Jika Jijik Membunuh, Begini Cara Mengusir Tokek dan Cicak dari Rumah

Penulis Taufiq Firmansah | Ditayangkan 22 May 2018

Jika Jijik Membunuh, Begini Cara Mengusir Tokek dan Cicak dari Rumah
Foto via viralkenonline

Rumah Anda banyak cicak dan tokek?

Tokek dan cicak terkadang sangat menggangu bagi yang takut dan jijik, untuk itu cara ini bisa anda gunakan cukup sederhana tokek dan cicak tak lagi mau langganan kerumah anda.

Cara Menyingkirkan Tokek dari Rumah. Apakah Anda menjumpai ... Irisan bawang merupakan bahan iritan lain yang dapat mengusir tokek

Ini dia cara mengusir tokek dan cicak dari dalam rumah dengan cepat, aman dan telah teruji keampuhannya yang perlu kamu coba.!!

Cara Mengusir Tokek dari pekarangan rumah perlu bagi anda yang tidak nyaman dengan tokek tersebut sebab kadang kala tokek

Tokkee.... tokkeee.... tokkeeek! Suara keras dari cicak bertubuh besar ini terkadang menganggu tidur kita. Yups, jenis tokek rumah sering kali mampir di malam hari.

Baca juga : 14 Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Karton, Dijamin Keren

Cicak atau tokek merupakan hewan reptil yang sering hidup di dalam rumah atau hidup di pohon akan tetapi dengan berjalannya waktu tokek sering juga hidup di rumah-rumah.

Cara Mengusir Tokek Dan Cicak Dari Rumah

Tokek adalah nama yang umum digunakan untuk menyebut cecak besar, hewan ini kebanyakan aktif di senja dan malam hari, namun tak jarang tokek juga bersuara di siang hari.

Tokek biasanya tinggal di lubang pepohonan dalam hutan atau di rekahan bebatuan atau juga didalam gua, namun ada beberapa jenis tokek yang hidup sekaligus beradaptasi di lingkungan manusia yang bersifat komensal.

Meski adanya tokek di dalam tidak merugikan, namun suara keras yang dikeluarkan tokek dapat mengganggu pendengaran kita, karena itulah kalian kesini untuk mencari informasi mengusir tokek dan cicak dari rumah, berikut listnya:

Cara Mengusir Tokek Dan Cicak

1. Pembasmi Serangga

Bau menyengat yang dikeluarkan oleh cairan pembasmi serangga dapat mengganggu tokek, maka dari obat ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tokek ataupun cicak.

Caranya:
  • Oleskan cairan pembasmi serangga pada tempat persembunyian tokek, jika masih belum berhasil.!! Kmau bisa semprotkan cairan serangga pada tokek secara langsung.

2. Asap Dari Dedaunan Kering

Kamu bisa mengusir tokek dengan menggunakan asap, yaitu dengan memanfaatkan dedaunan kering.

Caranya:
  • Kumpulkan daun kering dalam sebuah wadah besi atau kaleng, kemudian bakar daun kering dengan sedikit api dan biarkan asapnya membumbung hingga ke tokek.

3. Bawang Merah

Bawang merah yang biasanya digunakan untuk bumbu masak, ternyata dapat dimanfaatkan sebagai pengusir tokek, hal itu dikarenakan bawang merah memiliki bau yang tajam, pedas, dan panas.

Caranya:
  • Iris bawang merah menjadi beberapa bagian, kemudian letakkan bawang merah tersebut pada tempat persembunyian tokek atau dengan menggantungkan beberapa bawang merah pada tempat dimana tokek kerap muncul.

4. Bawang Putih

Sama hal nya dengan bawang merah, bawang putih juga memiliki bau tajam sekaligus menyengat yang tidak disukai oleh tokek, cara penggunaannya pun sama seperti bawang merah.

Caranya:
  • Pertama:
Potong bawang putih tipis-tipis kemudian letakkan bawang merah tersebut pada tempat persembunyian tokek.

  • Kedua:
Tumbuk bawang putih, kemudian bungkusan bawang putih tersebut dan gantungkan pada tempat dimana tokek kerap muncul.

Note: Bila menggunakan cara kedua, harap diperhatikan! jangan sampai terlalu halus dalam menumbuknya.

Baca juga : 22 Kerajinan Tangan Unik dan Cara Membuatnya yang Mudah Serta Bernilai Jual Tinggi

5. Kulit Jeruk

Bau menyengat yang dihasilkan oleh kulit jeruk tidak disukai tokek, sehingga dapat mengganggu sekaligus mengusir tokek dari sarang ataupun rumah anda.

Caranya:
  • Letakkan atau gantungkan kulit jeruk pada tempat persembunyian tokek. penggunaan kulit jeruk yang banyak akan mempercepat pengusiran nya.

6. Pasang Penerangan

Tokek sangat menyukai tempat gelap atau minim cahaya penerangan, karena itu solusi terbaik untuk mengatasi masalah tokek dari rumah yaitu dengan memasang lampu pada sudut-sudut rumah dan terutama pada tempat yang biasa dijadikan sarang tokek, jika sudah! maka dalam waktu singkat tokek akan menghilangkan dan tidak ada suara tokek yang bakalan mengganggu anda.

7. Getah Nangka

Getah nangka memiliki daya lengket yang cukup kuat, jadi alternatif ini akan digunakan untuk menangkap tokek yang berkeliaran didalam rumah anda.

Caranya:

  • Tempelkan getah nangka (lebih banyak akan lebih baik) pada ujung bambu atau kayu yang panjang, jika anda melihat tokek tempelkan ujung kayu yang terdapat getah pada tubuh tokek. selamat anda telah menangkap tokek, selanjutnya terserah anda mau diapakan, sebaiknya cukup dibuang saja.

8. Jepitan Bambu

Cara menangkap tokek selanjutnya ialah dengan menggunakan jepitan bambu, sebaiknya gunakan jepitan bambu minimal panjang 3 meter biar penangkapan nya menjadi lebih aman tanpa was-was di lompati tokek.

Setelah anda menangkap tokek dengan jepitan tersebut, cukup buang tokek ke tempat yang jauh dari rumah anda agar tak kembali lagi.

9. Suara Bising

Meski tokek biasanya mengeluarkan suara keras yang mengganggu kita, ternyata tokek juga tidak menyukai suara bising nan keras loh? oleh karenanya kamu bisa mengganggu tokek dengan suara nyaring yang dihasilkan dari memukul benda, seperti panci, kayu atau seng.

10. Lem Tikus

Selain digunakan untuk menangkap tikus, ternyata lem tikus juga dapat dialih gunakan untuk menangkap tokek loh? Untuk menjebak tokek kamu perlu mengoleskan lem tikus pada sebidang triplek dengan ukuran 40 X 40 cm atau bisa disesuaikan kebutuhan. Untuk memancing agar tokek mau masuk keperangkap diperlukan beberapa makanan yang disukai tokek dan diletakkan pada tengah-tengah olesan lem tersebut.

Setelah semua siap, letakkan jebakan/triplek tersebut pada langit-langit rumah atau ditempat dimana tokek sering muncul, dan biarkan hingga tokek tertangkap.

11. Lotion Anti Nyamuk

Selain berfungsi untuk mencegah terjadinya gigitan nyamuk, Lotion anti nyamuk ini dapat dialih fungsikan untuk mengusir tokek loh! tahukah kamu mengapa demikian? bukan tanpa alasan, bau tajam yang dihasilkan dari bahan kimia pada lotion anti nyamuk dapat mengganggu tokek sehingga akan membuat tokek tidak nyaman dan akhir memilih pergi.

Caranya:

  • Cukup oleskan lotion anti nyamuk pada sarang atau tempat dimana tokek sering muncul.

12. Tongkat Panjang

Sama hal nya dengan menggunakan jepitan bambu, kamu dapat menangkap ataupun mengusir tokek dengan menggunakan tongkat atau kayu panjang.

Caranya:

  • Kamu cukup memukul dinding atau langit-langit yang dekat dengan keberadaan tokek, hal itu akan membuat tokek merasa terganggu dan akhir memilih pergi.

13. Merica dan Bawang merah

Kedua bumbu masak ini dapat di manfaatkan untuk mengusir tokek, selain alami cara ini terbukti berhasil digunakan untuk mengganggu tokek dan lambat laun akan hilang.

Caranya:
  • Tumbuk bawang merah dan merica hingga halus.
  • Lalu tambahkan dengan air 1 gelas kecil.
  • Masukkan ramuan tersebut ke dalam semprotan.
  • Setelah siap, gunakan untuk menyemprot tokek.

Nah demikianlah daftar cara mengusir tokek dan cicak yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi masyarakat Indonesia khususnya pembaca.

Apabila anda memiliki pengalaman menarik dalam mengusir tokek atau cicak besar, bisa menambahkannya melalui kolom komentar agar menjadi lebih bermanfaat bagi saudara kita lainnya. sekian dan terima kasih.
SHARE ARTIKEL