Tanda2 Kehamilan Minggu Pertama yang Bisa Anda Ketahui

25 Aug 2018  duwi Pebrianti
Tanda2 Kehamilan Minggu Pertama yang Bisa Anda Ketahui

Awal hamil via youtube.com

Bagaimana tanda2 kehamilan awal? Apakah hanya tidak haid daja tanda2 kehamilan awal itu? Apa saja tanda2 kehamilan di awal minggu? Yuk simak penjelasannya disini.

Tidak menstruasi atau telat menstruasi bukanlah satu-satunya tanda yang menjadi tolak ukur bagi Anda untuk menentukan apakah Anda telah hamil atau belum. Selama awal kehamilan, payudara Anda mungkin terasa sakit, sensitif, atau keras saat disentuh. Kedua payudara juga mungkin terasa lebih padat dan lebih lengkapnya simak penjelasannya disini.

Baca Juga : Mengungkap Mitos Kista Rahim yang Dihubungkan dengan Kesuburan Wanita

Meskipun kita ingin punya anak dan telah mempersiapkannya, kadang-kadang kita tidak tahu tanda2 kehamilan awal bila kita baru mengalaminya pertama kali. Tanda2 kehamilan yang paling umum adalah mual, pusing, pendarahan di awal kehamilan, dan perubahan hormonal.

Apakah saya hamil? Untuk mengetahuinya Berikut kami jelaskan dengan lengkap apa saja tanda2 kehamilan awal yang pasti. Ada beberapa tanda2 kehamilan yang jarang disadari oleh wanita atau calon ibu. Misalnya, muncul flek, keram, mual, sembelit, dll. Setiap wanita mengalami tanda2 kehamilan yang berbeda-beda. Namun, tanda2 kehamilan di bawah ini layak untuk dicermati karena kebanyakan wanita yang tengah hamil muda mengalaminya tanpa mereka sadari.

Tanda2 kehamilan memang bisa sering dirasakan sejak awal kehamilan. Bagaimanapun kehamilan bisa merubah tubuh ibu sehingga membuat perasaan sang ibu tidak menentu, bagi pasangan yang merencanakan kehamilan, maka berbagai tanda tanda kehamilan pada tahap awal tentu sangat menyenangkan.

Tanda2 Kehamilan Minggu Pertama yang Bisa Anda Ketahui

Tanda hamil via agil-asshofie.blogspot.com

Tanda2 Kehamilan Minggu Pertama Wajib Diperhatikan

1. Kesemutan pada payudara

Beberapa wanita bisa merasakan kesemutan pada payudara ketika masuk minggu pertama kehamilan. Pada tahap awal biasanya payudara mulai berubah karena bersiap untuk menghasilkan ASI.

Perubahan ini membuat rasa payudara menjadi nyeri, berat, dan terlihat sangat lembut jika disentuh. Beberapa wanita juga merasakan sakit seperti nyeri yang kuat dari dalam payudara. Pada masa ini bisa jadi tubuh sedang mengalami perkembangan pembuahan dari calon janin.

Namun, beberapa wanita bisa menerima kondisi ini karena efek samping pil KB jadi sulit untuk merasakan tanda kehamilan awal. Rasa nyeri dan kesemutan pada payudara juga sering menjadi ciri menstruasi akan datang dan bukan tanda awal kehamilan. Jadi rasa kesemutan pada payudara bisa saja terasa dengan kuat atau sangat lemah.

Ingin mengetahui tanda hamil selama 1 minggu? Bisa cek disini (Baca: Inilah 9 Ciri-Ciri Hamil 1 Minggu yang Bisa Anda Ketahui Pasti Positif)

2. Daerah areola menjadi gelap

Beberapa wanita yang hamil pada minggu pertama juga bisa merasakan tanda seperti daerah areola yang menjadi lebih gelap. Areola adalah daerah luar di sekitar puting payudara. Tanda awal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon tubuh ketika payudara bersiap menghasilkan ASI untuk calon bayi.

