Doa Keselamatan Dunia Akhirat, Tulisan Arab, Latin dan Artinya

 02 Jul 2018  duwi Pebrianti
Doa Keselamatan Dunia Akhirat, Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Via youtube.com

Kumpulan doa keselamatan untuk keluarga agar diberi selamat dunia akhirat lengkap dengan teks bahasa arab Indonesia latin dan terjemahan. Nabi Muhammad SAW juga selalu membaca doa keselamatan dunia akhirat meskipun beliau sudah dijamin untuk masuk surga.

Doa keselamatan dunia akhirat adalah doa untuk meminta keselamatan baik didunia maupun di akhirat, setiap manusia pasti menginginkan keselamatan dalam hidupnya, selamat dari malapetaka, selamat dari bencana, dan selamat dari api neraka.

Kami disini akan membahas tentang doa keselamatan dunia dan akhirat, karena doa adalah senjata paling ampuh dan ringan untuk dilakukan agar keinginan kita dikabulkan oleh Allah swt.

Marilah kita panjatkan doa keselamatan dunia dan akhirat, agar kita semua selalu terhindar dari segala bahaya yang ada baik di dunia maupun di akhirat. Inilah bacaan doa keselamatan dunia akhirat lengkap bahasa arab, latin dan artinya.

Isi dan Tujuan Doa Keselamatan Dunia Akhirat

Isi dan tujuan doa-doa selamat yang di maksud itu pemaknaan memang sangatlah luas. Akan tetapi jika melirik pada pengertian secara khusus itu terdapat sebuah amalan doa yang menjadi salah satu sunah Rasul untuk senantiasa diamalkan oleh setiap umatnya.

Karena itu juga merupakan ciri dari pada tata cara berdoa kepada Allah SWT yang terwujudnya dari adanya doa selamat tersebut.

Sebagaimana Imam Al-Ghozali berkata "Apakah faedah doa sementara ketentuan Allah tiada dapat tertolak? Ketahuilah sesungguhnya sebagaian dari ketentuan Allah dapat tertolak petakanya akibat doa, maka berarti doa sebagai sebab atas tertolaknya petaka disamping dapat menumbuhkan rasa kasih sayang (ketegaran) sebagaimana benih menjadi sebab tumbuhnya tanaman-tanaman di bumi dan sebagaimana perisai dapat mencegah tembusnya anak panah".

Sehingga untuk bisa menjabarkan dan juga memahami arti dari pada ucapan yang diutarakan oleh Imam Al-Ghazali tersebut adalah kita semua senantiasa tetap menjaga nilai-nilai syariat yang di jalankan dengan tujuan untuk sampai kepada hakikat.

Dan salah satunya adalah dengan senantiasa meminta keselamatan dunia dan akhirat yang terangkum pada intisari dari doa selamat sebagai berikut salah satunya.

Baca Juga:

Kumpulan Doa Keselamatan Dunia Akhirat

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ 

ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA 'AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL 'ILMI WA BAROKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA ROHMATAN 'INDAL MAUTI WA MAGHFIROTAN BA'DAL MAUTI

 Artinya :

"Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati."

اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

ALLOOHUMMA HAWWIN 'ALAINAA FII SAKARAATIL MAUTI WANNAJAATA MINAN NAARI WAL 'AFWA 'INDAL HISAABI

Artinya :

"Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan."

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ 

RABBANAA LAA TUZIGH QULUUBANAA BA'DA IDZ HADAITANAA WAHAB LANAA MIL LADUNKA RAHMA, INNAKA ANTAL WAHHAAB

 Artinya :

"Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi."

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

RABBANAA AATINAA FIDDUNNYAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.

Artinya :

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka."

Atau juga bisa menggunakan doa keselamatan seperti yang ada di dalam video dibawah ini.

Video Doa Keselamatan Dunia Akhirat

Selain itu perlu juga dilengkapi dengan beberapa doa keselamatan lainnya yaitu doa panjang umur, sehat, dan murah rezeki dan lainnya berikut ini.

Baca Juga: 

Kumpulan Doa Selamat Lengkap

1. Doa panjang umur, sehat, dan murah rezeki

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Alloohumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan indal mauti wa magfirotan ba'dal mauti.

Artinya : "Ya Allah kami memohon kepadamu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan, kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati".

2. Doa keteguhan hati

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma innaka antal wahab.

Artinya : "Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisimu. sesungguhnya engkau maha pemberi".

3. Doa selamat dunia akhirat

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasacah, wa fil aakhirati hasanah, waqina adzaa ban naar.

Artinya : "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka".

Itulah Kumpulan Doa Keselamatan Lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya yang dapat Anda panjatkan disetiap waktu dan/atau minimal setelah sholat.

Kita sebagai makhluk hidup tidak pernah lepas dari bahaya, kapanpun dan dimanapun kita berada kita bisa saja terkena bahaya, tidak hanya di dunia saja, namun ketika di akhirat pun kita masih bisa terkena bahaya dari siksa api neraka.

Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu mendekatkan diri kepada sang pencipta dan selalu membaca doa keselamatan, supaya kita terhindar dari bahaya di dunia maupun di akhirat. Semoga kita semua diberi keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. Amin.