8 Aplikasi Android yang Memudahkan Anda Belajar Mengaji

Penulis Nadiah Ratna | Ditayangkan 25 Aug 2018
8 Aplikasi Android yang Memudahkan Anda Belajar Mengaji

belajar mengaji via antarafoto.com

Belajar mengaji tidak ada batasannya. Belajar mengaji Al Quran merupakan kewajiban bagi umat muslim. Lalu, bagaimana cara belajar mengaji agar mudah?

Dengan semakin majunya teknologi, para orang tua seringkali mengajarkan anak-anaknya untuk belajar mengaji Al Quran melalui beberapa aplikasi yang tersedia di playstore.

Al-Qur’an adalah kalam Allah yang harus dibaca, dipahami, dihayati, sehingga dapat dijadikan pedoman hidup untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Perintah pertama yang didapatkan oleh Nabi Muhammad ketika menjadi rasul adalah iqra’ yang artinya bacalah.

Mari belajar mengaji Al Quran selama Anda masih diberi peluang untuk hidup dengan banyaknya nikmat Allah.

Berikut beberapa aplikasi belajar mengaji yang bisa menjadi solusinya. Dengan adanya aplikasi ini, kita bisa mengaji dimana-mana.

Baca Juga : Keutamaan Membaca Alquran yang Ternyata Banyak yang Tidak Diketahui

8 Aplikasi Belajar Mengaji Terbaik di Android 

Saat ini, kamu tidak perlu repot-repot menggunakan Al Quran dalam bentuk fisik untuk belajar mengaji, cukup dengan smartphone Android saja.

Bisa kamu manfaatkan di sela-sela waktu luangmu, inilah 8 rekomendasi aplikasi belajar mengaji terbaik di Android yang bisa kamu siapkan pada smartphone kamu.

1. Al'Quran Bahasa Indonesia

8 Aplikasi Android yang Memudahkan Anda Belajar Mengaji

ilustrasi al'quran bahasa indonesia via blog.evercoss.com

Aplikasi mengaji di Android Al'Quran Bahasa Indonesia sangat cocok untuk kamu yang ingin membaca Quran dari sebuah smartphone. Selain itu, sesuai dengan namanya, kamu juga dapat mengerti secara mudah sebab di sini juga menyajikan bahasa Indonesia

Bahkan, kamu bisa menyalin ayat ke clipboard untuk kamu bagikan di media sosial.

2. Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla

Aplikasi mengaji terbaik selanjutnya adalah Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla. Aplikasi mengaji Android ini sangat berguna untuk kamu yang memeluk agama Islam. Pasalnya, aplikasi ini menyajikan 6 fitur menarik termasuk kalender salat menurut Alquran serta kompas yang menunjukkan arah Mekah.

Menarik bukan? Selain itu, kamu juga akan selalu diingatkan dengan fitur notifikasi yang menunjukkan waktu salat lima waktu.

3. Al Quran Indonesia

8 Aplikasi Android yang Memudahkan Anda Belajar Mengaji
ilustrasi al quran indonesia via solusitekno.net

Aplikasi mengaji di Android berikutnya adalah Al Quran Indonesia. Aplikasi ini memiliki terjemahan Bahasa Indonesia dengan fitur audio dalam format MP3 murottal full Alquran 114 surah atau 30 juz tanpa pembatasan.

Jangan takut kebingungan untuk memakainya, sebab tampilan antarmuka yang dimilikinya sangatlah user friendly. Kamu bisa membaca Quran baik dalam bentuk portrait ataupun landscape.

4. Al Quran

Aplikasi Al Quran ini juga cocok untuk kamu install dalam smartphone Android kamu. Aplikasi ngaji terbaik di Android ini sudah memiliki terjemahan dalam 27 bahasa.

Wow, kamu jadi bisa bebas dan leluasa ingin melihat terjemahan dalam bahasa apa pun. Ayat-ayat di dalamnya juga telah disinkronkan audio Tilawah. Jangan sampai enggak di-install aplikasi Al Quran pada smartphone kamu ya!

5. Al Quran Juz Amma Lengkap

8 Aplikasi Android yang Memudahkan Anda Belajar Mengaji
ilustrasi al quran juz amma lengkap via jalantikus.com

Aplikasi ngaji terbaik lainnya adalah Al Quran Juz Amma Lengkap. Mulai sekarang, kamu jangan malu jika memang belum bisa membaca Alquran. Sebab, kamu bisa belajar mengaji menggunakan aplikasi mengaji Android ini terutama untuk bacaan-bacaan di Juz Amma.

6. Marbel Belajar Hijaiyah

Selain belajar mengaji untuk orang dewasa, aplikasi Marbel Belajar Hijaiyah cocok digunakan untuk anak-anak usia 3-5 tahun. Aplikasi ini bisa kamu gunakan sebagai permulaan dalam mengenali huruf hijaiyah, disertai dengan animasi serta audio-visual yang mudah untuk dipahami.