Perubahan warna areola juga akan memudahkan ketika ibu menyusui sambil tiduran ketika bayi sudah lahir. Namun perubahan ini juga bisa baru terjadi pada beberapa minggu setelah kehamilan. Jadi tanda ini bisa saja muncul pada tahap awal kehamilan atau pada masa pertengahan.

3. Flek merah seperti menstruasi

Terkadang beberapa wanita juga mendapatkan tanda yang mengejutkan seperti flek merah seperti pada tahap awal masa menstruasi. Bercak merah ini berbeda dengan bercak menstruasi karena warnanya merah muda dan sangat bersih. Bercak merah ini sebenarnya adalah tanda bahwa telah terjadi pembuahan dari sperma dan ovum.

Pertanda ini biasanya muncul setelah 5 – 10 hari setelah terjadi pembuahan. Ketika embrio berhasil melekat pada rahim, maka darah ringan akan keluar seperti menstruasi. Beberapa wanita bisa mendapatkan tanda ini dan mengira ini adalah menstruasi seperti biasanya.

Darah haid menggumpal? Ternyata telah dijelaskan dalam Al-Qur'an (Baca: Alasan Kenapa Darah Haid Menggumpal, Ternyata Sudah Tertera Dalam Al Qur'an)

Namun, terkadang ada wanita hamil yang tidak mendapatkan tanda ini. Tanda flek merah ini berbeda dengan flek merah sebagai ciri-ciri anak mau menstruasi. Rasa khawatir akan segera menstruasi juga karena rasa takut akibat telat haid yang sering dihadapi perempuan.

4. Tubuh sangat lelah

Tubuh terasa sangat lelah dan membuat tubuh seperti tidak biasanya ketika beraktifitas. Ini adalah pertanda yang sangat wajar pada minggu pertama kehamilan. Tubuh akan terasa seperti kehilangan tenaga dan terlihat sangat lemah. Bahkan tubuh seperti membutuhkan energi yang berlebihan untuk melakukan pekerjaan yang ringan.

Kondisi ini terjadi ketika tubuh sedang berproses untuk menyiapkan calon janin yang sudah melekat dalam rahim. Energi tubuh akan kembali seperti semula setelah kehamilan berjalan selama 12 minggu. Pada masa ini biasanya plasenta sudah terbentuk sempurna.

Jadi ibu hamil cepat lelah memang kondisi yang sangat wajar pada awal kehamilan hingga menjelang persalinan, namun juga bisa menjadi tanda gangguan kehamilan yang berat.

5. Mual dan muntah

Banyak wanita yang merasa tiba-tiba mual dan muntah ketika naik mobil pada tahap minggu pertama kehamilan. Selain itu mual dan muntah juga bisa disebabkan karena rasa tubuh yang sangat sensitif. Mual dan muntah adalah efek yang sangat umum pada kehamilan awal.

Dan ini adalah tanda yang berbeda dengan gejala penyakit maag karena ada perbedaan mual hamil atau maag. Meskipun ada beberapa wanita hamil yang tidak mual saat hamil. Perubahan hormon dalam tubuh menjadi salah satu penyebab mengapa wanita hamil sering mual dan muntah pada awal kehamilan. Rasa mual dan muntah yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh lemah dan ibu hamil membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Namun, semua tahap ini akan hilang setelah kehamilan masuk trimester kedua. Bagi wanita sangat beruntung jika bisa hamil tapi tidak mual dan tanpa ngidam.

Tanda hamil perempuan bisa dilihat dari tanda ini (Baca: Tanda-tanda Hamil Anak Perempuan, Bisa Dilihat dari 22 Ciri Berikut Ini)

Tanda2 Kehamilan Minggu Pertama yang Bisa Anda Ketahui

Hamil via panduankehamilanibu.blogspot.com

Keputihan tanda hamil atau tanda haid? Kenali ciri-cirinya disini (Baca: Contoh Keputihan Tanda Hamil 1 Minggu dan Ciri-ciri Tanda Awal Kehamilan )

6. Sering buang air kecil

Pada tahap minggu pertama sebenarnya embrio baru terbentuk dan sama sekali tidak ada tekanan pada kandung kemih. Namun banyak wanita yang merasakan gejala sering kencing saat hamil sehingga terasa berbeda dengan kondisi ketika ibu tidak hamil.

