Lebih Sehat Mana, "Air Galon Apa Air Rebusan"?

Penulis Unknown | Ditayangkan 22 Mar 2018
Lebih Sehat Mana,
foto via sindomedia.com

"Mending rebus air sendiri lebih sehat", begitu banyak orang bilang....

Katanya kalau air rebusan yang mendidih, bakterinya pada mati... Beda dengan air galon yang cuma difilter...

Itu pendapat sebagian orang, menurut Anda?

Padahal, di jaman modern ini sudah jarang orang meminum air rebusan.

Karena sudah banyak yang pakai cara praktis, yaitu minum air galon.

Karena air galon selain praktis, juga tidak perlu repot merebusnya.

Tapi, sehat manakah air rebusan dengan air galon dijaman sekaran?

Nah, agar anda tahu dan bisa menilai sehat mana antara air galon dengan air rebusan, berikut perbandingannya sebagaimana dikutip msn.com

Apakah air galon pasti aman?

Air minum dalam kemasan yang dijual dalam bentuk galon memang kesannya lebih aman. Pasalnya, dilihat dari iklannya air galon tampak diproses secara higienis.

Baca Juga : Air Putih Belum Tentu Sehat, Meski Bening, Jika Belum Memenuhi 9 Hal ini

Akan tetapi, sebelum memercayakan pilihan pada air galon, sebaiknya perhatikan apakah merek air galon tersebut sudah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan telah diuji sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

Lebih Sehat Mana,
foto via tribunnews.com

Air minum yang belum mendapat izin dari BPOM dan SNI berisiko mengandung berbagai jenis bakteri patogen penyebab penyakit.

Bila merek sudah terstandardisasi, cari tahu tanggal kadaluwarsanya. Jangan mengonsumsi air minum yang sudah lewat dari masa berlaku yang dicantumkan.

Air memang tidak bisa kadaluwarsa, tetapi air yang dikemas dalam galon berbahan dasar plastik berisiko terkontaminasi bakteri dan zat kimia beracun kalau sudah terlalu lama. 

Ini karena selama galon disimpan di gudang atau toko, panasnya udara atau paparan sinar matahari bisa membuat bahan kimia plastik ikut luruh ke dalam air. Bakteri jahat juga akan berkembang biak dengan ganas.

Bagaimana dengan air keran? Apakah juga aman?

Air keran di setiap rumah berasal dari sumber yang berbeda-beda. Ada yang dari sumur (air tanah) dan ada yang dari sungai atau danau (air PAM). Air dari pusat instalasi PAM pada dasarnya sudah diproses sedemikian rupa sehingga aman untuk diminum tanpa harus dimasak dulu.

Baca Juga : Bahkan Anda Tak Pernah Tau, Ternyata Air Putih Bisa Basi Lho

Lebih Sehat Mana,
foto via merdeka.com

Akan tetapi, kualitas air tersebut kemungkinan besar menurun setelah dialirkan menuju rumah-rumah penduduk. Hal ini mungkin disebabkan oleh pemasangan pipa yang tidak sesuai standar mutu PAM atau berbagai masalah teknis lainnya. Akibatnya, bakteri tumbuh di pipa dan air pun belum tentu aman diminum tanpa dimasak.

Sedangkan air tanah dari sumur atau galian di rumah Anda belum terjamin mutunya. Anda masih harus membawa sampel air tersebut ke laboratorium untuk diuji kualitas dan kebersihannya. Setelah dinyatakan bersih dan aman, barulah Anda bisa mengonsumsinya.

Jika air tanah di rumah Anda belum diuji, jangan dipakai untuk minum dan masak. Apalagi kalau ada tanda-tanda kontaminasi seperti air keruh, berwarna kekuningan, atau mengeluarkan bau yang asing.

Apakah merebus air keran bisa efektif membunuh bakteri?

Beberapa jenis racun dan bakteri bisa mati jika air direbus sampai mendidih. Akan tetapi, ingatlah bahwa ada juga jenis bakteri yang tetap bertahan hidup meskipun sudah direbus sampai mendidih. Artinya, merebus air tidak seratus persen menjamin air Anda aman diminum.

Baca Juga : Penjelasan Medis, Kenapa Sangat Bahaya Bila Bayi Diberikan Air Putih

Lebih Sehat Mana,
foto via liputan6.com
  • Bakteri tertentu seperti Clostridium botulinum masih bisa hidup di atas suhu 100 derajat Celsius. 
  • Bakteri yang hidup di tanah, sungai, dan danau ini bisa menyebabkan penyakit botulisme pada manusia yang terinfeksi.


Tips memilih antara air galon dan air keran

Pada akhirnya memang ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memilih antara air galon dan air keran. Bila Anda ingin pakai air galon, Anda hanya boleh membeli air dari merek yang telah terdaftar BPOM dan SNI. Pastikan juga galon belum kedaluwarsa dan dijauhkan dari paparan sinar matahari.

Sementara kalau Anda ingin pakai air keran, uji dulu kualitas air dengan membawa ke laboratorium dinas kesehatan setempat.

Kalau sudah dinyatakan bebas bakteri, virus, atau racun, rebus air hingga titik didih, yaitu seratus derajat Celsius. Biarkan air mendidih selama paling tidak sepuluh menit sebelum mematikan api kompor.
SHARE ARTIKEL