Keunggulan Pondok Pesantren Dibandingkan Sekolah Lainnya

Penulis duwi Pebrianti | Ditayangkan 10 Oct 2018

Keunggulan Pondok Pesantren Dibandingkan Sekolah Lainnya

Ayo mondok via lyceum.id

Lebih baik pondok apa sekolah umum biasa ya?

Saat anak memasuki usia sekolah tentu para orang tua akan dihadapkan dengan kebingungan tempat sekolah anak. Di era saat ini banyak sekali pilihan sekolah untuk anak mulai dari full day school, sekolah umum, madrasah, dan juga pondok pesantren.

Lantas dari semua pilihan itu mana pilihan yang terbaik/ Berikut adalah penjelasan mengenai seluk beluk dan keunggulan pondok pesantren sebagai tempat pendidikan anak.

Apakah pondok pesantren pada saat ini masih diperlukan? 

Masih. Sebab pondok pesantren jadi tempat kita memperdalam ilmu agama islam sekaligus tempat membangun akhlakul karimah. 

Peran Pondok Pesantren tidak bisa diabaikan begitu saja dari sejarah dan budaya Indonesia, karena pondok memiliki peran penting dalam mempelajari ilmu agama.

Untuk itu pondok pesantren menyusun kegiatan-kegiatan yang membentuk hal-hal positif serta bermanfaat. 

Apa saja yang dipelajari di pondok pesantren? Persoalan yang didiskusikan didalam pondok pesantren bisa apa saja, seperti persoalan fiqh, nahwu, dan mempelajari mengulang kitab-kitab yang dipelajari sebelumnya.

Peran Pondok Pesantren tidak bisa diabaikan begitu saja dari sejarah dan budaya Indonesia, karena pondok memiliki peran penting dalam pendidikan dan penyebaran agama islam di indonesia.

Pondok pesantren diketahui sebagai suatu tempat untuk para siswa/i-nya (santri) guna menimba ilmu keagamaan islam, dimana yang membedakannya dengan sekolah, karena biasanya para santrinya juga tinggal menetap di pondok tersebut hingga santri tersebut lulus dari pendidikannya.

Tempatnya juga memiliki ciri khas dimana kebanyakan suatu pondok itu adalah tertutup (memiliki tembok tinggi mengitari pondoknya) untuk mengatur keluar masuk ke pondok tersebut. 

Keunggulan Pondok Pesantren Dibandingkan Sekolah Lain

Tahukah kalian tentang pendidikan tersirat yang ada di pondok pesantren yang belum tentu didapatkan di lembaga atau tempat lain? Inilah beberapa pendidikan tersembunyi yang tidak akan kalian dapatkan jika kalian belum mondok.

Keunggulan Pondok Pesantren Dibandingkan Sekolah Lainnya

Manfaat blajar dipondok via nahdlatululama.id

Berikut adalah budaya dan kegiatan yang menjadi keunggulan bersekolah di pondok pesantren:

Belajar Gotong Royong dengan Budaya Ro'an (Bersih Bersih/Kerjabakti Bersama) yang Dilakukan Setiap Minggunya bahkan Setiap Hari.

Gotong royong adalah budaya baik yang sudah menjadi budaya turun menurun Bangsa Indonesia. Kegiatan ini akan memupuk rasa empati dan melatih kerja sama dengan orang lain. 

Fitrah manusia adalah mahluk sosial, yang membutuhkan bantuan orang lain, sehingga dengan belajar gotong royong yang ditanamkan di pondok pesantren berupa ro'an maka nantinya ketika mereka telah lulus dan keluar dari pondok, akan terbiasa dengan budaya ini, dan tidak kagok dengan kehidupan nyata dalam bermasyarakat.

Budaya gotong royong inilah yang menjadi keunggulan pondok pesantren. 

Pendidikan Untuk Selalu Ta'dhim (Menghormati) Para Pengasuh dan Ustadz serta yang Lebih Tua.

Pendidikan pondok pesantren untuk selalu menghormati para Kyai (pengasuh pondok pesantren) bahkan kepada semua keluarga Ndalem (keluarga kyai) adalah pelajaran yang tidak banyak diajarkan atau tidak banyak dipraktekkan langsung di lembaga lembaga pendidikan.

Dibuktikan dengan memang adanya mata pelajaran siswa/i terkait Moral, atau Akhlak. Namun kalian tau sendiri bahwa moral siswa/i tidak banyak berkembang dan bahkan semakin hancur karena berbagai pengaruh lingkungan. 

Hal ini berbeda dengan di pondok pesantren, dimana setiap santrinya walaupun tidak ada peraturan untuk mewajibkan Ta'dhim ke Kyai.

Namun sikap itu timbul sendirinya karena wibawa dan tinggi keilmuannya para Kyai, sehingga hampir tidak mungkin setiap santri tidak men-Ta'dhimii para Kyainya. 

Moral inilah yang bisa dibawa oleh para santri yang telah lulus dari pondoknya, untuk selalu mengamalkan dengan menghormati setiap orang yang lebih tua daripada mereka, sehingga tidak mudah menyombongkan diri, dan mudah merendahkan orang lain. 

Seperti halnya zaman sekarang ini yang semakin banyak kalian tahu.

Ngalap Barokah. Istilah Bahasa Jawa yang Berarti Berharap Mendapatkan Berkah Melalui Kyai di Pondok Pesantren.

Ngalap Barokah. adalah bahasa jawa yang jika diindonesiakan artinya berharap mendapat barkah. Kegiatan ini juga jadi salah satu keunggulan pondok pesantren. 

Hal ini biasa diimplementasikan dengan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan di dalam pondok, semisal menyapu, membawakan kitab Kyai, membersihkan kamar mandi, membersihkan mushallah, dll. 

Dengan jalan aktifitas itu, para santri berharap akan mendapatkan barokah ilmu yang bermanfaat, atau setidaknya ketularan kealiman dari para Kyainya.

Mencari keridhaan Allah itu bisa dicari dari hal apa saja, seperti hal nya aktifitas tersebut. Sehingga melalui aktifitas itu, Allah akan ridha kepada santrinya dan memberikan keberkahan ilmunya. 

Itulah pendidikan yang bisa diterapkan dikehidupan nyata di masyarakat oleh para santri ketika sudah terjun langsung di lingkungan masyarakatnya. 

Bahwa untuk mencapai segala sesuatu hal hal baik pun perlu dilakukan, sebagai cara untuk mencapai sesuatu yang dituju.

Talaman sebagai Pelajaran untuk Selalu Hidup Rukun dalam Keberagaman dan Kebersamaan di Lingkungan yang Heterogen.

Berbeda dengan ro'an yang identik dengan sesuatu yang sering tidak disukai, karena malas bersih-bersih. 

Namun, talaman ini sesuatu yang sering ditunggu tunggu oleh para santri akan kedatangannya. 

Talaman ini sendiri artinya makan bareng dalam satu nampan untuk dimakan bersama yang biasanya 5-7 orang atau lebih. Bahasa inipun berbeda-beda di berbagai daerah.

Seperti Bancaan/Mayoran/Lengseran dan lain lain. Kemudian hal ini mengajarkan apa? Hal ini mengajarkan bahwa dalam Talaman itu, mengajarkan untuk saling berbagi satu sama lain, apalagi berbagi rijeki, yang zaman sekarang jarang dilihat, karena keserakahan dan ketamakan setiap orang. 

Coba bayangkan jika setiap orang bisa berbagi rejeki satu sama lain, tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, mungkin kemiskinan sudah tidak ada di negeri ini, atau bahkan tingkat korupsi tidak semakin meningkat.

Budaya Talaman pun tidak mengenal kamu siapa atau seberapa tinggi pangkatnya. 

Jika kalian kelihatan, maka sebisa  mungkin santri yang lain akan mengajak bahkan sedikit meminta agar kamu juga ikut nimbrung dan ikut menikmati rijeki gratis tersebut. Bayangkan alangkah indahnya jika hal itu ada pada setiap moral anak bangsa.

Belajar Hidup Sederhana dan Bertanggungjawab di Pondok Pesantren.

Kenapa harus belajar hidup sederhana? Bukankah jika ingin menjadi orang besar, seseorang harus berfikir besar pula? 

Mungkin itu yang muncul dalam benak beberapa orang, sehingga dalam kehidupannya pun bergaya seperti orang kaya atau orang besar.

Namun, apakah kalian juga berfikir, bahwa sebelum seseorang itu benar benar menjadi orang besar dan kaya, mereka tidak serta merta langsung menjadi kaya, melainkan membuthkan proses dari bawah. 

Hal inilah yang ingin ditanamkan pada setiap santri yang menimba ilmu di pondok pesantren untuk hidup sederhana, guna belajar dan bisa merasakan rasanya menjadi orang yang kekurangan.

Sehingga seorang santri jika sudah lulus, bisa lebih prihatin dan tidak hidup dalam kemewah-mewahan atau berfoya-foya. 

Selain itu, para santri juga mau tidak mau ditanamkan untuk bertanggungjawab, seperti terkait pakaiannya yang harus dicuci sendiri, kebersihan kamarnya, dll. 

Hal tersebut untuk mendidik agar para santri nantinya tidak mengandalkan dan bergantung pada orang lain, sehingga bisa mandiri dan tanggungjawab terhadapat dirinya dan kebutuhannya sendiri.

Sehingga pembelajaran hidup sederhana dan juga bertanggung jawab ini menjadi salah satu keunggulan pondok pesantren. 

Selain itu, ada 5 unsur pondok pesantren yang harus Anda ketahui, apa saja 5 unsur itu? Ini penjelasannya.

Keunggulan Pondok Pesantren Dibandingkan Sekolah Lainnya

Unsur pondok via pondoktahfidzdijawatimur.wordpress.com

Unsur dan Komponen Pondok Pesantren

Dalam lembaga pendidikan Islam yang disebut pesantren sekurang-kurangnya ada unsur-unsur: kiai yang mengajar dan mendidik serta jadi panutan, santri yang belajar kepada kiai, masjid sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan dan sholat jamaah, dan asrama tempat tinggal santri. 

Sementara itu menurut Zamakhsyari Dhofier ada lima elemen utama pesantren yaitu pondok, masjid, pengajian kitab-kitab klasik, santri dan kiai.  Unsur-unsur pondok pesantren tersebut sebagaimana berikut:

a. Pondok

Menurut Hasbullah bahwa perkembangan pondok pesantren bukanlah semata-mata dimaksudkan sebagai tempat tinggal atau asrama para santri untuk mengikuti pelajaran yang diberikan oleh kiai, tetapi juga sebagai latihan bagi santri yang bersangkutan agar mampu hidup mandiri dalam masyarakat.

b. Masjid

Menurut bahasa, masjid merupakan isim makan (nama tempat) yang diambil dari fiil (kata kerja) bahasa Arab sajada, yang artinya tempat untuk sujud. 

Pada mulanya yang dimaksud dengan masjid adalah bagian (tempat) di muka bumi yang dipergunakan untuk bersujud, baik dihalaman, lapangan, ataupun di padang pasir yang luas.

Akan tetapi, pengertian masjid ini lama kelamaan tumbuh dan berubah sehingga pengertiannya menjadi satu bangunan yang membelakangi arah kiblat dan dipergunakan sebagi tempat sholat baik sendiri atau jamaah.

c. Santri

Santri merupakan unsur pokok dari suatu pesantren, santri biasanya terdiri dari dua kelompok yaitu santri mukim dan santri kalong sebagaimana dijelaskan oleh Hasbullah bahwa 

  • Santri mukim adalah santri yang berasal dari daerah yang jauh dan menetap di pesantren. Santri mukim yang telah lama tinggal di pesantren biasanya diberi tanggung jawab untuk mengurusi kebutuhannya sehari-hari. 
  • Santri kalong adalah santri yang berasal dari daerah desa sekeliling pesantren yang tidak menetap di pesantren. Mereka biasanya pulang pergi dari rumah ke pesantren.

Adapun alasan santri pergi dan menetap disuatu pesantren karena berbagai alasan, yaitu :

  • Ia ingin mempelajari kitab-kitab lain yang membahas Islam secara lebih mendalam dibawah bimbingan Kiai yang memimpin pesantren tersebut;
  • Ia ingin memperoleh pengalaman kehidupan bersama, baik dalam bidang pengajaran keorganisasian maupun hubungan dengan pesantren-pesantren terkenal;
  • Ia ingin memusatkan studinya dipesantren tanpa disibukkan kewajiban sehari-hari dikeluarganya.

d. Kiai

Kiai merupakan elemen yang esensial dari suatu pondok pesantren bahkan merupakan pendiri pesantren tersebut. 

Kiai bukanlah gelar yang bisa didapatkan dari pendidikan formal, akan tetap gelar tresebut diberikan oleh masyarakat kepada orang yang ilmu pengetahuannya mendalam tentang agama Islam dan memiliki serta memimpin pondok pesantren dan juga mengajarkan kitab-kitab klasik pada para santrinya.

e. Pengajian kitab-kitab klasik

Unsur pokok lain yang membedakan antara pondok pesantren dengan lembaga pendidikan lain adalah bahwa dalam pondok pesantren ini diajarkan kitab-kitab klasik yang dikarang oleh Ulama terdahulu. 

Di kalangan pesantren kitab-kitab klasik ini bisa disebut dengan kitab kuning, bahkan karena tidak dilengkapi dengan sandangan (syakal), istilah lain kerap oleh kalangan pesantren dengan sebutan kitab gundul.

Keunggulan Pondok Pesantren Dibandingkan Sekolah Lainnya

Pondok pesantren via presidenri.go.id

Daftar Pondok Pesantren di Indonesia

Lalu ada berapa pondok pesantren di indonesia? Dimana pondok pesantren tertua di indonesia? 

Ada banyak sekali pondok pesantren di Indonesia, tetapi hanya ada 31 pondok terbaik dan terbesar di Indonesia. 

