Orang Mukmin Itu Lidahnya Terjaga dan Jauh Dari Prasangka

Komentar
Gambar dilansir dari bacayukdisini.blogspot.com

Lidah memang tak bertulang, namun jika tak dikendalikan, ia tajam melebihi pedang...

Ia bisa menjatuhkan seseorang hanya dengan beberapa kalimat. Ia bisa menghancurkan keluarga yang harmonis hanya dengan satu atau dua kata yang tak membutuhkan tenaga.

Maka Berhati-hatilah!

Zaman sekarang gosip sudah menjadi suatu yang lumrah dan biasa, ada isu sedikit langsung diangkat ke medsos, yang penting viral dan fenomenal.

Dampak negatif dan dosa dikesampingkan, jadi nomor sekian. Miris memang sungguh miris.

Rasulullah Saw mengingatkan agar kita menjaga lisan.

Namun masih saja banyak orang kebablasan, bahkan nyiyir nggak karuan.

Bukankah Nabi kita sampai marah ketika Muadz radhiyallahu anhu bertanya kenapa lidah harus dijaga?, Lalu Nabi kita yang mulia bersabda "Tidaklah manusia tersungkur di neraka di atas wajah mereka atau di atas hidung mereka melainkan dengan sebab lisan mereka.” (HR. At-Tirmidzi)

Maka dari itu jaga lisan kita. Jauhkan diri dari prasangka buruk karena itu bukanlah ciri seorang mukmin.

Allah berfirman dalam al-Qur`ân:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian prasangka adalah dosa. Jangan pula kalian memata-matai dan saling menggunjing. Apakah di antara kalian ada yang suka menyantap daging bangkai saudaranya sendiri? Sudah barang tentu kalian jijik padanya. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allaah Maha menerima taubat dan Maha Penyayang. [al-Hujurât/49:12].

Kemudian diayat lain Allah berfirman:

وَلا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولا

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS. Al-Isra: 36)

Tulisan ini dinukil dari KBH Oficial, semoga menjadi renungan kita bersama!

Wallahu A'lam.
Top