Kreatif, Cara Menghias Kelas Seperti ini Murah Tetapi Keren

Penulis anisa nurfadila | Ditayangkan 19 Jul 2018

Kreatif, Cara Menghias Kelas Seperti ini Murah Tetapi Keren
hias kelas via prelo.co.id

Ruang kelas yang menarik akan membuat penghuninya nyaman. Salah satu cara untuk membuat suasana belajar di kelas menjadi lebih nyaman adalah dengan cara menghias kelas.

Umumnya, hiasan wajib yang terpampang di dinding kelas adalah jam dinding dan foto presiden serta wakil presiden. Jika kelas hanya dihias dengan ketiga benda tersebut tentu akan sangat membosankan bukan?

Melihat kelas yang menarik dapat membuat siswa termotivasi dalam belajar. Berharap bahwa ketika masuk ke dalam ruang kelas. Siswa tidak fokus pada hal hal lain yang ada di luar kelas.

Mereka hanya fokus untuk mengikuti kegiatan kegiatan yang diciptakan oleh guru. Belajar dengan senang, motivasi tinggi, dan fokus untuk menjadi anak yang berkembang.

Banyak murid yang terkadang kesusahan untuk menghias kelasnya. Mereka tidak tahu cara menghias kelas dengan terkoordinir. Sehingga siswa pun malas untuk menghias kelas. Padahal menghias kelas memilihi beberapa manfaat.

Manfaat menghias kelas

Ketika kamu memutuskan untuk menghiasi kelas kamu dengan hal hal menarik. Maka kamu akan memperoleh beberapa hal berguna dalam kegiatan pembelajaran, diantaranya yaitu :

a. Membuat siswa tidak mudah bosan dengan suasana kelas.
b. Motivasi belajar siswa meningkat untuk mengikuti proses belajar dengan intensitas yang tinggi.
c. Kamu akan mendapatkan senyum-senyum yang tulus dari mereka.
d. Mereka belajar dengan penuh rasa bahagia.

Setelah kita mengetahui betapa banyaknya manfaat yang dapat kita peroleh dari menghias kelas.

Berikut adalah cara menghias kelas agar membuat penghuninya nyaman.

1. Buat Rencana Hiasan Kelas

Setiap kegiatan yang akan kita lakukan harus dirancang dengan baik. Paling tidak itulah yang selalu saya ajarkan kepada anak anak.

Dalam menghias juga begitu, dengan merencanakan segala sesuatunya kita dapat membuat karya yang lebih terarah. Dapat menjadi pedoman kita dalam membuat hal hal terbaik di dalam kelas.

Perhatikan hal-hal berikut:

a. Untuk siapa kelas kamu hias

Tentukan dahulu untuk siapa kelas kamu hias? Untuk kamu sebagai murid? Atau sebagi guru. Jika kamu menghias kelas untuk murid maka usahakan untuk mengetahui hal hal apa yang disukai oleh anak anak diusianya.

b. Bayangkan seperti apa kelas yang telah di hias nanti

Temukan ide kamu dengan membayangkan kelas yang akan kamu hias. Jika kamu belum memiliki bayangan tentang kelas kamu. Kamu bisa mencarinya di Internet.

c. Cari tau cara membuatnya

Setelah menemukan ide kelas yang cocok untuk kelas kamu. Langkah selanjutnya yaitu mencari tau bagaimana cara membuat hiasan kelas tersebut.

Jangan takut untuk berdiskusi dengan orang yang lebih ahli. Mereka akan memberikan banyak saran untuk membuat kelas seperti yang kamu bayangkan.

d. Temukan bahan-bahan yang dibutuhkan

Setiap menghias sesuatu hal, kamu akan membutuhkan bahan bahan dalam menciptakan kreasimu. Temukan bahan untuk mengkreasi kelas kamu.

e. Perhatikan Anggaran

Mungkin kamu akan mengalami kesulitan dengan ini. Jika kamu memiliki ide yang sederhana, simpel dengan anggaran yang tidak besar. Maka itu tidak menjadi masalah. Tetapi jika ide kamu adalah ide yang Wah dan membutuhkan banyak biaya kamu bisa berdiskusi teman kelasmu.

2. Cara Menghias Kelas

Setelah kamu melakukan perencanaan pembuatan hiasan dalam kelas, langkah selanjutnya adalah menghiasinya.
Adapun hal hal yang perlu kamu perhatikan dalam menghias kelas yaitu :

a. Fokus terhadap rencana

Buka kembali rencana kamu, keluarkan setiap bahan yang kamu butuhkan untuk menghias kelas.

b. Melibatkan Siswa

Meminta teman untuk membantu adalah hal bijak. Jika dirasa teman kelas kamu mampu untuk membantu pada hal hal tertentu maka libatkanlah mereka. Sampaikan deskripsi pekerjaan yang dapat mereka bantu dan tunjukan bagaimana cara melakukannya.

c. Urutkan Pekerjaan yang Perlu Dikerjakan Terlebih Dahulu

Jika terdapat banyak pekerjaan yang harus dilakukan, maka tentukanlah terlebih dahulu pekerjaan mana yang harus diselesaikan pertama.

d. Mengamati dengan Seksama

Setelah hiasan di pasang, maka lakukanlah riveiw atau melihat ulang. Jika dirasa terdapat hal hal yang masih kurang cocok maka segeralah melakukan perubahan.

Itulah cara menghias kelas agar membuat penghuninya nyaman. Tentu untuk membuat hiasan kelas yang dapat mengubah bentuk aslinya, kamu harus meminta ijin kepada pihak sekolah.
Selamat menghias kelas!
SHARE ARTIKEL