Bukan hanya belajar saja, aplikasi ngaji ini juga memiliki berbagai konten seru seperti permainan yang enggak boleh dilewatkan. Segera download aplikasi Marbel Belajar Hijaiyah ya!

7. Marbel Belajar Mengaji

8 Aplikasi Android yang Memudahkan Anda Belajar Mengaji
ilustrasi marbel belajar mengaji via blog.dicoding.com

Untuk tingkat lebih lanjut, Educa Studio selaku pengembang memiliki aplikasi Marbel Belajar Mengaji yang memiliki konten untuk belajar membaca huruf Arab. Hal ini pun semakin diperlengkap dengan harokat seperti Fat kha, Kasroh, Dumma dan Tanwin.

Untuk yang baru belajar membaca tulisan Arab, juga disediakan Iqro dengan berbagai tingkatan yang disesuaikan, yuk buruan downlad Marbel Belajar Mengaji.\

8. Marbel Belajar Tajwid

Belum lengkap rasanya jika membaca Alquran belum dengan baik dan benar. Marbel Belajar Tajwid memberikan pengetahuan secara informatif mengenai bagaimana cara melafalkan huruf-huruf Al Quran, mulai dari tebal tipis, panjang pendek, sifat dan cara membaca dengan baik.

Dilengkapi dengan contoh bacaan dan audio, aplikasi ini cocok untuk berbagai kalangan umum yang belajar mengaji.

Selain menggunakan beberapa kecanggihan teknologi pada jaman sekarang atau menggunakan aplikasi belajar mengaji, cara belajar membaca alquran sendiri juga dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi.

Namun ada teknik khusus dan cara yang berbeda untuk dapat belajar mengaji dan dapat dengan lancar membaca Al Quran. Berikut ini langkah-langkah khusus yang harus anda siapkan.

3 Kunci Cepat Lancar Membaca Al Quran

1. Mengenal huruf hijaiyah dan tanda baca

Huruf hijaiyah sendiri ialah huruf ejaan bahasa arab sebagai bahasa asli Al Quran. Bisa dikatakan seperti huruf abjad pada Bahasa Indonesia.

Cara membaca Al Quran untuk pengenalan dasar tentang huruf hijaiyah yang dimaksud adalah huruf hijaiyah yang digunakan dalam Al Quran terdapat 29 macam.

Bila anda sudah memahami dan menghafalkan huruf hijaiyah. Maka cara kedua ialah harus mengenal dan mempelajari tanda baca atau harakat di dalam Al Quran. Cara membaca Al Quran tersebut dikarenakan tanda baca (harakat) ini berfungsi untuk menentukan bagaimana pengucapan huruf hijaiyah di dalam Alquran.

2. Mengenal bacaan tajwid dan belajar sungguh-sungguh

Cara membaca Al Quran dengan lancar selanjutnya adalah dengan lebih mengenal bacaan tajwid AL Quran. Ilmu bacaan tajwid ini adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana menyembunyikan huruf Al Quran secara baik dan benar.

Seperti dibacakan secara mendengung, samar-samar atau jelas. Ibarat jika dalam bahasa Inggris tajwid adalah Grammarnya. Bila dalam tajwid adapun diantaranya adalah bacaan idzhar, idgham, iqlab dan lainnya.

Selain itu anda juga harus belajar dengan sungguh-sungguh, rajin dan tidak putus asa. Karena harus selalu diingat bahwa dalam belajar membaca Al Quran itu termasuk dalam ibadah dan akan mendapat pahala.

Oleh karena itu, sudah sangat pasti bahwa ikhtiar tersebut pastinya akan diganggu oleh setan dan pasti akan selalu ada halangan.

3. Mengetahui isyarat tanda baca dan selalu latihan

Ada banyak sekali isyarat tanda baca, dengan itu anda harus memahami dan menghafal tanda baca yang ada pada Al Quran tersebut.

Misalkan saja Mad Arid Lissukun dan Mad Wajib Muttasil. Mad Aris Lissukun adalah huruf mad bertemu dengan huruf hijaiyah di akhir kalimat. Cara membacanya harus dimatikan dulu baru dipanjangkan.

Selain mengetahui, memahami dan menghafal isyarat tanda baca. Anda harus berlatih dan mempraktekkannya secara langsung. Sebaiknya ketika sedang praktek membaca Al Quran ada pembimbing atau guru nagji.

Agar jika ada yang salah ada yang membenarkan dan mengoreksi bila ada salah membacanya.

Baca Juga : Terbaru, Cara Membaca Alquran dengan Metode yang Tepat Dan Cepat

Demikian informasi mengenai 8 aplikasi android untuk belajar mengaji. Semoga lima aplikasi Al Quran di atas dapat membantumu dalam melakukan ibadah membaca Al Quran dan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb