Keistimewaan Doa Anak Sholeh, Bisa Menolong Orang Tua Kelak di Akhirat

Penulis Nadiah Ratna | Ditayangkan 03 Nov 2018

Keistimewaan Doa Anak Sholeh, Bisa Menolong Orang Tua Kelak di Akhirat
anak sholeh via khsblog.net

Anak sholeh ilmu yang bermanfaat menjadi salah satu Amalan yang akan terus mengalir pahalanya walaupun setelah meninggal dunia.

Mengapa? Karena anak sholeh itu hasil dari kerja keras orang tuanya. Islam amat mendorong seseorang untuk memperhatikan pendidikan anak-anak mereka dalam hal agama, sehingga nantinya anak tersebut tumbuh menjadi anak sholeh. Lalu anak tersebut menjadi sebab, yaitu ortunya masih mendapatkan pahala meskipun ortunya sudah meninggal dunia.

Lalu bagaimana jika kita tidak punya anak kandung?

Tidak dijelaskan apakah anak saleh itu anak kandung atau bukan. Jadi jika kita memelihara anak yatim pun kita tetap akan dapat pahala jika mereka jadi anak yang saleh dan mendoakan kita.

Adapun anak sholeh dalil dari Abu Ummah, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membelai kepala anak yatim karena Allah SWT, maka baginya kebaikan yang banyak daripada setiap rambut yang diusap. Dan barang siapa yang berbuat baik kepada anak yatim perempuan dan lelaki, maka aku dan dia akan berada di syurga seperti ini, Rasulullah SAW mengisyaratkan merenggangkan antara jari telunjuk dan jari tengahnya. (Hadis riwayat Ahmad)

Benarkah anak sholeh menolong orang tua di akhirat? Memiliki anak yang sholeh dan sholehah tentu menjadi sebuah kebanggaan, karena do a anak sholeh dan sholeha mampu meringankan beban siksa orangtua di alam kuburnya, mampu menambah timbangan pahala ibu bapaknya kelak. Bagaimana menjadi anak sholeh? Berikut 3 amalan anak sholeh do a yang harus Anda tahu.

Doa agar anak sholeh dan sholehah


 اَللهم اجْعَلْ اَوْلَادِي مِنْ اَهْلِ الْعِلْمِ وَاَهْلِ الْخَيْرِ وَلَا تَجْعَلْهُمْ مِنْ اَهْلِ السُّوْءِ وَاَهْلِ الضَّيْرِ . اَللهم بَارِكْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي وَاحْفَظْهُمْ وَلَاتَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ اَللهم اَتِنِي رِضَاكَ فِي الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَالشَهَادَةِ وَالْمَغْفِرَةِ

Artinya: 
Yaa Allah jadikan anak-anakku ahli ilmu dan ahli kebaikan dan jangan jadikan mereka ahli keburukan dan ahli madhorot .Yaa Allah berikanlah keberkahan pada keturunanku dan peliharalah mereka dan jangan timpakan keburukan kepada mereka dan karuniakan aku dengan kebaikan mereka. Yaa Allah berikan aku ridhomu di dunia dan dan di akherat dan akhirilah hidup kami dengan kebahagiaan dan bacaan syahadat dan ampunan.

Doa agar anak rajin sholat


رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya: 
Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (Surat Ibrahim Ayat 40)

Doa agar anak berbakti kepada orang tua


اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum

Artinya: 
“Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka”.

Selain membaca do a anak sholeh dan sholehah di atas, jangan lupakan juga untuk mengajari dan mendidik anak anak kita. Kelak anak kita akan menjadi cerdas, pintar dan sukses adalah bergantung pada didikan kita selaku orang tua.

Baca Juga : Penting Untuk Ayah, Cara Mendidik Anak Seperti yang Diajarkan Rasulullah


Apa ciri anak sholeh?

Keistimewaan Doa Anak Sholeh, Bisa Menolong Orang Tua Kelak di Akhirat
ilustrasi ciri anak sholeh via bysdinurulhuda.blogspot.com

Namun saat ini, betapa banyak kita melihat perilaku anak yang jauh dari kata berbakti. Anak tidak mengakui orang tua, anak kasar pada orang tua, bahkan sampai ada anak yang tega membutuh kedua orang tuanya. Berikut ciri anak sholeh yang harus Anda tahu.

1. Taat kepada Allah SWT dan Rasulnya
  • Mematuhi segala perintahnya (beribadah tepat waktu, beramal, dll)
  • Menjauhi segala larangannya (tidak mabuk-mabukan, dll).

