersebut, apabila kita masih bisa melakukannya secara manual. Misalnya menghaluskan bumbu dalam jumlah yang sedikit tidak perlu menggunakan blender yang akan menggunakan listrik.

3. Tidak Harus memasak

Memasak sendiri biasanya dianggap lebih puas, namun dengan memasak seringkali justru akan membuat pengeluaran lebih boros. Kadang kala membeli makanan justru akan lebih hemat, apalagi jika porsi yang diperlukan sedikit atau hanya untuk makan sendiri dalam sehari. Jika memang seperti itu sebaiknya tidak harus memasak, agar pengeluaran lebih hemat.

4. Memasak Sekali Sehari

Jika memang harus memasak, usahakan untuk memasak satu kali saja yang bisa mencukupi kebutuhan makan sekeluarga dalam sehari. Dengan demikian selain dapat menghemat waktu, memasak sekali dalam sehari juga akan membantu untuk menghemat bahan bakar kompor sehingga penggunaannya tidak terlalu boros.

5. Mengurangi Memasak Beraneka Macam

Memasak dengan beraneka macam makanan memang menyenangkan, namun hal ini akan membuat penggunaan bahan bakar kompor lebih banyak pula karena digunakan untuk memasak dalam waktu yang cukup lama untuk memasak berbagai aneka makanan. Kita bisa memadukan beberapa jenis makanan dibanding harus memasak dengan cara yang berbeda.

6. Makan dengan Lalapan

Beberapa sayuran bisa kita konsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Biasanya kita sebut hal itu dengan lalapan. Sayuran kubis, daun kemangi dan mentimun biasanya digunakan sebagai lalapan. Lalapan ini juga biasa dikonsumsi dengan sambal dan dapat dinikmati dengan ayam atau ikan goreng maupun bakar.

7. Menggunakan Kompor Secara Efisien

Menggunakan kompor secara efisien akan membantu kita untuk mengurangi penggunaan bahan bakar kompor tersebut. Yakni dengan cara meminimalisir waktu nyala kompor. Sebaiknya jangan menyalakan kompor ketika wajan atau panci belum berada di atas kompor atau bahkan belum menyiapkan bahan makanan yang akan di masak. Hal ini perlu kita hindari untuk lebih menghemat.

8. Mematikan Kompor Sebelum Masakan Matang

Seringkali kita mematikan kompor jika masakan telah matang dengan sempurna. Padahal kita bisa mematikannya lebih dulu walaupun masakan tersebut belum matang secara sempurna.

Dengan cara mendiamkan masakan beberapa menit di atas kompor akan membuat masakan matang sempurna dengan menggunakan panas sisa pada wajan. Dengan demikian hal ini akan membantu untuk menghemat penggunaan energi bahan bakar.

9. Menggunakan Ceret Peluit untuk Memasak Air

Banyak barang dapur yang bisa menjadi pilihan. Salah satunya dengan menggunakan ceret peluit untuk memasak air. Dengan ceret ini kita akan tahu bahwa air telah matang saat mengeluarkan suar seperti peluit. Dengan begitu kita akan cepat mematikan kompor sehingga dapat menghemat energi bahan bakar.

10. Membuka Kulkas secara Efisien

Menggunakan kulkas secara efisien merupakan salah satu cara menghemat energi. Sebaiknya jangan terlalu sering membuka pintu kulkas atau membukanya terlalu lama.

Mesin pendingin di dalam kulkas akan bekerja lebih saat kita membuka kulkas sehingga daya energi yang dibutuhkan pun cukup besar. Maka dari itu, bukalah kulkas secara efisien dan sesuai kebutuhan agar dapat menghemat energi.

Cara Menghemat Energi Dalam Rumah

Menghemat energi via tandapagar.com

Ada kalanya, energi di bumi akan habis. Untuk menghindari hal ini cepat terjadi, cobalah berusaha untuk menghemat energi dengan beberapa cara di atas.

Kurangi kegiatan yang memang tidak terlalu membutuhkan penggunaan energi. Jikalau terpaksa, gunakanlah secara bijak energi tersebut. Gunakan alat-alat yang sekiranya dapat membantu melakukan penghematan. Semoga cara menghemat energi ini bisa sangat membantu dan bermanfaat bagi Anda.