Benarkah Uang Kuno Mahal? Bagaimana Cara Menjualnya

Penulis duwi Pebrianti | Ditayangkan 19 Oct 2018
Benarkah Uang Kuno Mahal? Bagaimana Cara Menjualnya
Ali palsu via numismatik-indonesia.blogspot.com

Apakah uang kuno bisa dijual? Saat ini uang kuno memiliki nilai jual yang sangat tinggi, namun jangan sampai tertipu bisa saja itu palsu.

Salah satu cara terbaik adalah membandingkan uang kuno asli dan palsu. Bagaimana cara membandingkannya? Simak uraiannya disini.

Seperti apa uang kuno yang paling dicari? Ada 4 uang koin kuno yang paling banyak diburu yaitu: uang koin nominal Rp 1, uang nominal Rp 5 rupiah, uang koin Rp 10 warna emas, dan uang nominal Rp 10 warna silver juga banyak dikoleksi oleh pecinta barang antik.

Ternyata harga uang kuno mahalnya bukan main lho! Harga uang kuno di indonesia termahal adalah kisaran angka 25 sampai dengan 35 juta rupiah, uang koin kuni ini adalah uang koin pecahan 850.000 rupiah yang memiliki berat 50 gram.

Tapi hingga saat ini itu adalah suatu keberuntungan jika Anda bisa menjual dengan harga yang ribuan kali lipat dari harga aslinya.

Karena belum terbukti ada yang pernah laku. Biasanya untuk sekedar koleksi uang kuno dengan nilai recehan kecil di Rp 1, 5, 10, 25, 50, 100 dijual dengan harga Rp 10ribuan.

Apakah uang kuno bisa ditukar di bank? Iya, uang lama teryata juga bisa ditukar dibank. Mengapa uang kuno mahal? Karena uang kuno saat ini sudah sangat langka, hanya beberapa orang saja yang menyimpan dan mempunyai uang kuno ini, jadi pantas jika harganya mahal. Biasanya orang yang memiliki hobby mengumpulkan barang bersejarah atau barang kuno berani membayar mahal untuk bisa mendapatkan uang kuno ini.

Simak cara membedakan uang kuno yang asli dan palsu, awas jangan sampai tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, teliti terlebih dahulu sebelum membelinya.

Benarkah Uang Kuno Mahal? Bagaimana Cara Menjualnya
Uang Kuno via kompasiana.com

Perbedaan Uang Kuno Asli dan Palsu

Dijelaskan kolektor dan pedagang uang kuno di Pasar Sentra Antasari Hanafi dan Sarkuni, bahkan karena nilai sejarahnya yang kental dan berharga tinggi bagi sebagian orang, ada saja orang yang coba memalsukan uang koin kuno.

Bagaimana tidak, beberapa uang kuno seri-seri tertentu khususnya dengan cetakan sebelum tahun 1800 bisa mencapai jutaan rupiah nilainya di mata kolektor uang kuno.

Makin tua atau langka suatu seri uang kuno, maka akan semakin tinggi harga jualnya.

Di kios kedua pedagang dan kolektor uang kuno ini, berbagai macam uang kuno ditawarkan mulai Rp 25.000 hingga jutaan rupiah.

"Ada saja kadang-kadang yang tawarkan mau jual (uang kuno palsu) kepada saya, memang sulit dibedakan. Tapi karena saya punya pembanding yang asli jadi ketahuan bedanya," kata Sarkuni.

Dijelaskan Sarkuni, khususnya untuk uang koin cetakan sebelum tahun 1800 terbuat dari perak murni. Sedangkan yang palsu banyak dibuat dari tembaga atau kuningan yang dipoles dengan perak.

Video Cara Membedakan Uang Kuno Asli-Palsu:




Demikian artikel ini kami buat, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda. Sekian dari kami, bila ada salah kata kami mohon maaf yang sebesarnya, terimakasih sudah membaca blog kami.
SHARE ARTIKEL