Hal ini disebabkan karena tekanan pada kandung kemih terjadi ketika ada kontraksi rahim yang lebih kuat. Pembuahan yang terjadi pada rahim membuat tekanan lembut pada kandung kemih. Semakin besar ukuran janin maka tekanan pada kandung kemih juga akan lebih besar. Tapi waspada jika ini adalah bagian dari gejala adanya kista di rahim.

7. Sembelit

Sembelit atau susah BAB saat hamil juga sudah bisa terjadi pada minggu pertama kehamilan. Tekanan hormon dalam tubuh menyebabkan usus mengalami perubahan. Perubahan ini membuat usus bekerja lebih lambat sehingga ibu hamil akan sembelit.

Banyak ibu hamil yang sembelit pada tahap awal ini  namun sama sekali tidak merasakan bahwa ini adalah tanda kehamilan. Jika sembelit terus memburuk maka ibu bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung serat.

Serat akan membantu gerakan usus walaupun terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Tapi wanita juga harus berhati-hati sebab sembelit juga bisa menjadi gejala endometriosis, yaitu penyakit yang umum pada sistem reproduksi wanita.

Ciri-ciri hamil diluar nikah (Baca: Ciri-Ciri Orang Hamil Diluar Nikah Bisa Dilihat Dari Beberapa Hal ini )

8. Demam

Demam saat hamil juga bisa muncul ketika kehamilan masuk ke minggu pertama. Kehamilan menyebabkan perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Respon tubuh mendeteksi ada perkembangan yang aneh dalam rahim. Demam bisa terjadi pada pagi dan malam hari, atau tergantung pada kondi.

Si kesehatan umum ibu hamil. Ibu hamil dengan kekebalan tubuh yang lemah bisa mengalami demam yang sangat buruk dan mengira jika ini adalah sakit infeksi biasa. Terkadang demam akan naik turun selama dua minggu kehamilan.

Merasa hamil tapi masih ragu? Kenali cirinya disini (Baca: Merasa Hamil Tapi Ragu? Kenali Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid Berikut)

9. Indra penciuman menjadi sensitif

Kehamilan pada minggu pertama juga bisa meningkatkan sensitifitas indra penciuman. Ini salah satu sifat yang tidak pernah diduga oleh ibu hamil. Ketika Anda mencium aroma yang kuat seperti bau ikan goreng, bau masakan yang sedang dimasak, bau busuk dari udara atau bau parfum, maka hidung menjadi sangat sensitif.

Mencium aroma yang sensitif ini menyebabkan ibu hamil akan mual, muntah, sakit kepala dan bahkan tubuh menjadi sangat lemah. Meskipun tidak semua ibu hamil mengalami hal ini, namun ibu hamil bisa mengalami kondisi yang buruk karena mual berlebihan.

Kondisi yang kompleks ini lebih sering dinamakan dengan morning sickness. Ada berbagai macam penyebab morning sickness pada ibu hamil yang selalu terjadi pada trimester awal.

Tanda2 Kehamilan Minggu Pertama yang Bisa Anda Ketahui

Hamil muda via alohamil.com

Baca Juga : Bagaimana Cara Hamil Cepat Setelah Menikah? Berikut Tipsnya

Tanda-tanda Hamil yang Tidak Banyak Orang Tahu

Selain tanda-tanda yang sudah diketahui banyak orang seperti yang disebutkan di atas, ada juga beberapa gejala yang mungkin Anda tak sadar bahwa itu berhubungan dengan kehamilan. Apa saja tanda hamil yang tak banyak orang tahu?

Gejala awal kehamilan yang tak diragukan lagi, cek disini (Baca: Gejala Awal Kehamilan yang Tidak Diragukan Kepastiannya)

1. Perdarahan vagina

Terkadang bercak atau perdarahan dari vagina merupakan salah satu tanda awal kehamilan, yang dikenal sebagai perdarahan implantasi. Implantasi terjadi saat telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim yaitu sekitar 10 sampai 14 hari setelah pembuahan.

