Nauzubillah, Ini Golongan Orangtua yang Batal Masuk Surga Karena Anaknya

Penulis Unknown | Ditayangkan 24 Apr 2018
Nauzubillah, Ini Golongan Orangtua yang Batal Masuk Surga Karena Anaknya
foto via sembangjer.com

Anak bisa menjerumuskan Anda ke  neraka...?

Meski orangtuanya rajin ibadah dan selalu berbuat baik, tapi anaknya seperti ini hadiah 'surga' untuknya dibatalkan dan malah digantik neraka. Naudzubillah

Jangan sampai itu terjadi pada anda....

Orangtua memiliki kewajiban dalam mendidik dan mengasuh anak dengan tuntutan agama.

Hal tersebut harus dilakukan agar anak bisa menjadi sosok yang shaleh.

Namun, tidak semua orangtua bisa melakukan tanggung jawab tersebut.

Banyak orangtua shaleh yang malah tidak bisa mendidik anaknya dengan baik.

Hingga membuat anaknya berada di jalan yang salah.

Dan percuma anda rajin beribadah dan suka berbuat baik, tapi kelakuan anakmu masih seperti ini. Bukan surga, tapi nerakalah yang akan anda dapat.

Orangtua yang batal masuk surga karena anak

Orangtua yang shaleh dan telah divonis akan masuk ke dalam surga bisa batal memasukinya dan justru terjerumus ke dalam neraka adalah orangtua yang melihat anaknya berbuat maksiat namun ia tidak melarang perbuatan tersebut.

Baca Juga : MasyaAllah Begitu Bagus 6 Bentuk Fisik Penduduk Surga ini, Perhatikan Baik-baik

“Telah dikabarkan kepada kami bahwa seorang anak akan tergantung di leher ayahnya pada hari kiamat nanti. Lalu dia berkata: ‘Wahai Rabbku, ambillah hakku dari orang yang menzhalimiku ini!’ Sang ayah berkata: ‘Bagaimana aku menzhalimimu, sedangkan aku telah memberimu makan dan pakaian?’ Sang anak berkata: ‘Benar, engkau telah memberiku makan dan pakaian, tetapi engkau melihatku melakukan maksiat dan engkau tidak melarangku.'”

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (Q.S.At-Tahriim:66)

Mengenai tafsir dari ayat di atas, Qatadah berkata:

“Perintahkan mereka untuk taat kepada Allah dan laranglah mereka dari perbuatan maksiat kepada-Nya. Bantulah mereka untuk mengerjakan perintah Allah. Apabila kamu melihat mereka melakukan kemaksiatan, maka tegurlah!” 

Baca Juga : Istri Bebas Pilih Masuk Surga Lewat Pintu Mana Saja Jika Memenuhi 4 Syarat ini

Ibnu Jarir juga berkata:Kita wajib untuk mengajarkan anak-anak kita tentang agama Islam, kebaikan dan adab!” 

Sedangkan Ibnu Umar berkata: “Didiklah anakmu, karena kelak kamu akan ditanya tentang pendidikan dan pengajaran seperti apa yang telah kamu berikan kepada anakmu. Anakmu juga akan ditanya tentang bagaimana dia berbakti dan berlaku taat kepadamu.”

Dari tafsir yang sudah dijelaskan oleh para mufassir di atas, jelaslah bahwanya Allah SWT memberikan perintah tegas kepada para muslim untuk senantiasa menjaga keluarganya dari siksaan api neraka.

Caranya adalah dengan memperhatikan pendidikan agamanya serta memantau setiap perbuatan yang dilakukannya.

Hal tersebut merupakan sebuah kewajiban yang apabila tidak dipatuhi maka konsekuensinya akan diterima di akhirat kelak.

Baca Juga : Rasulullah Melarang, Siapa Saja yang Tak Membudayakan April Mop akan Dapat Rumah di Surga

Hal senada juga dapat difahami dari hadits shahih yang berbunyi: “Seorang laki-laki adalah pemimpin dalam keluarganya, dan dia akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya.” (HR Bukhari dan Muslim) 

Dari hadist di atas mengisyaratkan bahwa apabila ada orangtua yang mendidik anaknya dengan tidak baik, maka ia akan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatan yang dilakukannya di dunia tersebut saat hari kiamat kelak.

Demikianlah informasi mengenai orangtua yang batal masuk surga karena anaknya.

Oleh karena itu, sudah seharusnya sebagai orangtua mendidik buah hati dengan ajaran agama. Agar anak tersebut menjadi sosok yang shaleh dan membawa kita masuk ke dalam surga, bukan menjerumuskan ke dalam api neraka karena perbuatan mereka.
SHARE ARTIKEL