2. Berbakti kepada Orang tua
  • Membantu orang tua tanpa diperintah
  • Tidak berbicara “ah” untuk menolaknya
  • Tulus dan ikhlas dalam membatu orang tua
  • Merawat dengan penuh kasih kala orang tua berusia senja dan sakit sebagaimana orang tua merawat kita diwaktu kecil.
  • Santun berbicara dengan orang tua
  • Mendoakan orang tua

3. Hormat terhadap yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, yaitu tidak membenci atau menghina sesama teman walau berbeda suku, agama, dan warna kulit, berbicara dengan santun, dll

4. Bersyukur atas segala kasih sayang yang diberikan orang tua, tidak menggerutu atau menuntut sama dengan orang lain

5. Saling memaafkan ketika berbuat salah, pokoknya jangan mengingat kesalahan orang lain tetapi ingatlah segala kebaikannya.

6. Memberikan hadiah pada orang tua tidak hanya dengan sebuah barang, perhatian, cinta, dan prestasi adalah hadiah terindah.


Apa manfaat anak sholeh?

Keistimewaan Doa Anak Sholeh, Bisa Menolong Orang Tua Kelak di Akhirat
ilustrasi manfaat anak sholeh via birchmore.org

Orang tua akan memetik buah hasil dari jerih payahnya mendidik anak. yaitu ketika anak-anaknya menjadi sholeh dan sholehah. Hasilnya bukan hanya didapat di dunia, bahkan di alam kubur dan akhirat kelak.

Berikut manfaat mempunyai anak yang shaleh

1. Do’a anak sholeh dikabulkan
Rasulullah saw bersabda, ” Apabila manusia mati, terputuslah amalannya kecuali dari tiga perkara: Shadaqah jariah, Ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakan untuk orang tuanya.”(HR.Muslim dari Abu Hurairah)

2. Ditambah umurnya
Rasulullah saw juga bersabda,” Sesungguhnya Allah tidak akan menangguhkan umur seseorang apabila ia telah sampai ajalnya. Penambahan umur itu hanyalah apabila menganugerahkan keturunan yang shalih kepada seorang hamba. orang tuanya didoakan maka sampailah doanya ke alam kuburnya.” ( HR.Hakim dari Abu Darda’)

3. Diangkat derajatnya disisi Allah
Rasulullah saw juga menerangkan bahwa setelah meninggal dunia, derajat orang masih bisa diangkat. Si mayit yang merasa diangkat derajatnya terkejut dan berkata,” Ya Allah, apa ini?” Maka akan dijawab, ” Itu karena anakmu selalu memintakan ampun untukmu.” (HR.Bukhori dalam Adab Mufrad, dari Abu Hurairah).

4. Anak sholeh selalu menjaga nama baik keluarga
Anak sholeh tentu akan menjaga nama kelurga terutama orang tua. ketika keluarganya punya masalah, maka ia akan mencari solusi dan merahasiakan aib itu dari orang lain. Jangankan mencemarkan nama baik keluarga, berkata “ah” aja dia tidak akan berani kepada orang tuanya.

5. Selalu menasehati keluarga
Anak sholeh akan paham bahwa kepatuhan dia kepada Allah adalah salah satunya hasil dari pendidikan orang tua dan keluarganya. Maka dia akan berusaha menasehati keluarganya yang melenceng dari aturan agama.

Allah berfirman,” Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya dari manusia dan batu”.(QS.At-Tahrim:6).

6. Orang tua akan mendapat pujian
Ketika orang tua punya anak yang sholeh yang segala tindak-tanduknya mencerminkan akhlaq mulia, maka otomatis orang tua akan mendapatkan pujian dari orang lain. Orang -orang akan membicarakan dan meminta pendapatnya tentang cara mendidik anak menjadi sholeh.

7. Anak sholeh meringankan beban orang tua
Anak yang sholeh tentu akan berusaha meringankan permasalahan yang dihadapi orang tua. Ia akan tahu diri dan bisa menempatkan segala sesuatu pada tempatnya. Bukan malah membebani orang tua seperti yang kita dengar di media masa, dimana banyak anak yang tega menganiaya orang tuanya karena tidak dituruti kemauannya. Bahkan beberapa kasus ada anak yang tega membunuh orang tuanya karena tidak dibelikan motor.

Baca Juga : Ucapkan 9 Kalimat ini Ke Anak Setiap Hari, Anda Akan Kaget Melihat Perubahan Sikap Mereka!


Demikian ulasan tentang anak sholeh yang dapat kami bagikan. Yuk segera berbenah diri, mumpung masih ada waktu di dunia ini. Semoga para orang tua, ayah, ibu dan adik-adik bisa mengambil pelajaran ulasan di atas, jangan sampai kita menjadi anak yang durhaka ya.
SHARE ARTIKEL