Ketua PPKI Adalah? Ini Penjelasan Lengkap Mengenai Ketua dan Pembentukan PPKI

Penulis duwi Pebrianti | Ditayangkan 31 Aug 2018
Ketua PPKI Adalah? Ini Penjelasan Lengkap Mengenai Ketua dan Pembentukan PPKI
PPKI via perpustakaan.id

Kapan PPKI di bentuk? Ketua PPKI adalah? Berapa Anggota PPKI dan siapa saja anggotanya? Disini kami akan memberitahukan pembentukan serta ketua dan anggota PPKI.

Pada awalnya PPKI beranggotakan 21 orang (12 orang dari Jawa, 3 orang dari Sumatra) Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau yang biasa disebut dengan PPKI merupakan panitia yang pada waktu itu berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Ketua PPKI adalah dan apan PPKI Dibentuk?

Pembentukan PPKI dilakukan pada tanggal 7 Agustus 1945. Ketua PPKI adalah Ir. Soekarno dan Moh Hatta, dua pahlawan nasional yang dikenal sebagai pahlawan proklamator. Anggota PPKI berjumlah 27 orang, siapa saja mereka lalu siapa ketua PPKI? Simak penjelasannya dibawah ini.

Ketua PPKI dan Pembentukan PPKI

Pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau yang dikenal dengan singkatan PPKI dilakukan setelah BPUPKI dibubarkan. Pada tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan Jepang. Untuk menindaklanjuti hasil kerja BPUPKI, Jepang membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Lembaga tersebut dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Iinkai.

PPKI beranggotakan 21 orang yang mewakili seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Mereka terdiri atas 12 orang wakil dari Jawa, 3 orang wakil dari Sumatera, 2 orang wakil dari Sulawesi, dan seorang wakil dari Sunda Kecil, Maluku serta penduduk Cina. Ketua PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945, menambah anggota PPKI enam orang lagi sehingga semua anggota PPKI berjumlah 27 orang.

Ketua PPKI adalah Ir. Sukarno, wakilnya Drs. Moh. Hatta, dan penasihatnya Ahmad Subarjo. Anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) adalah:
  1. Ir. Sukarno (ketua)
  2. Drs. Moh. Hatta (wakil ketua)
  3. Ahmad Subarjo (penasihat)
  4. Mr. Supomo
  5. dr. Rajiman Wedyodiningrat
  6. R.P. Suroso
  7. Sutardjo
  8. K.H. Abdul Wachid Hasyim
  9. Ki Bagus Hadikusumo
  10. Oto Iskandardinata
  11. Suryohamijoyo
  12. Abdul Kadir
  13. Puruboyo
  14. Yap Tjwan Bing
  15. Latuharhary
  16. Dr. Amir
  17. Abdul Abbas
  18. Teuku Moh. Hasan
  19. Hamdani
  20. Sam Ratulangi
  21. Andi Pangeran
  22. I Gusti Ktut Pudja
  23. Wiranatakusumah
  24. Ki Hajar Dewantara
  25. Kasman Singodimejo
  26. Sayuti Melik
  27. Iwa Kusumasumantri.

Itulah penjelasan mengenai peretanyaan, ketua PPKI adalah? Sekarang kita sudah mengetahui siapa ketua PPKI beserta anggota PPKI dan bagaimana pembentukan PPKI itu. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.
SHARE ARTIKEL