Berikut ini adalah daftar nama pesantren tertua di Indonesia dan juga pendirinya dan tahun berdiri. Hingga saat ini, pesantren tertua ini masih ada dan terus melakukan inovasi dan perkembangan sesuai zaman.

  • Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu, Kebumen, Jawa Tengah. Didirikan oleh Syekh As Sayid Abdul Kahfi Al Hasani (ulama besar dari Hadramaut, Yaman) pada 4 Januari 1475 M/879 H. Ini pesantren tertua se-Asia Tenggara.
  • Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat. Didirikan oleh Mbah Muqoyyim pada tahun 1715 M.
  • Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur. Didirikan oleh Sayyid Sulaiman bin Sayyid Abdur Rahman Basyaiban pada tahun 1718 M.
  • Pesantrean Al Mujahid (Sekarang berganti nama Al Alawiyyin), Cianjur, Jawa Barat. Didirikan pada tahun 1760 M.
  • Pondok Pesantren Jamsaren, Surakarta, Jawa Tengah. Didirikan oleh Kiai Jamsari pada tahun 1768 M.
  • Pondok Pesantren PPMH, Gading, Malang, Jawa Timur. Didirikan oleh KH. Hasan Munadi pada tahun 1768 M.
  • Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Madura. Didirikan oleh Kiai Itsbat pada tahun 1787 M.
  • Ponpes Hidayatut Thullab (Pondok Tengah), Kamulan, Durenan, Trenggalek, Jawa Timur. Didirikan pada 1790 M.
  • Pondok Pesantren Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Didirikan pada tahun 1818 M.
  • Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen, Palengaan, Pamekasan, Jawa Timur. Asuhan KH. Muhammad Muddatstsir Badruddin (Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur). Didirikan oleh KH. Nasruddin bin Itsbat pada tahun 1827 M.
  • Pondok Pesantren Al-Iman, Purworejo Jawa Tengah. Didirikan pada tahun 1828 M.
  • Pondok Pesantren Tremas Paciatan Jawa Tengah. Didirikan oleh KH. Abdul Mannan pada tahun 1830 M.
  • Pondok Pesantren Langitan Tuban Jawa Timur. Didirikan oleh KH. Muhammad Nur pada tahun 1852 M.
  • Pondok Pesantren Syaichona Cholil Bangkalan Madura. Didirikan oleh Syaichona Muhammad Kholil pada tahun 1861 M.

Peran Pondok Pesantren dalam Terbentuknya NU 

Sejarah lahirnya NU tidak bisa terlepas dari peran pesantren karena pesantren merupakan bagian integral dari NU. 

NU lahir juga dibidani oleh kiai pesantren dan bisa ditelusuri secara historis maupun empiris. Hampir sebagian besar pesantren yang ada di Indonesia beraviliasi kepada NU.

Keinginan untuk mendirikan organisasi formal struktural dimulai dengan kelompok-kelompok pengajian keliling. 

Selain itu, para ualam juga membentuk diskusi yang diberi nama Tashwirul Afkar (1918) di Ampel suci Surabaya. 

Forum diskusi untuk membahas berbagai masalah yang dihadapi umat dipelopori oleh K.H. A. Wahab Hasbullah dan K.H. Mas Mansyur. Namun akhirnya, K.H. Mas Mansyur masuk Muhammadiyah, sedangkan kiai Wahab mendirikan NU.

Sebelum NU lahir, para ulama pesantren telah membentuk organisasi atau jamiah untuk mewadahi diri dalam kiprahnya. 

Antara lain dalam Nahdlatul Tujjar yaitu organisasi yang bertujuan untuk memperbaiki ekonomi umat. Nahdlatul Wathon (1918) adalah sebuah organisasi yang didirikan di kampung Kawatan Surabaya dan Nahdlatul Syubban adalah organisasi kepemudaan.

Pesantren terutama yang terletak di daerah pedesaan adalah "NU kecil" (NU Jamiah). 

Kiai, ustad, santri, dan berbagai unsur lain dalam pesantren merupakan rumah NU yang sejak awal didirikan sebagai "Jamiah Diniah Ijtimaiyah" (organisasi sosial keagamaan) yang dibentuk sebagai wadah perjuangan para ulama dan pra pengikutnya untuk membina syiar Islam dan membangun kehidupan Islam.

Nahdlatul Ulama tidak berarti bahwa NU hanya beranggotakan para ulama, namun anggotanya terdiri dari berbagai lapisan masyarakat dan selalu terbuka untuk siapapun juga.

Demikian penjelasan pondok pesantren yang dapat kami sampaikan, semoga bisa menambah pengetahuan serta bermanfaat bagi Anda. 

SHARE ARTIKEL