Beberapa Bacaan Shalawat Nabi yang Dapat Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Penulis Nadiah Ratna | Ditayangkan 07 Aug 2018


Beberapa Bacaan Shalawat Nabi yang Dapat Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-haribacaan shalawat nabi via mediamaya.net

Sholawat Nabi merupakan salah satu amal yang harus dilakukan oleh setiap umat Islam. 

Sebagai bentuk ibadah kepada Allah sekaligus sebagai bukti kecintaan kita kepada Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Yuk simak, apa saja bacaan shalawat nabi yang bisa kita amalkan.

Menurut Ibnu Katsir, sholawat dari Allah artinya adalah pemberian rahmat dan kemuliaan. 

Jika dari malaikat, artinya adalah memohonkan ampunan. 

Dan jika dari umatnya artinya adalah doa agar beliau dilimpahi rahmat dan kemuliaan.

Begitu banyaknya bentuk bacaan shalawat nabi. 

Berikut ini kami akan mengulas  beberapa jenis bacaan shalawat nabi yang mungkin Anda butuhkan untuk menambah wawasan dan amalan atau sebagai bahan referensai dan renungan. 

Semoga Allah SWT meridhoi usaha dan amalan kita.

Baca Juga :

Bacaan Shalawat Nabi


Beberapa Bacaan Shalawat Nabi yang Dapat Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hariImage © wajibbaca.com

Ada beberapa macam shalawat, di sini kami menyebutnya shalawat khusus dan shalawat umum. 

Sholawat umum adalah sholawat pendek yang biasanya sering diucapkan dalam sholat dan diamalkan tidak dalam jumlah tertentu.

Sholawat umum itu antara lain :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ

“Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad An Nabiyyil Ummiyyi.”

Artinya : "Ya Allah, berilah Shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi”.

اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

“Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad Wa’Ala Ali Muhammad Kama Shollaita ‘Ala Ali Ibrahim, Innaka Hamidun Majid.”

Artinya

"Ya Allah, berilah Shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya, karena engkau memberi shalawat kepada kerabat Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia".

Shalawat khusus yaitu bacaan sholawat yang memiliki keutamaan khusus apabila diucapkan dalam jumlah tertentu . 

Ada banyak sekali bacaan sholawat khusus ini dengan berbagai keutamaan yang dimilikinya. 

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1.  Sholawat nariyah


Beberapa Bacaan Shalawat Nabi yang Dapat Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hariilustrasi sholawat nariyah via sukmasajiwo.wordpress.com

Latinnya :

Allohumma sholli shollatan kamilah wa sallim salaman Taman ala sayyidina Muhammadiladzi tanhallu bihil uqodu wa tanfariju bihil kurobu.Wa tuqdhobihil hawa iju wa tunna lu bihiro ibu wa husnul khowatim wa yustaqol ghomawu biwaj hihil kariim wa ala aalihi washosbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi adadi kulli ma luu mi laka ya robbal aalamiin..

Artinya :

"Ya Allah Tuhan Kami limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan ditunaikan segala macam hajat tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah dicurahkan rahmat dengan berkah pribadinya yang mulia. Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna itu semoga Engkau limpahkan juga kepada para keluarga dan sahabatnya setiap kedipan mata dan hembusan nafas bahkan sebanyak pengetahuan Engkau Ya Tuhan semesta alam."

Doa sholawat Nariyah ini merupakan doa sholawat yang memiliki keutamaan sangat besar. 

Keutamaan sholawat Nariyah antara lain :

  • Dapat mempermudah tercapainya cita – cita yang tinggi.
  • Dapat melapangkan segala kesempitan.
  • Dapat mempercepat terkabulnya hajat yang penting.

Cara mengamalkan doa Sholawat Nariyah dapat anda Anda baca secara berkelanjutan setiap selesai shalat fardhu sebanyak 11 kali. 

Atau bisa juga dibaca sebanyak 40 kali atau 100 kali setiap hari baik siang maupun malam, Insya Allah dengan izin Nya apa yang menjadi hajat Anda akan segera terkabulkan.


Baca Juga :

2.  Sholawat Al Fatih

Beberapa Bacaan Shalawat Nabi yang Dapat Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hariilustrasi sholawat al fatih via masrukhan.net

Latinnya :

Allahumma shalli wasallim wabaarik ‘alaa sayyidinaa Muhammadinil faatihi limaa ughliqa, wal khaatimi limaa sabaqa wannaashiril haqqi bil haqqi walhaadii ilaa shiraathikal mustaqiimi, shallallaahu ‘alaihi wa ‘alaa aalihi wa ash haabihi haqqa qadrihii wamiqdaa rihil ‘adziim.

Artinya :

Ya Allah curahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang dapat membuka sesuatu yang terkunci, penutup dari semua yang terdahulu, penolong kebenaran dengan jalan yang benar, dan petunjuk kepada jalanMu yang lurus. Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada beliau, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya dengan sebenar-benar kekuasaanNya yang Maha Agung.”