Umumnya, kondisi ini berlangsung dalam durasi yang singkat dan terjadi di waktu yang sama saat menstruasi Anda seharusnya terjadi. Namun, perdarahan implantasi biasanya jauh lebih ringan dari perdarahan menstruasi.

2. Kram perut

Beberapa wanita mengalami kram ringan pada rahim saat awal kehamilan. Meski kadang hal ini kerap kali membingungkan para wanita, karena hampir mirip dengan gejala PMS.

3. Perubahan mood

Meluapnya jumlah hormon dalam tubuh di awal masa kehamilan dapat membuat Anda menjadi luar biasa emosional dan cengeng. Perubahan suasana hati juga merupakan hal yang biasa dalam awal masa kehamilan.

4. Pusing

Kehamilan menyebabkan pembuluh darah Anda melebar dan tekanan darah Anda menurun. Akibatnya, Anda mungkin akan sering merasa pusing dan sakit kepala.

5. Sembelit

Perubahan hormon dapat memperlambat kerja sistem pencernaan Anda. Hal ini kemudian menyebabkan Anda susah buang air besar dan jadwal BAB jadi kacau.

6. Suhu tubuh tinggi

Suhu tubuh basal, alias suhu tubuh, saat baru saja bangun di pagi hari dapat memberikan petunjuk awal dari kehamilan. Suhu tubuh basal akan sedikit meningkat setelah ovulasi dan menetap pada suhu yang sama sampai menstruasi berikutnya.

Jika Anda telah mengukur suhu tubuh basal Anda untuk menentukan kapan Anda berovulasi, dan setelah dua minggu kemudian suhu tubuh Anda masih terus naik, ini dapat menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil.

Sayangnya, tanda dan gejala ini tidak selalu berarti Anda hamil. Beberapa gejala di atas juga dapat berarti Anda akan sakit atau baru akan menstruasi. Begitu juga sebaliknya. Anda bisa hamil tanpa mengalami tanda-tanda dan gejala apapun.

Ciri-ciri hamil mudah setelah berhubungan 1-3 minggu (Baca: Ciri-Ciri Hamil Muda Setelah Berhubungan 1-3 Minggu)

Apakah Tes Kehamilan Memberikan Petunjuk yang Akurat Selama Awal Kehamilan?

Sekarang ini, perkembangan teknologi dari alat tes kehamilan sudah sangat maju. Sebagian besar alat pemeriksaan dapat memberikan hasil yang akurat dari hari pertama telat haid.

Beberapa tes kehamilan yang lebih baru bahkan lebih sensitif dan dapat digunakan sebelum Anda kehilangan menstruasi - paling cepat 7 hari setelah Anda kehilangan periode menstruasi. Pada beberapa alat bahkan sudah menunjukkan garis samar pada hari ke 4-5 sebagai tanda awal kehamilan.

Kapan Anda Harus ke Dokter untuk Mengetahui Tanda Hamil? 

Setiap wanita akan mengalami fase-fase kehamilan yang berbeda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda dan ciri-ciri hamil awal supaya tidak terlewat.

Pelajari tentang gejala dan tanda hamil yang cukup umum dan waspadai sinyal-sinyal yang ditunjukkan oleh tubuh Anda saat hamil. Setelah itu, lakukan pemeriksaan testpack untuk memastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak.

Apabila hasilnya positif atau agak samar, maka konsultasikan ke dokter Anda sesegera mungkin guna mendapatkan perawatan antenatal. Semakin cepat Anda tahu bahwa sedang hamil, maka Anda dapat mulai menjaga kesehatan diri sendiri dan janin untuk menjalani masa kehamilan yang sehat dan positif.

Itulah 9 tanda2 kehamilan awak yang wajib Anda ketahui, karena beberapa tanda2 kehamilan di atas jarang disadari oleh calon ibu hami. Demikian artikel ini kami buat semoga bermanfaat.

kesehatan

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa