Cara Mudah, Mengenalkan 25 Nabi dan Rasul Kepada Anak Sejak Dini

Penulis anisa nurfadila | Ditayangkan 07 Aug 2018

Cara Mudah, Mengenalkan 25 Nabi dan Rasul Kepada Anak Sejak Dini
25 nabi via catatanislamiyah.blogspot.com

Sebagai orang Muslim, tentu kita sudah sejak dini mengenal nama-nama Nabi dan Rasul. Nama-nama nabi dan rasul dalam islam yang perlu kita ketahui adalah sebanyak 25 Nabi. 

Ada 25 Nabi Yang Wajib Di Ketahui Di dalam islam di mana nama nama mereka telah di ceritakan dalam al quranul karim maupun hadist nabi. Yuk simak siapakah 25 nabi tersebut?

Sebagai orang Muslim, tentu kita sudah sejak dini mengenal nama-nama Nabi dan Rasul. Selain di rumah, di TPA, Pesantren, pasti kita juga mengenalnya dari bangku sekolah.

Ada 25 Nabi dan Rasul yang dalam ajaran Islam wajib di ketahui,mereka orang-orang yang terpilih untuk menerima wahyu langsung dari Allah dan sekaligus di perintah kan untuk menyampai kan wahyu tersebut kepada umat-umat nya.Inilah nama-nama mereka yang wajib kita ketahui.

Nama-Nama 25 Nabi Dan Rasul

1. Adam a.s

Adam a.s adalah manusia pertama sekaligus Nabi pertama di muka bumi ini. Beliau dijadikan oleh Allah dari tanah yang dibentuk serupa dengan manusia, kemudian ditiupkan ruh kepadanya sehingga hiduplah beliau.

2. Idris a.s

Nabi Idris a.s adalah keturunan Nabi Syits, anak bungsu Nabi Adam. Beliau diangkat derajatnya ke tempat yang tinggi oleh Allah SWT karena kesabaran dan ketaqwaannya kepada Allah.

3. Nuh a.s

Nabi Nuh adalah seorang Nabi utusan Allah yang tidak pernah bosan menyeru kepada kaumnya, meskipun sedikit sekali diantara mereka yang mau beriman kepada Allah

4. Hud a.s

Beliau adalah cucu Nabi Nuh a.s. yang diutus oleh Allah kepada kaum ‘Ad untuk menyerukan kebenaran.

5. Saleh a.s

Nabi Saleh adalah keturunan Tsamud bin Amir bin Iram bin Sam bin Nuh. Kaum Nabi Saleh disebut kaum Tsamud, kaum yang sangat sombong dan durhaka kepada Allah. Karenanya Allah segera mendatangkan adzab kepada mereka. Meskipun azab menimpa kaum Tsamud, tetapi Nabi Saleh dan para pengikutnya yang beriman diselamatkan oleh Allah SWT.

6. Ibrahim a.s

Nabi Ibrahim adalah anak Azar keturunan Sam bin Nuh yang dilahirkan ditengah-tengah kaumnya yang musyrik dan kafir kepada Allah SWT.

7. Luth a.s

Kaumnya yang memiliki perilaku keji dan tidak senonoh, laki-laki yang enggan menikahi wanita, tetapi menaruh birahi kepada sesama jenis. Meskipun berulang kali Nabi Luth menyeru dan memperingatkan, namun kaumnya tidak menghiraukan.

Akhirnya, kaum Sadum beserta penduduknya dibinasakan oleh Allah SWT. Nabi Luth dan kelurga serta para pengikutnya mendapat perlindungan dari Allah SWT.

8. Ismail a.s

Nabi Ismail adalah putra Nabi Ibrahim dari istrinya yang bernama Siti Hajar. Mereka adalah orang yang mula-mula mendiami kota Mekkah dan orang pertama kali yang membangun Baitullah (Ka’bah).

