Tetangga Nyiyir Kayak Infotainment Suaranya Keras Bagai Sound Hajatan, Bagaimana Menyikapi?

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 28 Jun 2018

Tetangga Nyiyir Kayak Infotainment Suaranya Keras Bagai Sound Hajatan, Bagaimana Menyikapi?
Gambar ilustrasi tetangga via freepik.com

Musuh terbesar adalah "mulut tetangga", mereka terlalu pandai membaca keburukan orang lain, namun mereka bodoh menilai dirinya sendiri.

Sobat benarkah yang demikian itu?

Seringkali dalam bertetangga, berteman, bersaudara atau dalam teman sekantor, ada riak-riak kecil dari hubungan atau berkomunikasi.

Kata pepatah Jawa, seringkali manusia dihadapkan situasi “Bener ning ora pener”, maksudnya apapun yang dilakukan oleh seseorang walaupun terlihat benar, masih dianggap kurang tepat oleh orang lain, bahkan terkadang menjadi bahan pembicaraan.

Jika seseorang itu sudah ridha dengan keadaan sekitar, mungkin tak terlalu berpengaruh mereka akan mengatakan atau berbuat apa, karena dimata orang lain terkadang tak pernah benar.

Namun seringkali sebaliknya, terkadang merasa gerah dengan konflik-konflik atau riak-riak kecil yang terjadi disekeliling, hingga akan terjadi dua hal.

Jika tidak bertengkar, maka akan ‘diam-diaman’ entah dengan keluarga, saudara, tetangga, teman sekantor atau bahkan teman dunia maya dan lain sebagainya.

Mendiamkan selama berhari-hari karena tidak ada yang mau mengalah, mengedepankan ego dan berharap ada yang lebih dulu mengulurkan tangan agar tidak dianggap yang bersalah, itu sama sekali tidak akan menyelesaikan masalah, malah sebaliknya persaudaraan, pertemanan atau bahkan hubungan dengan tetangga baik akan ternoda.

Sebenarnya bagaimana dalam Islam menyikapi hal ini?

Dilansir dari muslimah.or.id, Berapa lama waktu yang diisyaratkan Rasulullah saat benar-benar komunikasi terputus dengan orang lain?

Inilah jawabannya:

“Dari Abî Ayûb al-Anshâriy, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam ‘bersabda; ‘Tidak halal seorang muslim mendiamkan saudaranya lebih dari tiga malam di mana keduanya bertemu lalu yang ini berpaling dan yang itu berpaling. Yang terbaik di antara keduanya ialah orang yang memulai mengucapkan salam’. “(HR. Muslim, Hadits No. 2560)

Jadi, dalam urusan yang berhubungan dengan keduniawian apapun masalahnya, Islam hanya menghalalkan saling mendiamkan (Tadabur) tak lebih dari tiga hari tiga malam, selebihnya adalah haram.

“Tadâbur (mendiamkan seseorang) yang melebihi tiga hari tersebut haram hukumnya jika disebabkan urusan duniawi. Adapun mendiamkan seseorang karena Allah , maka diperbolehkan melebihi tiga hari, yaitu ketika disebabkan urusan agama” Hal ini dijelaskan dalam kitab Al-Wafiy Fi al Syarh al-Arba’in al Nawawiyyah.

BACA JUGA: Awas! Curhat di Sosmed Itu Bukannya Dapat Solusi, tapi Malah Berbagai Keburukan ini

Dalam pernyataan diatas mengisyaratkan jika mendiamkan itu dalam masalah duniawi, hanya berbatas waktu selama tiga hari tiga malam, sedang untuk urusan agama, membela agama Allah, maka hal itu boleh lebih dari 3 hari untuk tujuan mendidik seseorang.

Untuk itu, bijaklah saat dalam keadaan marah.

Apapun masalahnya InsyaAllah ada jalan keluarnya.

Belajarlah berbesar hati untuk mengulurkan tangan dan membuka hati untuk meminta dan menerima maaf.

Yakinlah, waktu 3 hari sudah sangat cukup untuk berpikir dan mencoba menelaah rasa gundah.

Allah yang akan memberikan keberkahan untuk umat yang mengikuti sabda Rasulullah dan berbaikan lagi pada saudara, tetangga, teman maupun anggota keluarga yang lain saat ada permasalahan komunikasi menerpa.

Ingatlah untuk selalu memuliakan tetangga.

Allah Ta’ala berfirman,

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ

Artinya: “Beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh.” (QS. An Nisa: 36).

Nabi shallallahu ‘alaihi wassallam juga bersabda,

مَا زَالَ يُوصِينِى جِبْرِيلُ بِالْجَارِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ سَيُوَرِّثُهُ

Artinya: “Jibril senantiasa bewasiat kepadaku agar memuliakan (berbuat baik) kepada tetangga, sampai-sampai aku mengira seseorang akan menjadi ahli waris tetangganya” (HR. Al Bukhari no.6014).

Menghormati Tetangga dan Berperilaku Baik Terhadap Mereka

Diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ

Artinya: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya” (Muttafaq ‘alaih).

Jangan Mengganggu Tetangga

Sebagaimana telah dijelaskan oleh Rasul kita shallallahu ‘alaihi wassallam yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,

لاَ يَمْنَعْ أَحَدُكُمْ جَارَهُ أَنْ يَغْرِزَ خَشَبَةً فِى جِدَارِهِ

Artinya: “Janganlah salah seorang di antara kalian melarang tetangganya menancapkan kayu di dinding (tembok)nya” (HR.Bukhari (no.1609); Muslim (no.2463); dan lafazh hadits ini menurut riwayat beliau; Ahmad (no.7236); at-Tirmidzi (no.1353); Abu Dawud (no.3634); Ibnu Majah (no.2335); dan Malik (no.1462)).

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلَا يُؤْذِ جَارَهُ

Artinya: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir maka janganlah dia mengganggu tetangganya’”(HR. Bukhari (no.1609); Muslim (no.2463); dan lafazh hadits ini menurut riwayat beliau, Ahmad (no.7236); at-Tirmidzi (no.1353); Abu Dawud (no.3634); Ibnu Majah (no.2335); dan Malik (no.1462)).

Dan dalam Hadits lainnya, Abu Syuraih radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda,

وَاللَّه لَا يُؤْمِنُ وَاللَّهِ لَا يُؤْمِنُ وَاللَّهِ لَا يُؤْمِنُ قِيلَ وَمَنْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ الَّذِي لَا يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَايِقَهُ

Artinya: “Demi Allah, tidak beriman. Demi Allah, tidak beriman. Demi Allah, tidak beriman. “Sahabat bertanya, “Siapa wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yang tetangganya tidak aman dari keburukannya” (HR. Bukhari (no.6016)).

Memelihara Hak-hak Tetangga, Terutama Tetangga yang Paling Dekat

Diantara hak tetangga yang harus kita pelihara adalah menjaga harta dan kehormatan mereka dari tangan orang jahat baik saat mereka tidak di rumah maupun di rumah, memberi bantuan kepada mereka yang membutuhkan, serta memalingkan mata dari keluarga mereka yang wanita dan merahasiakan aib mereka.

BACA JUGA: Kalau Kamu Punya Saudara / Teman yang Selalu Merasa Benar, Share ini ke Mereka

Adapun tetangga paling dekat memiliki hak-hak yang tidak dimiliki oleh tetangga jauh. Hal ini dikutip dari pertanyaan ibunda ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah, aku memiliki dua tetangga, manakah yang aku beri hadiah?’ Nabi menjawab,

إِلَى أَقْرَبِهِمَا مِنْكَ باَباً

‘Yang pintunya paling dekat dengan rumahmu’” (HR. Bukhari (no.6020); Ahmad (no.24895); dan Abu Dawud (no.5155)).

Jangan Kikir untuk Memberikan Nasehat dan Saran kepada Mereka

Sudah seharusnya kita mengajak mereka agar berbuat yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar dengan bijaksana (hikmah) dan nasehat baik, tanpa maksud menjatuhkan atau menjelek-jelekan mereka. Disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Tamim bin Aus Ad Dari radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alahi wassallam bersabda, “Agama itu nasehat.” Kami (para shahabat) bertanya, “Untuk siapa wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,

لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُولِهِ وَلأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ

Artinya: “Untuk Allah, Kitab-Nya, rasul-Nya, para pemimpin kaum muslimin dan seluruh kaum muslimin” (HR. Muslim (no.55); Ahmad (no.16493); an-Nasa’I (no.4197); dan Abu Dawud (no.4944)).

Sabar Atas Perilaku Kurang Baik Mereka

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda (yang artinya): “Ada tiga kelompok manusia yang dicintai Allah, … Disebutkan diantaranya: “Seseorang yang mempunyai tetangga, ia selalu disakiti (diganggu) oleh tetangganya, namun ia sabar atas gangguannya itu hingga keduanya dipisah boleh kematian atau keberangkatannya” (HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Al-Albani).

Ketika kita berinteraksi dengan manusia, pasti ada suatu kekurangan atau perlakuan yang kurang baik dari sebagian mereka kepada sebagian yang lainnya, baik dengan perkataan maupun perbuatan. Maka orang yang terzhalimi disunnahkan menahan marah dan memaafkan orang yang menzhaliminya. Allah Ta’ala berfirman,

وَالَّذِينَ يَجْتَنِبُونَ كَبَائِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ وَإِذَا مَا غَضِبُوا هُمْ يَغْفِرُونَ

Artinya: “Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf” (QS. Asy-Syuura: 37).

Dan juga Allah Ta’ala berfirman,

وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya:“Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan” (QS. Ali ‘Imran:134).

Wallahu A'lam
SHARE ARTIKEL