Sholawat yang memiliki keutamaan besar lainnya adalah Sholawat Al Fatih atau yang sering dikenal dengan sholawat fatih. 

Amalan sholawat fatih ini memiliki keutamaan yang sungguh luar biasa, yaitu :

  • Untuk menghilangkan segala kesempitan atau kesusahan hati.
  • Dapat menjauhkan diri dari siksa api neraka.
  • Dapat bertemu dengan Rasulullah SAW dalam mimpi.
  • Dapat melapangkan rezeki.
  • Diselamatkan keluarganya dari marabahaya.
  • Akan mendapatkan pahala yang besar sebagaimana membaca sholawat lain sebanyak 1000 kali atau bahkan 600.000 kal.

Cara mengamalkan sholawat Al Fatih ada beberapa cara yaitu 

  • Untuk mendapatkan manfaat yang pertama dan kedua Anda bisa membaca sholawat al fatih sebanyak-banyaknya kapanpun dan dimanapun, sekurang-kurangnya adalah satu kali seumur hidup.
  • Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat yang ketiga, baca sholawat al fatih sebanyak 1000 kali pada hari kamis atau malam jumat atau pada malam senin. Sebelum membaca, terlebih dahulu melaksanakan sholat hajat sebanyak 4 rakaat setiap dua rakaat salam. Pada rakaat pertama, setelah membaca surat Al Fatihah kemudian membaca surat Al Qadar. Pada rakaat kedua setelah membaca surat Al fatihah, lalu membaca surat Al Zalzalah. Lalu pada rakaat pertama dalam shalat hajat yang kedua, setelah membaca surat Al Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al Kafirun, pada rakaat kedua membaca Al Mu’awwidzatain.
  • Untuk mendapatkan manfaat yang keempat dan kelima maka bacalah sholawat diatas secara kontinu setiap selesai mengerjakan sholat shubuh sebanyak 21 kali.

Baca Juga :

3. Sholawat Munjiyat

الَّلهـُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِـناَ مُحَمَّـدٍ صَلَتً تُنْـجِـنَا بِهَا مِنْ جَـمِيـْعِ اَلْاَ هـوَالِ وَاَلْاَ فاَتِ ,وَتـَقْضِى لَنَا بِـهـَا جَـمِيْعَ الْحَا جَاتِ ، وَتُـطَـهِـرُنَا بِهاَ مِنْ جَمِيعِ السَّـيِئاَ تِ

وَتَرْ فَعُناَ بِهاَ اَعْلىَ الدَّ رَجاَتِ ، وَتُبَـلِّـغُـنَا بِهاَ اَقْصَ الْغاَ ياَتِ، مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِفِى الْحَياَتِ وَبَعْدَ الْمَماَتِ اِنَّكَ عَلىَ كُلِّ شَيئٍ قَـدِ يْرٌ

Latinnya :

Allohumma sholli ‘ala syaiyidina muhammad sholatan tunjina biha min jami’il ahwali wal afat wataqdilana biha jami’il hajat watutohhiruna biha min jami’can be syayyiat.

Watarfa’una biha a’lad darojat watuballi ghuna biha aqshol ghoyat min jami’il khoiroti fil Biologi waba’dal mamat. Birohmatika ya Arhamar Rahimin.

Artinya :

Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kita dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan. Dan dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami. Dan dengan shalawat itu, Engkau akan membersihkan kita dari semua keburukan/kesalahan. Dan dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi.Dan dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati. Dengan rahmatu-Mu, wahai Sang Pemberi Rahmat.

Sholawat Munjiyat ini sudah tidak asing lagi di kalangan umat muslim. 

Sholawat Munjiyat memiliki keutamaan yang sangat besar sekali, diantaranya sebagai berikut :

  • Dapat mengabulkan segala hajat.

  • Menghilangkan segala kesulitan.

  • Menjadikan hati bersinar terang benderang.

  • Memudahkan datangnya rezeki dan melapangkannya.

  • Apabila dibaca di saat proses melahirkan, maka anak itu akan menjadi anak yang sholeh dan berguna bagi agama, nusa dan bangsa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun cara mengamalkannya shalawat munjiyat ini hendaknya dibaca secara kontinu setiap selesai sholat fardhu sebanyak 11 kali.

Apabila dalam proses melahirkan sholawat munjiyat dibaca sebanyak 41 kali. Bisa juga dibaca 1000 kali sehari semalam.


Demikian beberapa bacaan shalawat nabi. Masih banyak bacaan sholawat nabi lainnya, baik dalam hadits maupun yang disusun oleh para ulama. 

Semoga kita semua dimudahkan Allah untuk membiasakan bersholawat dan kelak mendapat syafaat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Wallahu a’lam bish shawab. 

SHARE ARTIKEL