9. Ishaq a.s

Nabi Ishaq adalah putra Nabi Ibrahin dari istrinya yang bernama Siti Sarah.

10. Ya’qub a.s

Ya’qub adalah anak Nabi Ishaq. Beliau diutus ke negeri Kan’an untuk menyeru manusia agar menyembah Allah Yang Maha Esa.

11. Yusuf a.s

Nabi Yusuf adalah seorang Rasul yang memiliki wajah rupawan dan berbudi pekerti.

12. Ayyub a.s

Beliau adalah hamba Allah yang sangat sabar dan taqwa kepada Allah. Beliau mendapatkan ujian sampai habis segala harta dan anak-anaknya, hingga penyakit kulit yang datang menimpanya amat dahsyat.

13. Dzulkifli a.s

Nabi Dzulkifli adalah anak Nabi Ayyub yang semula namanya beliau adalah Basyar. Beliau menjalankan tugasnya sebagai raja dengan penuh kesabaran.

14. Syu’aib a.s

Nabi Syu’aib diutus oleh Allah untuk menyeru kaumnya di negeri Madyan. Penduduk negeri itu sangat durhaka kepada Allah dan tidak mau mendengar seruan Nabi Syu’aib.

15. Musa a.s

Nabi Musa adalah anak Imran dan Yukabad. Beliau bersudara dengan Nabi Harun a.s. Nabi Musa dilahirkan pada zaman pemerintahan Raja Fir’aun.

16. Harun a.s

Nabi Harun diutus untuk membantu tugas kerasulan Nabi Musa a.s.

17. Dawud a.s

Nabi Dawud diangkat menjadi seorang raja setelah ia berhasil membunuh Raja  Jalut yang zalim.

18. Sulaiman a.s

Beliau mewarisi kerajaan ayahnya Nabi Dawud bagi bangsa Israil. Nabi Sulaiman memiliki mukjizat yang banyak, salah satunya dapat mengetahui semua bahasa binatang.

19. Ilyas a.s

Beliau adalah keturunan yang keempat dari Nabi Harun.

20. Ilyasa’ a.s

Nabi Ilyasa’ adalah anak angkat Nabi Ilyas. Setelah dewasa Nabi Ilyasa’ diangkat oleh Allah menjadi Rasul-Nya.

21. Yunus a.s

Beliau diutus menjadi Nabi dan rasul pada usia 30 tahun. Selama 33 tahun Nabi menyeru kaumnya untuk beriman dan menyembah Allah SWT, tak ada satupun yang mau mengikuti kecuali Rubil dan Tanukh.

22. Zakariyya a.s

Adalah keturunan Nabi Sulaiman a.s. Beliau adalah ulama besar di kalangan Bani Israil.

23. Yahya a.s

Beliau adalah putra Nabi Zakaria a.s dari istrinya yang bernama Isya. Allah telah memberi berkah kepada Nabi Yahya pada saat ia dilahirkan, saat ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan kembali.

24. Isa a.s

Nabi Isa adalah putra dari Maryam. Ia tak berayah, namun bagi Allah itu bukanlah perkara sulit. Ajaran yang dibawa oleh Nabi Isa sesungguhnya sama dengan ajaran Islam sekarang.

25. Muhamad saw.

Beliau terlahir ke dunia dalam keadaan yatim, karena ayahnya Abdullah wafat sebelum ia dilahirkan ke dunia. Nabi Muhamad merupakan khatamul anbiya (penutup para Nabi) yang diutus oleh Allah ke dunia sebagai khalifah yang membawa risalah paling sempurna dan diperuntukkan bagi seluruh umat manusia di dunia.

Nah itulah penjelasan singkat tentang nama-nama Nabi yang harus diimani. Semoga Nama-Nama 25 Nabi Dan Rasul Yang Wajib Diketahui ini dapat menambah pengetahuan kita dan bermanfaat bagi yang membacanya. Terimakasih.
SHARE ARTIKEL