Apakah Benar Arwah Orang Mati Itu Bisa Gentayangan? Ini Jawaban Ustadz Somad

Komentar

Image from tribunislam.com

Kalau orang mati tidak gentayangan, lalu kenapa ada istilah pocong, kuntilanak, genderuwo ?

Fenomena yang sering masyarakat mempercayai hantu roh dari seseorang, entah itu gara-gara tali pocong lupa nggak dibuka atau mati yang mengenaskan.

Lha ini yang membuat orang awam tidak mengerti dan bertanya tanya.

Simak video penjelasan Ustadz Somad berikut agar jelas terjawab...

Di Indonesia ada dikenal istilah hantu gentayangan. Sebagian orang berfikir hantu gentayangan itu arwah dari orang yang sudah meninggal dunia.

Hal ini pun pernah ditanyakan seorang jamaah kepada Ustaz Abdul Somad (UAS). "Apakah setelah mati ada roh gentayangan?" tanya jamaah seperti dalam video instagram @kajianustadzabdulsomadlcma.

Baca Juga :

Mendapat pertanyaan ini UAS tegas katakan tidak ada istilah hantu. "Tak ada. Ini terlalu banyak nonton film hantu. Yang muncul gentayangan di dekat jembatan atau mana saja itu bukan ruh. Tapi jin," jawab dosen hadist di UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau.

Seperti yang dilansir oleh riau24.com, kemudian UAS menjelaskan tentang adanya jin Qorin. Yaitu jin pendamping atau pasangan yang menyertai tiap kelahiran anak manusia. Bertugas untuk menggiring manusia kepada kemaksiatan jauh dari kebaikan.

"Ini jin qorin dari alam gaib mendampingi setiap orang sejak lahir. Kalau manusia meninggal dunia, jin qorin ini tidak mati. Inilah yang kadang dilihat, menyerupai seseorang yang sudah mati. Jadi hantu itu tidak ada," ujar UAS. 

Tanja jawab menarik lainnya bisa disaksikan di media sosial (Medsos) UAS di youtube atau instagram. Hanya saja sebaiknya menonton sampai tuntas agar tidak terjadi salah paham.

Berikut video ceramah ustadz somad mengenai hal ini :

Top